5 Tips Optimasi WhatsApp untuk Penjual Online

5 Tips Optimasi WhatsApp untuk Penjual Online

loops.id
loops.id

Sebagai salah satu software chatting yang begitu banyak diinstal oleh seluruh orang yang ada di dunia, Whatsapp memang sekarang ini dibutuhkan oleh pelaku Bisnis Online. Muncul juga variannya yang berupa Whatsapp Business yang memudahkan komunikasi pegawai Customer Service dalam menghadapi pesan pelanggan. Semakin berkembangnya bisnis, maka bertambah intens pula arus komunikasinya. Oleh sebab itu, Loops hadir untuk memberikan cara yang lebih ringkas dalam menangani banyaknya tanggapan dari pelanggan melalui aplikasi tersebut.

5 Langkah untuk Membuat Whatsapp Efektif bagi Penjual Online

Aplikasi chatting juga salah satu platform yang sangat penting pada aktivitas jualan online selain media sosial. Pelaku bisnis diharapkan dapat mengelola tim agar mampu untuk menanggapi sekian banyak pesan dari pelanggan yang berharap agar mendapatkan balasan dari pihak penjual.

Untuk itu, kelola CS di sini menjadi sangat penting. Dalam melakukannya, pebisnis dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Cara mudah pelanggan mengirimkan pesan kepada penjual

Membuat agar pelanggan bisa dengan mudah mengirimkan chat kepada pelaku bisnis bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan memberikan link yang mengarahkan langsung ke aplikasi dan membuka percakapan kepada penjual. Namun, hal tersebut tentunya membutuhkan landingpage sebelum akhirnya menjangkau aplikasi tersebut.

Loops memberikan layanan landingpage tersebut dan bahkan memiliki fitur yang lebih daripada itu. Website ini juga bisa membuat scale up CS dengan mengontrol pengiriman “jatah” kepada tiap-tiap pegawai CS.

2. Memakai CS rotator otomatis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, halaman pendukung sebelum calon pembeli meraih percakapan kepada penjual di Whatsapp tersebut memiliki fitur lebih daripada itu. Fasilitas yang ditawarkan yaitu melakukan pembagian pesan terhadap masing-masing CS yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Dengan begitu, usaha itu tidak membutuhkan tenaga manusia untuk menjadi rotator.

Sudah banyak toko online yang memanfaatkan layanan tersebut karena memang terbukti efektif dalam mengoptimalkan kinerja pegawai maupun aplikasi komunikasi modern tersebut.

3. Memaksimalkan fitur Whatsapp Business

UMKM yang sedang merintis dengan cara online tentunya menggunakan varian lain dari aplikasi ini. Tidak menggunakan aplikasi biasa seperti halnya pengguna pribadi. Banyak fitur disuguhkan oleh jenis lain dari platform ini. Salah satunya yaitu pemberian jawaban secara otomatis sehingga pelanggan setidaknya tidak benar-benar merasa “digabur” sesaat setelah mengirimkan pesan kepada penjual.

Keunggulan ini sangat membantu dalam menghadapi traffic yang masif terhadap kontak yang diberikan oleh pelaku bisnis dalam melakukan engagement kepada seluruh orang yang berminat terhadap apa yang dijualnya.

4. Aplikasi dukungan tambahan

Muncul juga beberapa software pendukung yang bisa mengoptimalkan Whatsapp bagi penggunanya yang melakukan bisnis. Fungsinya cukup banyak beberapa diantaranya yaitu mampu untuk menyimpan beberapa nomor pengguna yang sudah dikenali oleh pebisnis secara otomatis.

Hal itu memudahkan pegawai dalam melakukan promosi dan akhirnya berhasil mencapai winning campaign. Tambahan software tersebut bisa dengan mudah didapatkan melalui internet.

5. Memanfaatkan fitur broadcasting

Dalam Whatsapp pribadi pun bisa melakukan pesan secara langsung dalam satu waktu ke banyak kontak yang dimiliki. Terlebih lagi versi bisnis dari software ini. Namun tidak hanya itu saja, ternyata juga bisa mengirimkan ke banyak grup yang dimiliki sehingga iklan melalui fitur ini menjadi lebih masif didapatkan oleh pelanggan.

Agar lebih efektif dalam menangani pesan dan memberikan promosi kepada pelanggan yang ada dalam database, maka bisa gunakan Loops sebagai solusinya. Cukup memasukkan alamat loops pada aplikasi browser Anda, maka beragam kemudahan seperti penjelasan di atas bisa dinikmati.

Leave a Reply