Sebelumnya, mimin telah membahas cara membuat landingpage yang efektif, nah di artikel kali ini admin akan membahas cara mengoptimasi agar landingpage memiliki konversi yang lebih maksimal. Langsung saja, berikut adalah beberapa optimasi landingpage yang sangat penting untuk dilakukan, simak artikel berikut ini…
Optimasi Landingpage
1. Desain rapi
Desain dan struktur merupakan hal penting dalam sebuah landingpage dan berpengaruh terhadap tingkat konversi. Sebelum memulai mempromosikan landingpage, alangkah baiknya anda merapikan terlebih dahulu landingpage dan melakukan A/B testing (membuat beberapa landingpage dan mengujinya) untuk mengetahui landingpage mana yang paling baik.
2. Utamakan Minimalis
Jangan terlalu berlebihan memasukan teks atau gambar, usahakan tetap minimalis namun tetap bisa menyampaikan pesan dari isi landingpage yang anda buat. Terlalu banyak informasi akan membuat orang malas membaca yang berdampak pada tingkat konversi yang buruk.
3. Gunakan Heading Text menggoda
Header merupakan elemen awal yang paling pertama kali dilihat oleh pengunjung. Jadi Gunakanlah heading yang singkat, padat dan menggoda. Anda harus bisa menarik rasa penasaran orang sehingga ingin membaca lebih jauh landingpage anda sampai habis.
4. Gunakan Trust Signal
Agar pelanggan lebih percaya, gunakan trust signal atau trust elemen pada landingpage anda. Misalnya menampilkan testimoni, liputan media, portofolio, daftar klien dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan badge seperti badge garansi, logo bank, kurir dan sebagainya.
5. Utamakan Mobile Friendly
Hampir 94% pengguna internet indonesia itu mengakses menggunakan perangkat mobile. Jadi buatlah halaman page anda bersahabat dan tampil baik di perangkat mobile berbagai resolusi. Selain itu, jangan lupakan soal kecepatan, page harus cepat dan dapat di load dengan cepat.
6. Gunakan CTA yang menggoda
Call to action merupakan ajakan untuk melakukan aksi berikutnya setelah pengujung membaca isi landingpage anda. Jadi gunakan Call to action yang menggoda sehingga mereka tertarik untuk melakukan apa yang anda inginkan, misalnya membeli, menghubungi, mendaftar, membagikan dan sebagainya.
7. Buat beberapa Versi
Beda traffic beda juga struktur dan pendekatanya. Anda bisa membuat beberapa versi landingpage untuk berbagai sumber traffic, misalnya organic, iklan, atau sosial media. Lakukan test terlebih dahulu dan tentukan landingpage mana yang cocok dan memiliki tingkat konversi yang tinggi.
8. Sesuaikan Iklan dengan Isi Landingpage
Anda harus memberikan informasi yang akurat serta tidak ada yang ditutup-tutupi agar user tidak kabur. Misalnya di iklan di tampilkan diskon 50%, maka di landingpage juga harus sesuai. Anda jangan menampilkan informasi yang berbeda, karena dapat membuat user pergi dan akhirnya reputasi bisnis anda jadi jelek di mata konsumen.
Itulah beberapa optimasi dasar agar landingpage anda lebih konversi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya…