5 Tips Membangun Bisnis Emas, Pebisnis Pemula Ayo Merapat

5 Tips Membangun Bisnis Emas, Pebisnis Pemula Ayo Merapat

loops.id

Membangun bisnis emas itu bisa sangat menguntungkan. Meskipun terlihat begitu tradisional, usaha emas selalu diminati. Bahkan, tanpa perlu membuka toko online pun akan selalu ada pangsa pasar dari logam mulia ini. Bisnis emas tentunya kebal pandemi dan tahan terhadap tren. Berikut 5 rahasia membangun bisnis emas. DI simak ya^^

1. Tentukan Jenis Usaha

Kamu bisa membuka toko emas secara offline maupun online. Ada baiknya, kamu harus menentukan jenis usahamu terlebih dahulu. Keduanya memiliki teknik pemasaran yang berbeda. Jadi, pastikan kamu benar-benar menguasai cara pemasaran yang tepat.

2. Riset Harga

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis emas adalah lakukan riset harga. Harga yang dimaksud adalah harga jual dan harga beli emas. Hal ini karena harga logam mulia tersebut sering mengalami perubahan. Sebagai pebisnis, tentu kamu harus selalu update dengan harga jual beli emas terbaru. Jangan lupa untuk selalu memeriksanya dari sumber tepercaya.

3. Jual Emas Sendiri

Jika kamu memilikinya, cobalah memulai bisnis emas dengan menjual milikmu sendiri. Mengapa begitu?Dengan menjualnya, kamu bisa mempelajari pola permintaan pasar. Mungkin saja, nantinya calon pembeli akan meminta harga murah. Kamu perlu membiasakan diri untuk bernegosiasi harga untuk menjaga margin keuntunganmu.

4. Analisa Kompetitor

Setiap bisnis memiliki pesaing, begitu pun bisnis emas. Meskipun emas memiliki harga yang berlaku secara nasional, setiap usaha bisa mematok margin keuntungan yang berbeda. Sebagai pemain baru dalam bisnis emas, usahakan menjual emas dengan harga yang kompetitif. Sebaiknya jangan menjual emas lebih tinggi dari harga rata-rata.

5. Tentukan Lokasi

Jika ingin memulai bisnis emas dengan menyewa toko fisik, kamu sangat perlu memikirkan lokasi toko. Pertama, pilihlah lokasi yang strategis. Kedua, pilihlah lokasi yang aman. Emas adalah barang bernilai tinggi, artinya selalu ada kemungkinan tindak kejahatan. Sebaiknya, sewalah toko emas yang berada di dalam pasar yang dikelola oleh pemerintah setempat, misalnya Pasar Jaya. Sebab, ada sistem keamanan yang baik.

Nah, itulah tips memulai bisnis emas yang mudah untuk pemula. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Leave a Reply