Jangkauan Hingga 1 Juta Orang? Ternyata Ini Tips untuk Membuat Content Marketing yang Viral!

Jangkauan Hingga 1 Juta Orang? Ternyata Ini Tips untuk Membuat Content Marketing yang Viral!

loops.id

Banyak sekali konten yang di-upload setiap harinya, begitu juga dengan pengguna medsos yang scrolling setiap hari. Terdapat banyak peluang yang hadir di media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk menjangkau leads secara organik. Dengan memanfaatkan algoritma media sosial, kita bisa membuat konten viral yang positif loh!

Kenapa sih kita perlu melakukan content marketing?

Content marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan konten menarik untuk membuat orang tertarik dan tetap suka dengan produk atau layanan tertentu. Konten-konten yang dimaksud biasanya disebarkan lewat platform media sosial atau pun website.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mencari hiburan. Pengguna yang banyak bisa menjadi base untuk kita, sebagai pelaku bisnis, memasarkan bisnis yang kita kembangkan. Karena itu, content marketing bisa menjadi peluang besar untuk menjangkau leads yang kita inginkan.

Penasaran sama tips-nya? Baca sampai habis ya!

1. Tentukan Target Audiens yang Jelas

Pengguna media sosial memang sangat banyak, tapi kamu perlu menargetkan kategori spesifik dalam membuat konten. Kamu tidak bisa serakah dan memutuskan untuk menargerkan semua pengguna, karena pada akhirnya tujuan itu tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Setiap orang punya bidang yang mereka sukai saat melihat konten yang ada di sosmed.

Dengan membuat konten yang memiliki kategori serupa, kamu bisa menarik sekumpulan orang yang benar-benar tertarik dengan hal tersebut. Jadi, menargetkan kategori konten tertentu merupakan hal yang lebih efisien dan lebih mungkin untuk tercapai. Karena, setiap orang berbeda-beda, sehingga hampir mustahil untuk menyatukan selera semua orang.

2. Pantau Terus Tren di Sosial Media

Tren yang sedang ada di media sosial bisa membantumu meningkatkan jangkauan leads. Kamu bisa mengaitkan kategori akun bisnismu dengan tren yang sedang berlangsung. Hal ini bisa membuat bisnismu terlihat aktif dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga bisa membangun citra positif di antara target audiensmu.

Platform media sosial pun cenderung menampilkan lebih banyak konten yang mengandung unsur sesuatu yang sedang viral. Karena, hal viral mengundang ketertarikan di masyarakat. Jadi, tidak ada salahnya mengikuti beberapa tren yang masih relevan dengan target audiens.

3. Buat Konten yang Bermanfaat Bagi Target Audiens

Pengguna media sosial yang menjadi target audiens bisnismu akan mengikuti akun yang kamu buat, jika kamu memberikan dampak positif bagi mereka. Misalnya, akun kamu memberikan suatu hiburan atau ilmu yang membuat hidup mereka lebih mudah. Semakin banyak manfaat dari konten yang kamu buat, maka semakin besar kemungkinan untuk viralnya!

Berikan alasan yang bagus bagi target audiens kamu untuk mengikuti akunmu dan membuat akunmu berkembang. Dengan meningkatnya pengikut di akun sosmed, hal itu akan meningkatkan leads yang bisa kamu konversi menjadi customer.

4. Konsisten dalam Posting Konten

Algortima media sosial menyukai akun yang konsisten memberikan konten kepada pengguna sosial media. Karena itu, konsisten dalam meng-upload konten sangat penting demi perkembangan akunmu. Dengan begitu, algoritmanya cenderung menampilkan konten yang kamu bagikan dengan lebih luas.

Selain itu, konsisten juga bisa memberikan tanda kepada target audiens bahwa akunmu merupakan akun aktif dan siap memberikan manfaat kepada mereka setiap harinya. Konsisten sering kali disebut sebagai kunci dari pertumbuhan akun yang cepat dan kemungkinan besar viral.

Coba maksimalkan empat tips ini untuk mengawali perjalanan content marketing untuk bisnismu. Strategi ini bisa kamu terapkan secara organik dengan memanfaatkan algoritma sosial media. Karena itu, kamu bisa meminimalisir biaya pemasaranmu loh! Jika algoritma dimanfaatkan dengan benar, kontenmu bisa menjadi viral tanpa bantuan iklan, alias viral natural!

Sumber :
Kenalan dengan Content Marketing, Mulai dari Peranan Hingga Konsepnya!

Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026

Leave a Reply