Strategi Rahasia Berjualan Menggunakan TIKTOK Marketing Untuk Mendatangkan Lebih Banyak CUAN

Strategi Rahasia Berjualan Menggunakan TIKTOK Marketing Untuk Mendatangkan Lebih Banyak CUAN

loops.id
loops.id

Satu sampai dua  tahun belakang ini TikTok telah sukses berkembang menjadi APLIKASI FAVORIT dan mendapatkan banyak sekali penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Diperkirakan tiktok  telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna dan sudah  banyak sekali pebisnis yang menggunakan platform tersebut sebagai media pemasaran digital.

Hebatnya lagi TikTok juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sama seperti yang dimiliki sosial media lainnya. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan kamu sebagai penggunanya untuk membagikan kreativitas melalui konten video pendek atau panjang  sekaligus memotivasi pengguna untuk terus menonton konten yang dibuat oleh orang lain di TikTok.

Dengan alasan itulah maka tiktok sangat bisa dimanfaatkan untuk pemasaran secara digital. Keuntungan melakukan TikTok marketing sangatlah banyak, diantaranya bisa Meningkatkan brand awareness, Membangun komunitas yang aktif, Meningkatkan penjualan produk dan layanan, Mendapatkan ulasan langsung dari pelanggan dan viewer, Menyediakan layanan pelanggan dan Mengiklankan produk dan layanan untuk menargetkan audiens dan lain lain.

Nah Berikut beberapa strategi TIKTOK MARKETING yang perlu kamu lakukan supaya bisnis makin CUAN.

Pahami Cara Kerja TikTok

Platform ini dipakai untuk berbagi konten video. Ada yang  berdurasi pendek dan ada yang panjang. Video tersebut bisa menjadi media promosi yang efektif.

Caranya, kamu cukup membuat video dengan tambahan efek atau latar musik yang dapat menarik atau menggunakan filter yang sedang viral. Interaksi yang diharapkan dari video tersebut dapat berupa komentar, like dan share video dari produk kamu.

Semakin banyak interaksi maka semakin tinggi peluang konten tersebut di viralkan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Hal ini peluang besar untuk kamu membangun branding.

 Buatlah Konten yang Menarik dan Selaras dengan Tujuan Bisnis

Pembuatan konten pada TikTok tidak berbeda jauh dengan konten dimedia sosial lainnya. kamu bisa mengetahui keyword populer yang paling banyak dicari. Kemudian jadikan kata kunci tersebut untuk konten kamu. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan  audiens untuk mendekatkan diri atau memncari tahu keinginan dari audiens.

Mulailah membuat konten yang menarik dan disarankan  memiliki tujuan yang dapat dikaitkan dengan tujuan bisnis kamu secara keseluruhan. Misalnya kamu berjualan minuman herbal kesehatan, maka kamu bisa buat konten seputar kesehatan badan dan olahraga. Langkah ini sangat beguna dalam mengumpulkan audiens yang mungkin akan menjadi pelanggan  kamu nantinya.

Tren di TikTok cepat berubah. Jadi ketika mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan produk atau jasa yang hendak kamu promosikan, atau ingin memperkenalkan bisnis kamu, segeralah membuat kontennya. Jika tren berlalu, kamu perlu memantau tren selanjutnya yang mungkin terjadi sehingga promosi yang kamu lakukan tepat sasaran.

Membuat Deskripsi yang informatif

Seseorang akan tertarik untuk melihat video atau konten yang dibuat jika terdapat deskripsi yang jelas. Deskripsi tidak perlu panjang, intinya bisa membuat seseorang lebih memahami konten yang dibuat.

 Selain membuat deskripsi yang jelas, kamu dapat memanfaatkan berbagai efek yang tersedia di TikTok agar video menjadi lebih unik dan menarik.

Gunakan Hashtag 

Jangkauan wilayah dari TikTok sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja bahkan  orang tua, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai hiburan yang menyegarkan. Karena itu, TikTok menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online. Sekarang tinggal bagaimana cara  memanfaatkannya dengan  tepat sehingga bisa menjangkau pengguna TikTok tersebut. 

Engagement rate pada konten atau iklan  harus tinggi, oleh karena itu perlu menambahkan hashtag pada setiap konten yang di unggah. Penggunaan hashtag merupakan strategi marketing lewat TikTok yang bisa dianggap jitu. Sebab, hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton

Namun bukan berarti kamu bisa menggunakan hashtag sembarangan. Sebaliknya kamu perlu hashtag yang paling relevan dengan konten dan bisnis kamu. 

Posting Konten Secara Berkala

Hal paling penting dalam marketing di TikTok adalah kamu harus konsisten dalam mengunggah konten . Tujuannya agar followers kamu selalu mendapatkan informasi terbaru. Di samping itu memposting video secara berkala akan meningkatkan potensi untuk viral.

Berinterakasi dengan Audiens / Follower

Selanjutnya cara marketing di TikTok, jangan pernah mengabaikan komentar dari audiens kamu. Terlebih komentar yang diajukkan berupa pertanyaan. Teknik ini dapat meningkatkan engagement di akun.

Berikan jawaban informatif yang positif terkait produk atau postingan kamu lewat video juga.

Live Tiktok

Tidak hanya melakukan postingan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur live di tiktok. Buat jadwal live secara berkala. Saat live kamu bisa sharing tentang ilmu atau suatu bidang yg kamu ahli atau juga bisa langsung berjualan. Pastikan melakukan persiapan yang matang sebelum live karena first impression audiens adalah hal terpenting. Lakukan evaluasi dan tetap lakukan hal tersebut hingga penontonnya banyak.

Lakukan Analisa 

Anlisa terhadap akun sangat diperlukan untuk mengukur sejauh mana strategi kamu berjalan, apakah berhasil atau tidak. Cek setidaknya sebulan sekali dan lihat apakah sudah mencapai tujuan.

Jika belum mencapai target, pertimbangkan untuk menguji berbagai jenis postingan.

Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Kamu  bisa pula bekerja sama dengan influencer TikTok. Untuk melakukan itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. 

 Seperti namanya, influencer marketing dapat membantu bisnis memasarkan produknya. Dimana mereka akan mengenalkan produk kamu pada pengikutnya.

lakukan analisis terlebih dahulu mengenai audiens dari influencer tersebut. Apakah audiens mereka sesuai dengan target pasar Anda atau tidak. Jika memang sesuai, maka kamu bisa bekerja sama.

Maka dari itu, banyak dari marketer mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Namun agar optimal, pilihlah influencer yang sesuai dengan target audiens kamu.

Beriklan Menggunakan TikTok Ads

Jika kamu memiliki budget  untuk promosi berbayar maka kamu bisa memaksimalkan fitur iklan dari tiktok yaitu  TikTok Ads. Dimana fitur ini memfasilitasi bisnis untuk menjangkau target audiens lebih banyak lagi.

Sistem beriklannya mirip  dengan beriklan di  Facebook Ads dan Instagram Ads. Iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis kamu. Kamu hanya perlu mengatur dan  memilih penargetan minat dan penargetan perilaku.

Tentukan Target Penonton / Audiens

Penting untuk kamu sebelum beriklan  untuk menunjukan sasaran atau target  penjualan. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari tentang penargetan di TikTok. Lakukan identifikasi untuk menentukan Audiens  yang mungkin tertarik dengan produk kamu.

Luangkan waktu untuk survey kepada calon audiens kamu di platform media sosial lain dan cari persamaannya di TikTok. Tapi jangan mengesampingkan audiens baru atau tidak terduga. Audiens kamu saat ini mungkin tidak menggunakan TikTok, tetapi mungkin ada kelompok lain  dengan minat yang sama atau sedikit berbeda di platform tertentu yang juga tertarik dengan bisnis kamu .

Tiktok ads juga memiliki pixel yang bisa menyimpan data audiens. Data audiens ini bisa dipakai untuk retargetting iklan kamu. Pixel yang di buat ditiktok dipasang di website atau link. Salah satu platform yang memiliki fitur pixel tiktok adalah loops.id. Di loops.id kamu bisa membuat unlimited link whatsapp baik untuk rotator atau bukan, selain itu juga bisa membuat form order. Baik di link wa ataupun form bisa dipasang pixel tiktok sehingga sangat bisa di pakai di iklan tiktok. saat ini loops sudah digunakan ribuan internet marketer. Penasaran bagaimana cara kerjanya ?. chat admin loops.id sekarang.

Leave a Reply