Mengenal Struktur Landingpage

Mengenal Struktur Landingpage

loops.id
loops.id

Landigpage merupakan salah satu jenis website yang banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Halaman tunggal ini dikenal dapat meningkatkan konversi serta efisien untuk memasarkan produk. Namun dibalik landingpage yang konversi, tentu ada beberapa anatomi yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya sebuah landingpage. Di artikel kali ini mimin akan membahas struktur dasar landingpage untuk meningkatkan konversi. Simak artikel berikut ini…

Struktur Landingpage

1. Headline

Ketika anda membaca koran  anda pasti melihat ada tulisan besar di sebuah koran, anda tertarik kemudian anda membeli koran tersebut. Tulisan yang membuat anda memutuskan untuk membeli itu adalan headline. Headline adalah serangkaian kata yang mampu menarik perhatian seseorang serta mampu mewakili seluruh isi konten. Sehingga di dalam landing page  peran headline sangatlah penting.

Syarat headline di dalam landing page ada dua yaitu ringkas dan jelas tidak bertele-tele, sehingga orang yang membacanya langsung mengerti apa yang di maksud dan langsung action untuk menanggapi apa yang anda tawarkan di landing page.

2. Sebab Akibat

Setelah headline, hal yang harus ada dalam sebuah landingpage yaitu alasan kenapa kita membutuhkan produk yang ditawarkan. Biasanya dibahas dengan copywriting berupa sebab dan akibat untuk membangkitkan emosi pengunjung. Cantumkan alasan yang kuat kenapa produk anda dapat menjadi solusi yang tepat.

3. Deskripsi Produk

Setelah memberikan solusi dengan alasan, maka langkah selanjutnya menawarkan solusi berupa produk. Disini anda dapat menjelaskan semua kelebihan produk beserta manfaatnya. Anda dapat menggunakan gambar, video atau rangkaian kata yang menarik dan menggoda.

4. Alasan Kenapa harus Anda

Selain alasan kenapa harus membeli produk. anda dapat menjelaskan kelebihan perusahaan atau anda sebagai penjual. Misalnya jika membeli di anda, konsumen akan mendapatkan bonus, garansi, pelananan dan sebagainya. Intinya di bagian ini anda menawarkan kelebihan anda dibanding penjual lainya.

5. Testimoni

Cara yang bagus untuk meningkatkan rasio konversi Anda adalah memperlambat apa yang dipikirkan orang lain tentang perusahaan Anda. Dan testimoni adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Karena dengan testimoni yang mengena membuat orang yang membacanya jadi tergerak untuk membeli produk atau jasa Anda.Untuk penempatan testimoni di landing page sebaiknya menggunakan gambar/ foto orang yang memberikan testimoni.

Dan yang paling penting, jangan merekayasa testimoni. Karena ini akan fatal akibatnya, yaitu membohongi publik. Namun apabila testimoni yang Anda gunakan adalah asli dari pengalaman dan kesan para pembeli produk / jasa Anda, maka itu akan menjadi senjata untuk benar-benar meningkatkan konversi. Sekarang calon pembeli sudah cerdas. Mereka mampu membedakan mana testimoni yang asli, dan mana testimoni yang direkayasa.

6. Call to Action/ CTA

CTA merupakan ajakan akhir setelah semua pengunjung membaca landingpage anda, semua hal diatas tidak ada artinya bila tidak menggunakan Call to Action/ CTA. CTA adalah sebuah perintah untuk pengunjung landing page Anda. Semisal Pelajari Selengkapnya, Daftar Sekarang, Ambil Ebooknya, dll. Umumnya CTA ini berupa link dengan format tebal, atau menggunakan tombol. Syarat dari CTA ini haruslah berbeda (bentuk dan warnanya) dengan warna dominan di landing page. Harus menarik perhatian pengunjung landing page Anda

7. Trust Elements

Trust elemets bisa mempengarungi konversi. Mungkin di Indonesia hal – hal seperti itu sangat sedikit yang peduli. Tetapi diluar negeri hal tersebut sangat penting. Diluar negeri, data personal adalah asset, sehingga apabila menyerahkannya kepada pihak lain mereka sangat hati-hati. Harus ada jaminan aman sekaligus tidak disalahgunakan,dan trust elements inilah sebagai jaminannya. Di Indonesia yang menggunakan trust elements seperti ini kebanyakan adalah perusahaan besar. Silakan Anda buka Tokopedia, Bukalapak, Zalora, Lazada, dll. Lalu langsung menuju ke bagian paling bawah dan di sana Anda akan menemukan trust elements ini. Ada cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan konversi yang bisa Anda lakukan sekarang. Yaitu menggunakan sertifikat SSL. Harganya mulai dari Rp. 100 ribu an per tahun.

Itulah stuktur dasar landingpage agar landingpage anda memiliki tingkat konversi yang tinggi. Untuk mendapatkan landingpage yang maksimal, anda perlu melalukan beberapa kali split test (A/B Testing) untuk menemukan landingpage mana yang memiliki performa bagus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda

Leave a Reply