Ingin Di Serbu Pembeli ? Yuk belajar Dagang Dari Cara Kerja Dokter

Ingin Di Serbu Pembeli ? Yuk belajar Dagang Dari Cara Kerja Dokter

loops.id
loops.id

Seorang pedagang atau pebisnis selalu punya panutan yang di jadikan contoh dalam menjalankan usahanya. Tapi dalam artikel ini kita tidak akan membahas sosok orang nya tapi lebih ke sifat atau cara kerjanya seseorang yaitu profesi dokter. Kenapa dokter? silahkan simak penjelasan dalam artkel ini sampai habis ya.

Keberhasilan pengobatan yang diberikan dokter kepada pasien bisa didapat dengan komunikasi efektif. Komunikasi antara dokter dan pasien dikatakan efektif apabila hal yang disampaikan tepat sasaran dan mencapai tujuan. Hal ini juga ditandai ketika konsultasi yang diberikan mampu dipahami dan mengubah persepsi pasien terhadap kondisi kesehatan yang diidapnya. Dengan demikian, saran pengobatan yang diberikan dokter dapat dilakukan dengan baik dan kesehatan pasien meningkat. 

Begitu juga dalam bisnis. Kita harus bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan target market. Misalnya dalam riset saat mau menjualkan produk,   Kita harus mengetahui masalah yang sedang di hadapi oleh target market kemudian memastikan produk yang kita jual dapat menyelesaikan masalah mereka. Setalah itu promosikan ke pasar dengan komunikasi efektif tersebut, dengan begitu maka target market akan mendatangi produk kita dengan sendirinya.

Supaya konsultasi berjalan lancar, Pebisnis  perlu menerapkan 4 cara komunikasi efektif ala dokter berikut ini.

1. Diagnosis Masalah

Seorang dokter  perlu memberikan pertanyaan lengkap dan jelas kepada pasien untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Seorang pebisnis perlu melakukan riset pasar sebelum mempromosikan produk. Riset yang dilakukan adalah survey secara online ataupun offline. Riset ini harus dibuat dengan bahasa yang baik, pertanyaan- pertanyaan yang diajukan harus singkat, jelas dan padat agar responden bisa memberikan jawaban yang kamu inginkan dari pertanyaan yang dibuat. Sehingga jawaban dari responden bisa menjadi pertimbangan kita saat ingin mengeluarkan suatu produk yang dibutuhkan pasar.

2. Berikan Informasi Dengan Jujur

Seorang Pasien berhak mengetahui kondisi kesehatannya sejelas mungkin setelah dokter melakukan pemeriksaan klinis dan menentukan diagnosis.

Seorang Pebisnis harus jujur terhadap pelanggannya. Tidak boleh memberikan deksripsi yang salah tentang produk yang dijual. Mendapatkan produk yang sesuai iklannya adalah hak pembeli. Jangan sampai satu kebohongan membuat bisnis kamu hancur, karena di zaman sekarang gampang sekali memviralkan sesuatu hal yang mungkin dianggap sepele. Jadi peganglah prinsip kejujuran dalam berdagang. Pembeli suka penjual yang jujur.

3. Gunakan Bahasa Sederhana dan Mudah Dimengerti

Seorang dokter selalu memperhatikan diksi yang keluar dari mulutnya saat berkomunikasi dengan pasien atau keluarga pasien.  Pasalnya, tidak semua orang mengerti bahasa medis.

Begitu juga dengan pedagang. Pembeli itu punya background yang berbeda-beda. Sehingga pelayanan nya harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang. Tidak perlu menggunakan istilah-istilah yang berat, kecuali memang di tanyakan oleh pembeli, biasanya pembeli yang bertanya lebih detail sudah memiliki pengetahuan banyak tentang produk yang kamu jual. Jadi pastikan tidak salah bicara, karena bisa membuat mood pembeli rusak dan tidak jadi beli produk kamu. Pelajari juga tentang psikologi marketing.

4. Gunakan Grafis, Gambar, atau Video

Dokter bisa menggunakan media pendukung, seperti representasi grafis, gambar, atau video supaya  sesi konsultasi berjalan lancar.

Seorang pebisnis saat melakukan iklan atau mempresentasikan produknya di hadapan klien sebaiknya menggunakan gambar atau video. selain membuat presentasi lebih menarik, juga bisa memudahkan menyampaikan pesan dari promosi yang di lakukan. Buatlah ciri khas brand  dari gambar dan video. Agar ketika ada gambar dan video tersebut orang-orang akan langsung teringat brand atau produk kita di benaknya.

Itulah 4 cara dokter saat mengani pasien yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu para pebisnis/pedagang. Doketer yang baik selalu bisa memahami kondisi pasien dan tau solusi untuk masalah pasiennya. Pedagang yang baik memahami kebutuhan pasar dan menjual produk yang bisa menyelsaikan masalah pasar.

Leave a Reply