Wajib Pakai Ilmu Ini untuk Branding di Instagram!

Wajib Pakai Ilmu Ini untuk Branding di Instagram!

Sebagai sosial media, instagram mampu membantu bisnis kamu dikenal lebih luas di masyarakat melalui branding.

Branding dalam prakteknya ialah persepsi dari orang lain dalam menilai bisnis kamu. Dalam menentukan branding yang tepat kamu mungkin harus bertanya lagi kepada diri kamu: apa tujuan saya membangun bisnis ini?

Sebab dengan tujuan yang konsisten dari awal, maka branding yang akan kita pilih pun di sosial media mana pun tidak asal-asalan. Karena dengan branding yang konsisten dan sesuai dengan produk yang kamu tawarkan, maka orang yang akan berinteraksi dengan akun bisnis instagram kamu adalah target market yang sesuai.

Berikut adalah lima trik marketing di Instagram yang mudah diterapkan yang akan membantu Kamu mengembangkan merek Kamu.

  1. Lintas mempromosikan posting Instagram

Ingin dengan mudah menambahkan followers Instagram baru yang sudah mencintai merek Kamu? Posting di seluruh profil media sosial Kamu yang lain – Facebook, Twitter, LinkedIn , dll. – dan undang mereka untuk mengikuti profil Instagram Kamu. Mereka sudah mengikuti Kamu di media sosial, jadi mereka jelas tertarik dengan apa yang Kamu tawarkan, jadi beri mereka cara lain untuk terhubung secara sosial ke produk Kamu.

Tetapi jangan berharap bahwa posting Kamu akan menjangkau semua orang yang terhubung dengan merek Kamu di media sosial. Banyak orang menjauh dari platform media sosial tertentu dan beberapa tidak aktif di beberapa daripada di jaringan lain. Kamu ingin followers Kamu terhubung dengan sebanyak mungkin profil sosial Kamu untuk meningkatkan jangkauan Kamu per posting.

  1. Kenali audiens Kamu

Untuk menjual produk dan terhubung dengan pelanggan, Kamu harus tahu siapa audiens Kamu, apa yang mereka butuhkan dan bagaimana bisnis Kamu dapat membantu. Untuk memulai strategi halaman Explore Kamu, pikirkan pertanyaan berikut:

  • Siapa target audence Kamu?
  • Hal-hal apa saja yang menarik minat mereka?
  • Seperti apa akun Instagram mereka sendiri?
  • Siapa yang mereka ikuti/follow?

Pikirkan halaman Instagram Explore yang paling ingin Kamu tampilkan. Hal seperti apa yang disukai orang –orang ini? Ide bagus adalah membuat persona untuk individu ini.

Begitu Kamu mengetahui target audiens Kamu, Kamu dapat menemukan dan mengenal mereka lebih baik.

Untuk membuat perbedaan apakah konten Kamu diabaikan atau dibagikan, Kamu harus perhatikan sosial media Kamu. Kamu perlu memperhatikan audiens dan konten yang mereka sukai untuk menyesuaikan konten Kamu dengan mereka.

Jika Kamu sudah mengikuti akun yang relevan dengan industri dan target audiens Kamu, halaman Explore Kamu sendiri akan memberi insight tentang apa yang perlu Kamu lakukan.

  1. Jangan spamming audiens Kamu

Kamu memposting cukup sering agar merek Kamu tetap relevan, tetapi ketika Kamu memposting terlalu sering sehingga Kamu membanjiri followers Kamu, mereka akhirnya berhenti mengikuti akun Kamu karena mereka merasa terus-menerus berada di hadapan mereka.

Tidak ada formula posting ajaib yang akan bekerja untuk setiap merek. Kamu perlu menguji dan melihat bagaimana audiens Kamu merespons . Sebagai titik awal, saya sarankan memposting dua kali sehari, bergantian kali dalam sehari untuk mencari tahu kapan pertunangan tertinggi Kamu terjadi. Kemudian mulailah bereksperimen dengan lebih banyak dan lebih sedikit posting per hari, sangat memperhatikan pertunangan.

Setelah Kamu menemukan formula terbaik, pekerjaan itu tidak berhenti – karena jumlah followers Kamu bertambah, Kamu harus selalu bisa menyesuaikan.

  1. Buat pos interaksi dengan audiens

Tingkatkan peluang target audiens Kamu untuk menemukan konten Kamu dengan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interaksi. Semakin banyak like dan komentar yang dimiliki postingan Instagram Kamu, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di halaman explore target audiens Kamu.

Saat Kamu posting foto atau video, pikirkan bagaimana Kamu bisa mendapatkan akun yang lebih besar dengan lebih banyak follower menyukai (like) atau memberi komentar.

Misalnya jika kamu memiliki usaha brand desain interior, Kamu berbagi foto ruangan tempat Kamu bekerja, tag semua perusahaan dan produk yang Kamu gunakan untuk menjangkaunya. Kamu juga bisa tag akun Instagram majalah desain interior atau blogger lifestyle yang relevan.

Jika Kamu berbagi Instagram Stories dari akun brand Kamu, pastikan Kamu tag lokasi dan juga akun lain yang relevan.

Beri tag lokasi untuk meningkatkan kemungkinan Stories Kamu disertakan dalam Stories Lokasi Instagram (yang menyajikan Stories dari akun di wilayah geografis tertentu.) Ini membantu pengguna lokal melihat konten Kamu dan terjadi interaksi atau keterlibatan dengan brand Kamu.

  1. Instagram hashtag

Membuat tagar di instagram adalah cara yang bagus untuk membuat interaksi instan. Strategi yang sangat sederhana yang dapat digunakan adalah membuat tagar yang digunakan pelanggan untuk menkamui foto mereka dengan produk yang baru saja mereka beli.

Misalnya, membuat tagar yang dapat dicari perusahaan Kamu untuk dikirim ulang gambar-gambar pelanggan Kamu dengan produk Kamu akan menghasilkan dua hal:

Ini akan menyebabkan lebih banyak followers Kamu menggunakan tagar dan memposting gambar mereka dengan produk Kamu karena mereka ingin ditampilkan di halaman Kamu

Setiap kali seseorang memposting menggunakan tagar Kamu, mereka mengekspos semua followers mereka ke perusahaan dan produk Kamu – iklan gratis!

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis kamu agar mudah melihat performa Customer Service (CS), kamu dapat memakai Loops.id. Selain mudah, kamu juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS kamu.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada kamu:

  1. Sistem rotasi kepada CS kamu. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi kamu tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, kamu dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Kamu hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS kamu, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *