Pemanfaatan Website bagi Pebisnis

Pemanfaatan Website bagi Pebisnis

loops.id
loops.id

Di artikel sebelumnya, mimin telah membahas tentang manfaat website bagi sebuah bisnis. Nah, di artikel kali ini mimin akan membahas tentang apa saja sih pemanfaatan website yang dapat dilakukan oleh pebisnis. Seperti yang kita ketahui, website itu banyak sekali jenisnya, mulai dari company profile, landingpage, webstore dan sebagainya. Selain itu, masih banyak fungsi lain yang bisa dimanfaatkan.

Dengan pemanfaatan website yang baik, pekerjaan kita kan lebih ringan serta biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Lantas apa saja pemanfaatan tersebut? mari simak artikel berikut ini…

7 Pemanfaatan Website untuk Pebisnis

1. Edukasi Produk menggunakan Landingpage

Salah satu pemanfaatan website yang paling sederhana yaitu mengedukasi calon konsumen menggunakan landingpage. Dengan adanya landingpage para pemilik bisnis tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk menjelaskan satu persatu kepada konsumen, cukup menggunakan landingpage dan traffic maka produk kita akan dikenal oleh seluruh orang di penjuru dunia.

Kita dapat membuat halaman tunggal yang berisi deskripsi produk, kelebihan, kelebihan, benefit, foto produk serta cara pemesanan. Jika ada orang yang bertanya produk anda, cukup berikan url landingpage yang sudah dibuat.

Selain itu, landingpage dinilai sangat efisien karena dapat online selama 24 jam sehingga menghemat waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan dibanding menawarkan dengan cara konvensional.

2. Konversi dengan Landingpage

Para ahli dan sarjana marketing biasanya mahir dalam bersilat lidah ketika menawarkan produk ke costumer. Namun, jika costumer nya banyak dan berulang tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga.

Nah, di zaman modern seperti ini kita tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk menghipnotis calon pembeli. Kita cukup memanfaatkan landingpage dengan copywriting yang mengandung kata-kata hypnowriting.

Biarkan landingpage anda secara otomatis menghipnotis mereka untuk menjalankan aksi yang kita inginkan, mulai dari membeli, mendaftar atau membagikan.

3. Automasi dengan Toko Online

Masih nerima orderan secara konvensional? Ngasih rekening setiap ada yg nanya? Cape ngasih tau produk apa aja yang dijual?

Sebaiknya anda mulai memanfaatkan webstore untuk berjualan.

Anda bisa mempunyai toko online seperti Tokop*dia, Lazad* dan sejenisnya. Cukup upload produk dan biarkan sistem yang bekerja.

Website anda akan mengelola orderan dan anda cukup memantau dan melihat orderan yang masuk.

4. Menggunakan website sebagai sistem order

Bagaimana jika kita menerima ratusan orderan masuk secara manual? Pasti akan keteteran dan akhirnya banyak calon kostumer yang akhirnya kabur.

Jika anda pernah mengalami hal ini, sebaiknya anda mulai memanfaatkan website sistem order. Dengan begitu semua orderan akan di automasi secara otomatis. setiap ada orang yang bayar akan di konfirmasi secara otomatis.

Kostumer juga akan mendapatkan resi, email pemberitahuan bahkan promosi dari anda serba otomatis by sistem.

Tentu ini akan sangat mempermudah anda dalam menghandle jumlah pembeli yang banyak dalam serentak.

5. Menggunakan website untuk Membership Berbayar

Pernahkan anda melihat orang berjualan E Course di internet? Kemudian jika kita ingin melihat video pembelajaran, kita harus membeli terlebih dahulu agar akun kita terdaftar?

Itulah yang dinamakan sistem membership. Sistem ini tidak melulu digunakan untuk ecourse, anda juga bisa memanfaatkanya untuk hal lain seperti Pendaftaran reseller berbayar, kursus online, privat atau les online atau sistem lainya yang mengharuskan pelanggan membayar jika ingin mendaftar.

6. Membuat sistem Follow Up otomatis

Lelah rasanya jika kita harus melakukan broadcast manual kepada setiap pelanggan kita. Terlebih lagi kita harus membedakan user-user yang sudah membeli atau belum. Tentu menyita waktu dan tenaga. Nah di zaman modern seperti ini, follow up pelanggan bisa dilakukan secara otomatis.

Anda dapat mengatur kapan user di follow up, mengirim broadcast pada hari ke berapa atau kepada siapa follow up ditujukan.

Tentu, jika kita sudah memiliki sistem yang otomatis, kita dapat dengan mudah menjaring database sebanyak-banyaknya.

7. Website sebagai sarana Branding / Pencitraan Merk

Ingin brand atau produk kita dikenal banyak orang? Ingin citra perusahaan kita dinilai baik?

Lakukan saja kampanye iklan dengan mempromosikan website yang berisi artikel yang menggiring opini dan citra positif bagi perusahaan.

Semua perusahaan besar pasti melakukan hal ini. Misalnya seperti perusahaan air mineral yang menggembor2 an air gunung yang sehat, perusahaan coke yang memperlihatkan citra kebersamaan dan sebagainya.

Hal ini bermanfaat agar bisnis dan merek anda semakin di terima di masyarakat serta menangkat stigma-stigma buruk tentang perusahaan.

Kesimpulan

Website memang merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Semua akan terasa tidak lengkap jika kita tidak memanfaatkan semua hal yang bisa dilakukan secara lebih mudah dan efisien. Maka dari itu, kita dapat mempertimbangkan pemanfaatan website yang tepat bagi menunjang bisnis kita.

Leave a Reply