3 Cara Simpel Optimasi Bisnis di Instagram

 

Banyak sekali fitur di Instagram yang bisa memaksimalkan penjualan Anda, dan setiap fitur tersebut tentu berbeda-beda manfaatnya. Jadi sangat disayangkan kalau bisnis anda tidak memanfaatkan fitur-fitur tersebut.

Dalam berbisnis, terdapat tahapan umum yang telah diterapkan di berbagai jenis industri, yakni:

  1. Awareness (Kesadaran): Kenalkan dahulu bisnis anda dengan menggunakan tehnik pemasaran Influencer (orang yang berpengaruh) di Instagram.
  2. Engagement (Keterlibatan): Buatlah perhatian/interaksi antara pengikut dengan Lead Magnet yang sudah anda buat.
  3. Conversion (Transaksi): Buatlah transaksi yang Anda inginkan terhadap pengikut. Tidak harus selalu tentang pembelian dengan menggunakan tehnik Call to Action (CTA).

Berikut tiga langkah dalam memaksimalkan bisnis di Instagram:

 

  1.  Mendapatkan sebanyak-banyaknya Followers di Instagram

Followers atau pengikut tersebut adalah market yang potensial, yang sekiranya berminat terhadap produk Anda, bukan market yang luas tetapi tidak potensial. Misalkan Anda jual produk untuk wanita, tetapi Anda tawarkan ke laki-laki, kira-kira minat untuk beli tinggi atau rendah ? Tentu rendah. Anda harus mentargetkan yang sesuai dengan market Anda.

Lalu bagaimana mendapatkan pengguna tersebut?

Anda bisa Add orang-orang yang ada pada kompetitor Anda, dan pengikutnya sudah cukup besar. Nah dengan cara ini Anda bisa mendapatkan pengguna yang memiliki karakter serta pikiran yang sama, tinggal Anda kasih value yang atau apapun itu supaya orang membeli ke Anda.

Nah, Anda juga memakai influencer, ini juga penting berkenaan dengan kredibilitas influencer tersebut. Anda juga harus tahu apakah kredibilitasnya dengan produk yang Anda jual itu sesuai.

Jadi siapa itu Influencer?

Influencer merupakan seseorang yang memiliki pengaruh besar bagi pengikutnya. Mereka adalah public figure, actor, musisi, atlet, ataupun politisi, bahkan pemilik bisnis juga. Namun Anda harus tahu bahwa influencer tidaklah selalu orang yang terkenal, tetapi memiliki pengikut yang banyak, interaksinya banyak, dan pengikutnya percaya kepadanya.

Bagaimana sistem pemasaran Influencer?

Anda membayar kepada influencer tersebut sesuai dengan tarif yang telah ditetapkannya. Atau Anda juga bisa membayar hanya dengan memberikan produk Anda kepadanya, tidak harus melulu dengan uang, tentu dengan kebijakan si influencer tersebut.

  1. Buatlah interaksi pengikut Instagram

Langkah selanjutnya adalah mendapatkan perhatian atau interaksi dari mereka, ini penting agar engagement akun instagram Anda berjalan dan aktif.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan perhatian dan interaksi dari mereka, menggunakan fitur yang ada pada di Instagram, diantaranya :

Bio Instagram

Kesan pertama seseorang yang selalu tergambarkan adalah dengan bagaimana pertemuan pertemuan pertama kali itu terjadi. Nah, di Instagram pertemuan tersebut ada di fitur Bio akun Anda. Buatlah Bio akun Anda terlihat baik, bagus serta jelas.

Buatlah kalimat yang singkat, jelas, dan langsung tidak perlu yang berlarut-larut dan panjang lebar. Buatlah Call to Action (CTA) yang langsung kearah URL website Anda. Nah, barulah di website Anda berikan penjelasan yang cukup di website Anda.

Instagram Stories

Instagram Stories berguna untuk menambah interaksi ataupun perhatian pengikut akun Anda. Sehingga lebih banyak lagi interaksi atau perhatian yang bisa Anda dapatkan dari mereka yang juga bisa memberikan Call to Action (CTA) didalamnya.

Ada beberapa fitur di Instagram stories ini yaitu :

a) Swipe Up

Fitur ini berguna untuk memberikan Funnel ke sebuah link yang Anda inginkan, konversi ke website, atau menambah database di landing page Website Anda. Fitur ini bisa digunakan saat akun Anda sudah mencapai 10.000 Followers.

b) Polling

Fitur ini juga berfungsi untuk meningkatkan interaksi atau perhatian yang cukup tinggi. Fitur ini mengharuskan pengikut untuk memilih satu diantara dua pilihan yang telah Anda buat. Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengikut atau followers untuk memberi interaksi ataupun perhatian untuk Anda.

  1. Buatlah konversi pengikut Instagram anda

Setelah Anda mendapatkan banyak pengikut dan sudah mendapatkan interaksi atau perhatian terhadap Anda, itu artinya tinggal Anda membuat mereka membeli dan menjadi pelanggan loyal dalam bisnis Anda.

Caranya ialah membuat gambar atau video yang dapat menimbulkan emosi dari audiens anda. Gunakan desain yang kreatif dan gambar visual yang menarik kepada pengikut Anda supaya mendapatkan interaksinya. Atau Anda juga bisa membuat konten yang menimbulkan rasa penasaran yang besar kepada Followers Anda.

Perbanyak konten yang bermanfaat untuk orang lain atau konten yang membuat orang suka dengan apa yang Anda buat karena orang hakikatnya tidak suka disuguhi iklan. Postinglah konten jualan beberapa saja. Yang terpenting, Anda dapatkan interaksi yang banyak dahulu. Dan ingat, jangan gunakan kata yang membuat orang tidak suka seperti “Beli produk saya sekarang”, ini akan memicu Followers Anda meninggalkan Anda.

 

Setelah anda membaca artikel ini sampai bawah, jangan lupa dipraktekan poin-poin pentingnya. Lalu ingat, berikanlah edukasi tambahan kepada Customer Service (CS) anda agar calon buyer bisa dikonversi menjadi konsumen/buyer.

Untuk itu terdapat aplikasi yang bisa membantu bisnis anda dalam memperlancar closing dengan sistem CS rotator ialah Loops.id. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS anda.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada anda:

  1. Sistem rotasi kepada CS anda. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi anda tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, anda dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Anda hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS anda, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. Loops.id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *