Psikologi : Bagaimana Mempengaruhi Calon Konsumen dengan Warna

Psikologi : Bagaimana Mempengaruhi Calon Konsumen dengan Warna

loops.id
loops.id

Selain jenis dan kualitas produk, apa lagi ya yang dapat memempengaruhi calon pembeli ya ?

Bentuk produk? Manfaat? Kemasan? atau yang lainnya?

Taukah kamu bahwa warna adalah salah satu faktor calon pembeli agar bisa tertarik? Yak betul, begitu sederhana pernyataan itu, namun memang ada benarnya jika warna dapat mempengaruhi calon pembeli.

Kenapa bisa begitu? Karena manusia memiliki indra penglihatan, sangat sensitif terutama dengan warna. Warna bisa mempengaruhi emosial manusia dan juga pemikiran mereka mengenai suatu hal. Terutama sebuah karya atau produk.

Yang paling utama dibahas pada artikel ini adalah Pengaruh Warna terhadap Calon Pembeli. Bagaimana penjelasannya? Mari kita simak bersama-sama

Cara mempengaruhi Calon Pembeli dengan warna ?

Warna dalam dunia usaha banyak sekali manfaatnya, ada yang untuk tampilan toko, website, onlineshop, kemasan produk atau lainnya.

1. Berikan Ciri Khas Warna Perusahaan pada Lapak

Jika lapak kamu offline maka hiaslah tempat tokomu dengan warna yang semenarik mungkin. Contoh, jika toko mu adalah yang menjual makanan pedas, maka warna yang cocok adalah hitam dan merah.

Jika kamu memiliki usaha makanan seperti roti, maka pilihlah warna yang soft seperti cream atau coklat muda dipadukan dengan warna warni seperti biru, pink atau lainnya.

Jadi pilihlah warna yang sesuai dengan identitas perusahaan atau tokomu.

Jika kamu punya logo usaha gunakan warna dasar logo itu sebagai patokan setiap kali kamu membuat poster promosi, banner atau yang lainnya. Agar orang lain dapat dengan mudah mengenali produkmu.

Saat kamu membuat desain poster untuk iklan, buatlah perpaduan warna yang cocok tanpa menghilangkan unsur warna dasar dari perusahaan mu itu. Jadi mereka akan tetap mengenali produkmu namun dengan perpaduan warna yang menarik perhatian konsumen.

Jika kamu memiliki toko offline buatlah dan desain tempat itu senyaman mungkin. Dengan mempadukan warna yang sesuai identitasmu. Jika toko kue maka hiaslah toko mu dengan perpaduan warna cream dengan coklat agak gelap. Itu akan terlihat lebih menarik.

2. Warna Kemasan Pada Suatu Produk

Warna pada sebuah produk atau kemasan, memiliki peran yang sangat penting. Baik kamu akan menjualnya secara offline atau online. Yang dinilai penting adalah produknya. Jangan sampai kamu memberikan warna norak atau warna yang terlalu banyak sehingga terlihat tidak elegan.

Jika kamu menjual sebuah produk, sesuaikan warna kemasan dengan produkmu. Jangan sampai kamu menjual kue tetapi kamu memberikan warna pada box kue yang tidak ada hubungannya sama sekali.

Misalnya kamu memberikan warna gelap seperti hitam atau abu-abu pada box kue. Justru itu akan membuat pelanggan mu merasa kurang srek dengan tampilannya. Apalagi jika itu akan dijadikan sebuah hadiah untuk orang lain.

Jika toko kue, kamu harus membuat tampilan kemasannya menarik, memperpadukan warna soft dan disertai pernak pernik seperti pita untuk mengikat box nya dan lainnya.

Bandingkan! Toko sebelahmu menjual produk yang hampir sama dengan mu, misalnya sama-sama toko kue. Rasanya pun tidak terlalu enak alias pas-pas an. Tetapi dari segi warna kue nya sangat menarik dan terlihat cantik.

Sedangkan toko mu memiliki rasa kue yang enak dan sedap namun hanya karena penampilan dari kue tersebut yang kurang menarik malah banyak orang yang melihat kue itu hanya sebuah kue biasa.

Maka dari itu warna dan tampilan sangat penting dalam suatu produk.

3. Pengaruh Warna terhadap Sasaran Target

Disini kamu bisa tentukan siapa saja target pasarmu. Apakah anak muda, anak-anak, ibu-ibu sosialita atau bahkan bapak-bapak. Sesuaikan warna dengan targetmu.

Contoh jika kamu memiliki target kebanyakan anak muda, maka buatlah tempat itu dengan warna yang banyak digemari anak muda istilah jaman sekarang Aesthetic. Mungkin bisa saja warna biru, hitam, putih atau warna pastel.

Jika kamu memiliki target pasar untuk ibu-ibu atau wanita. Kamu harus mencari warna yang cerah karena sebagian wanita menyukai warna yang cerah. Seperti kuning, hijau, biru, navy atau warna cerah lainnya.

Jika kamu sudah menerapkan itu pada usaha mu, pasti akan ada orang yang lebih tertarik dengan produk yang kamu jual. Banyak hal lainnya yang dapat dipengaruhi oleh warna agar calon pembeli tertarik.

Sekian penjelasan artikel ini mengenai pengaruh warna terhadap calon pembeli. Semoga dapat menjadi referensi kamu dalam mengembangkan usaha atau bisnis.

Leave a Reply