Pusing Dengan Isu Resesi ? Inilah Trend Marketing Yang Bisa Membantu Kamu Untuk Tetap Bertahan Di 2023

Pusing Dengan Isu Resesi ? Inilah Trend Marketing Yang Bisa Membantu Kamu Untuk Tetap Bertahan Di 2023

loops.id
loops.id

Sejak Pandemi Covid-19 membuat aktivitas konsumen berubah lebih banyak menjadi serba digital. Mulai dari berbelanja ,memesan makanan dan bekerja. Hal ini telah membuat internet berubah menjadi sebuah kebutuhan pokok. Bahkan sampai sekarang penggunaan internet semakin berdampingan dengan kehidupan kita. 

Setelah 2 tahun berlalu dan alhamdulillah kita sudah berhasil masa pandemi tersebut, sekarang muncul  isu resesi. Meski masih berupa isu tetapi beberapa orang sudah mulai memprediksi dampaknya. Sebelum lebih jauh tentang dampaknya mari kita bahas sedikit tentang resesi.

Apa Itu Resesi?

Secara teknis, resesi adalah kondisi ketika pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut menunjukkan pergerakan negatif. Para ahli menyatakan bahwa resesi terjadi ketika ekonomi suatu negara mengalami peningkatan jumlah pengangguran, penurunan ritel, produk domestik bruto (PDB) yang negatif, dan terdapat kontraksi pendapatan serta manufaktur dalam jangka waktu panjang. Saat terjadi resesi, pertumbuhan ekonomi dapat mencapai 0% atau bahkan negatif dalam kondisi paling buruk.

Pertumbuhan ekonomi selama ini merupakan indikator utama untuk mengukur perkembangan atau kemajuan suatu negara. Sehingga ketika terjadi resesi, dampaknya bisa memengaruhi berbagai aspek, mulai dari pemerintahan, sektor industri, hingga seluruh lapisan masyarakat.

Apakah Indonesia Terkena Dampak Dari Resesi?

Isu terkait kemunculan fenomena resesi global di tahun 2023 semakin ramai dibahas dalam diskusi ilmiah di bidang ekonomi. Ada ahli yang mengatakan kalau  Indonesia tidak akan  terkena resesi, alasannya adalah dalam triwulan terakhir, stabilitas kegiatan ekspor-impor Indonesia dapat dibilang baik bahkan cenderung meningkat. Termasuk harga beberapa komoditas minyak mentah seperti sawit dan logam yang juga meningkat dan menguntungkan Indonesia. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa pendapatan Indonesia melalui ekspor batu bara juga meningkat.

Selain itu  stabilitas ekonomi nasional sangat dipengaruhi oleh keberadaan UMKM. UMKM di Indonesia memberikan kontribusi besar, Sehingga bisa mempertahankan fundamental ekonomi nasional 

Meskipun begitu terdapat faktor yang membuat Indonesia rentan terkena resesi, salah satunya jika masyarakat kaya di Indonesia lebih mengutamakan investasi di luar negeri dibandingkan di Indonesia yang dapat menyebabkan Indonesia kekurangan modal.

Tapi Jangan khawatir, seperti yang sudah di bahas sebelumnya kalau UMKM bisa membantu mempertahankan kondisi ekonomi indonesia, inilah beberapa trend marketing yang bisa menginspirasi kamu untuk membantu kamu para UMKM agar bisa membantu indonesia agar tidak terkena dampak dari resesi tersebut.

1. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Marketplace

Beberapa media sosial seperti TikTok dan Instagram kini telah memiliki fitur marketplacenya sendiri . Setiap pengguna dapat menggunakan media sosial sebagai hiburan dan untuk berbelanja.

Tren ini diprediksi akan semakin ramai pada tahun ini. Sebagai pebisnis, ada baiknya kamu mulai mengembangkan strategi pemasaran untuk memanfaatkan fitur baru dari media sosial tersebut.

2. Berkolaborasi Dengan Nano Influencer

Salah satu strategi pemasaran terbaik adalah iklan dari mulut ke mulut. Orang-orang lebih cenderung mencoba produk atau layanan jika seseorang yang mereka kenal dan percayai merekomendasikannya.

Marketing influencer melibatkan kerjasama antara brand dengan individu yang dianggap memiliki basis pengikut yang besar, dan relevan dengan pangsa pasar perusahaan.

Strategi pemasaran dengan berkolaborasi bersama influencer dilakukan dengan tujuan meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan.

Jika dulu kamu masih mengincar influencer yang memiliki banyak pengikut, di tahun ini kamu bisa eksplor lebih jauh produkmu bersama dengan nano influencer. Nano influencer dianggap dapat mengurangi budget marketing, yang kemungkinan besar akan dipangkas seiring isu resesi. 

Untuk berkolaborasi dengan nano influencer, pastikan nano influencer yang dipilih memiliki  memiliki citra yang baik, dan isi konten yang  sesuai dengan produk kamu.

3. Memanfaatkan SEO

SEO bukanlah hal yang baru, strategi pemasaran ini sepertinya akan semakin banyak digunakan. Pasalnya, strategi SEO yang berbasis pada algoritma Google juga dibutuhkan dalam content marketing.

Pergeseran tren belanja offline ke online beberapa tahun ke belakang menyadarkan bisnis akan pentingnya melakukan digitalisasi. Salah satu bentuknya adalah dengan membangun situs web yang dapat diakses oleh pelanggan.

4. Live Streaming dan Video Pendek

Live streaming terbukti menjadi tren pemasaran yang efektif. Menurut Data.ai, konsumen menghabiskan sekitar 548 miliar jam streaming melalui perangkat seluler pada tahun 2021.

Tahun 2023 ini diprediksi akan banyak konten berbasis video sebagai fokus utama dalam pemasaran media sosial. Sebab, konten video dapat menarik perhatian audiens untuk waktu yang lebih lama.

Menurut Hubspot,  sebanyak 90% bisnis yang menggunakan video berdurasi pendek dapat meningkatkan atau mempertahankan investasi pada tahun depan.

5. Konten Interaktif

Pemanfaatan media sosial sebagai saluran marketing harus lebih kreatif. Sebab, pelanggan kini menginginkan adanya sesuatu yang menghibur dan melibatkan partisipasi mereka.

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat konten yang interaktif. Misalnya, mengadakan kuis, giveaway, undian berhadiah, challenge, dan sebagainya.

Dengan begitu, kamu bisa mengajak pelanggan untuk ikut terlibat dalam pemasaran bisnismu.

6. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligent atau Kecerdasan Buatan adalah program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi perilaku dan aktivitas konsumen. Pada tahun 2020 saja, AI digunakan oleh sebagian besar produk dan layanan perangkat lunak di pasar.

Ai semakin digemari akhir-akhir ini. Salah satu yang sempat viral yaitu ChatGPT. Selain Chat GPT kamu bisa memanfaatkan website website AI yang juga banyak  tersebar di internet. Pemanfaatan AI ini bisa menghemat banyak waktu dalam menyelesaikan pekerjaanmu sehingga kamu bisa lebih fokus ke pengembangan bisnis.

7. Agensi Digital Marketing

Layanan yang ditawarkan oleh digital marketing agency terbukti sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis, baik usaha kecil maupun perusahaan besar yang dikenal masyarakat luas.

Jika tim kamu kekurangan sumber daya, tidak ada salahnya bekerja sama dengan agensi digital marketing terpercaya. Salah satu keunggulan agensi adalah timnya biasanya terdiri dari para profesional berpengalaman.

Ini memungkinkan mereka memberikan informasi pemasaran tambahan untuk pertumbuhan merek kamu.

8. Tiktok Marketing

TikTok marketing adalah metode memasarkan produk atau brand suatu bisnis melalui platform TikTok. Beberapa metode yang dipakai adalah pembuatan video yang sedang trending, TikTok ads, dan juga influencer marketing.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan mempromosikan produk lewat TikTok. diantaranya bisa meningkatkan brand identity, brand awareness, dan bisa mencapai target pasar yang luas. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui trends apa saja dan Strategi berjualan yang powerfull di TikTok marketing tahun ini. Hal ini berguna agar kamu bisa memanfaatkan media sosial TikTok untuk membantu kamu mempromosikan brand yang kamu miliki.

Untuk Tiktok ads, gunakan platform yang sudah support tiktok pixel seperti loops.id agar iklan tiktok kamu bisa menghasilkan data iklan yang bagus dan akurat.

Setelah melihat 8 tren marketing diatas , mana yang membuat kamu ingin mencoba? Apapun pilihannya, pastikan tren marketing tahun 2023 ini sesuai dengan kebutuhan website atau toko online kamu ya^^

Leave a Reply