Panduan Mutakhir dan Up-to-date Instagram Marketing

Panduan Mutakhir dan Up-to-date Instagram Marketing

loops.id
loops.id

Instagram dikenal sebagai sosial medianya anak muda dan keberadaanya menjadi ladang bagi Kamu para pebisnis online. Sebab apabila kita cermati, sekilas tampilan profil akun mirip dengan akun toko online: ada bio untuk masukkan deskripsi toko, ada link untuk masukkan url, ada highlight untuk menginfokan promosi atau yang lain, dan koleksi foto-foto yang bisa Kamu jadikan katalog.

Banyak fitur lainya yang dapat membantu Kamu dalam memaksimalkan fungsi instagram sebagai toko online. Jadi sangat disayangkan apabila Kamu tidak mengetahui cara-cara dalam mengembangkan bisnis Kamu lewat instagram.

Tapi tenang!

Kami akan membagikan tips-tipsnya dalam mengembangkan bisnis Kamu melalui strategi instagram marketing yang telah banyak membantu mengembangkan bisnis-bisnis masyarakat Indonesia dan dunia.

  1. Beralih menjadi profil bisnis

Sebelum Kamu mulai berpikir tentang rencana instagram marketing, pastikan Kamu memiliki Akun Bisnis Instagram.

Cukup buka pengaturan Kamu dan klik “Beralih ke Profil Bisnis” untuk memulai.

Ada beberapa manfaat yang jelas untuk memiliki profil bisnis:

  • Followers dapat mengklik tombol kontak Kamu untuk menghubungi Kamu langsung dari halaman Instagram Kamu seperti yang mereka lakukan dari situs web Kamu.
  • Profil bisnis memungkinkan Kamu membuat dan menerbitkan iklan Instagram tanpa perlu menggunakan alat iklan Facebook.
  • Kamu juga dapat mengakses alat analisis Instagram, yang disebut Wawasan, yang menyediakan statistik tentang tayangan dan jangkauan posting Kamu.

Selanjutnya Kamu harus mulai menggunakan fasilitas profil bisnis tersebut untuk melacak metrik dan memahami audiens Kamu.

  1. Rangkul influencer untuk memasarkan produk

Cara kedua ini merupakan cara yang cukup efektif dalam mengedukasi calon konsumen di instagram. Kalau Kamu ingin menjangkau pelanggan potensial di instagram, cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui influencer yang telah punya puluhan ribu folllowers tetapi brand imagenya relevan dengan produk yang Kamu tawarkan.

Sebelum Kamu bekerja sama dengan seorang influencer, langkah pertama adalah mencoba dan mengidentifikasi beberapa influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan produk atau layanan Kamu. Jika Kamu bermitra dengan influencer industri yang tepat , Kamu bisa mengeluarkan merek Kamu di depan para pengguna itu.

Jadi ketika ia membagikan sesuatu di feed instagram tentang produk Kamu, maka orang yang menjadi audiens dari influencer tersebut mudah percaya dengan produknya karena orang yang mereka idolakan telah menggunakan produk tersebut.

Bermitra dengan influencer memberikan Kamu keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Pada keuntungan jangka pendek penjualan Kamu dapat meningkat dari biasanya, sementara keuntungan apabila Kamu bekerja sama dalam jangka panjang ialah Kamu membangun kesadaran merek (brand awareness) dengan audiens Kamu. Merek produk akan dikaitkan dengan influencer tersebut dengan sendirinya.

  1. Tetapkan waktu posting promosi

Salah satu hal yang harus Kamu lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Kamu dengan update yang berlebihan.

Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi. Setelah Kamu melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calendar atau kalender editorial Kamu untuk menjadwalkan waktu posting Instagram Kamu.

Kamu dapat mengetahui kapan followers Kamu paling aktif di Instagram Insights, jadi hari dan waktu terbaik Kamu untuk memposting mungkin akan berbeda tergantung pada audiens spesifik Kamu.

  1. Terapkan tema visual yang konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post.

Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Kamu, akun Instagram bisnis Kamu akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Kamu. Karena salah satu objektif Kamu dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar. Semakin mudah dikenali foto Kamu, semakin besar kemungkinan followers Kamu akan me-like dan meninggalkan komentar di foto Kamu.

  1. Ukur kinerja instagram kamu

Agar dapat memastikan kalau akun bisnis instagram kamu berkembang, maka hal yang perlu dilakukan ialah dengan melihat kinerja instagram kamu. Ketika Kamu memiliki hasil yang terukur, Kamu akan tahu persis apa yang berhasil dan yang tidak.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dengan melihat tingkat pertumbuhan followers. Ketika Kamu mengawasi seperti apa tingkat pertumbuhan followers Kamu, Kamu dapat melihat bagaimana jenis konten posting Kamu (atau frekuensi posting) dalam mempengaruhi pertumbuhan banyaknya followers.

Selanjutnya, ukur tingkat keterlibatan. Ini termasuk suka dan komentar. Kamu ingin mengetahui persentase keterlibatan rata-rata dari total followers Kamu serta tingkat keterlibatan rata-rata dari setiap posting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja halaman Kamu.

Terakhir, Kamu perlu melacak tingkat klik URL Kamu. Jika Kamu belum memiliki tautan ke situs web Kamu di bio Instagram, tambahkan satu segera. Lalu, ukur berapa banyak orang yang mengklik ke URL Kamu.

Rata-rata CTR di Instagram adalah 0,94%, menurut Conversion XL . Semakin efektif teknik pemasaran Instagram Kamu pada audiens Kamu, semakin tinggi CTR Kamu. Jika rendah, upayakan untuk meningkatkan pendekatan Kamu.

Alat seperti Sprout Social  akan mengukur seberapa banyak klik yang diperoleh tautan Kamu dibandingkan dengan tayangan dan keterlibatan.

Setelah kamu selesai membaca sampai bawah, pahami kembali agar bisa dengan mudah kamu praktekan kedepanya pada akun instagram bisnis kamu.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis kamu agar mudah melihat performa Customer Service (CS), kamu dapat memakai Loops.id. Selain mudah, kamu juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS kamu.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada kamu:

  1. Sistem rotasi kepada CS kamu. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi kamu tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, kamu dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Kamu hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS kamu, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply