Pengertian Landingpage dalam sebuah Bisnis

Pengertian Landingpage dalam sebuah Bisnis

loops.id

Banyak para pebisnis online yang mulai memanfaatkan Landingpage karena dinilai efektif dan lebih efisien untuk menciptakan konversi. Namun, masih ada beberapa orang yang masih asing dengan apa itu landingpage, nah di artikel kali mimin akan membahas mengenai Pengertian Landingpage dan Manfaatnya bagi sebuah bisnis. Simak artikel berikut ini…

Pengertian Landingpage

Landingpage adalah sebuah halaman tunggal yang dibuat untuk tujuan khusus dengan mindset marketing. Biasanya marketing ditujukan untuk penunjang keperluan iklan. Didalam landingpage berisi berbagai teori dan teknik psikologi untuk mempengaruhi calon konsumen. Mulai dari teori warna, psikologi konversi, hypnowriting dan sebagainya.

Maka tak heran jika landingpage disebut-sebut sebagai halaman landas sakti.

Selain fungsikan untuk konversi, landingpage juga bisa dioptimalkan untuk email pemasaran, leads generation, promosi, branding dan hal lainnya yang menggunakan halaman tunggal.

7 Tips Landingpage agar Efektif

1. Gunakan desain simple namun elegan

Tampilan merupakan hal yang penting dalam sebuah landingpage. Desain dapat mencerminkan isi dari landingpage anda. Apakah bisnis anda itu profesional, kekanak-kanakan, feminim dan lainya dapat tercermin dari design landingpage. Jadi sesuaikan dengan target market anda. Selain itu, pastikan desain tidak lebih menonjol dari isi. Buat mata pengunjung nyaman dan betah berlama-lama membaca isi landingpage anda.

2. Gunakan kata-kata  yang mudah dipahami

Usahakan seminimal mungkin untuk menggunakan kata-kata teknik atau bahasa yang sulit dipahami. Posisikan diri anda sebagai awam dan bukan siapa-siapa. Karena tidak semua orang itu memiliki tingkat pengetahuan yang sama. Jadi kata dan bahasa yang sederhana merupakan unsur penting agar pesan dan isi landingpage anda tersampaikan dengan baik.

3. Terapkan Teknik Hypnowritng

Hypnowriting pada dasarnya yaitu teknik untuk menciptakan tulisan yang menghipnotis. Memadukan teknik copywriting dan storytelling sehingga membawa pembaca masuk ke dalam cerita kita. Teknik ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjual dengan memanfaatkan emosi calon pembeli. Banyak orang yang awalnya tidak ingin membeli jadi membeli karena terpengaruhi Hypnowriting.

4. Gunakan Gambar yang Jelas

Setiap anda membuat landingpage, perhatikan pemilihan gambarnya. Pastikan gambar yang anda pilih merupakan gambar terbaik yang merepresentasikan isi landingpage anda. Jangan masukan gambar yang tidak berkaitan atau terlalu banyak karena akan memperberat loading website. Sebelum digunakan, pastikan gambar telah di edit dan di retouch sebagus mungkin agar menarik minat pembeli.

5. Optimalkan Kecepatan

Speed merupakan faktor penting dari semua hal diatas. Jika landingpage dimuat lambat, maka akan banyak user yang kabur. Selain itu, semua hal yang anda buat seperti hypnowriting atau gambar akan sia-sia karena tidak bisa dimuat dengan cepat dan akhirnya tidak terbaca oleh calon konsumen. Maka dari itu, maksimalkan speed, misalnya memilih hosting yang cepat, template yang ringan serta gambar yang sudah di compress.

6. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan menggunakan landingpage cukup mudah, sisipkan saya testimoni terbaik anda sebelum tombol CTA. Selain testimoni, anda bisa menambahkan trust element seperti logo bank, kurir yang dipakai, badget garansi atau sebagainya.

7. Gunakan Call to Action yang Menggoda

CTA merupakan elemen akhir untuk menggoda calon pembeli untuk segera melakukan aksi. Misalnya mendaftar, membeli, membagikan dan sebagainya. Jadi usahakan untuk membuat CTA yang menarik dan menggoda.

Itulah pengertian landingpage beserta trik optimasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, anda dapat meninggalkan komentar di bawah ya.

Leave a Reply