Apakah saat ini kamu sedang menjalankan bisnis tapi masih sepi pelanggan?. Sebenarnya apa sih penyebab daganganmu sepi pembeli? Iya, mungkin saja memang dalam bisnis tidak selalu laris setiap saat, apalagi saat awal merintis usaha. Tapi jika sudah berlangsung lama tapi masih sepi pelanggan, hendaknya kamu juga perlu tahu penyebab danganganmu sepi.
Kamu dapat melakukan evaluasi terhadap bisnis kamu agar memahami apa yang menjadi faktor dagangan menjadi sepi. Umumnya, beberapa hal berikut ini yang menjadi penyebab dagangan sepi pelanggan.
1. Harga Jual Tidak Wajar
Penyebab dagangan sepi pertama adalah pada harga. Jika harga yang ditawarkan terlalu mahal atau terlalu murah, seseorang menjadi ragu dan enggan membelinya.
Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan harga yang dipasang. Kamu bisa menyesuaikannya dengan harga pasaran untuk produk tersebut, tentunya dengan perhitungan pasti dari biaya produksi hingga distribusi.
2. Salah Target
Salah menentukan target pemasaran bisa menjadi salah satu penyebab dagangan sepi. Jika hal ini terjadi, kamu harus memahami terlebih dahulu kelompok seperti apa yang ingin disasar, apakah mahasiswa, pekerja, pelajar, atau demografi lainnya.
Kamu juga harus memahami apakah dagangan yang ditawarkan sesuai kebutuhan target pemasaran tersebut. Dengan demikian, penjualan akan terlaksana dengan efektif dan mengalami peningkatan
3. Pelayanan Buruk
Penyebab dagangan sepi lainnya adalah adanya pelayanan yang tidak memuaskan. Pelayanan adalah hal pertama yang sampai pada konsumen. Jika pelayanan yang dilakukan baik, ramah, dan informatif, pelanggan tidak akan segan untuk kembali lagi atau merekomendasikan dagangan kamu.
Namun, apabila, pelayanan yang diberikan tidak bekerja secara semestinya, pelanggan menjadi kecewa dengan dagangan tersebut, walaupun sebenarnya produk yang dijual tidak menjadi masalah. Maka dari itu, perlu adanya peningkatan pelayanan kepada konsumen agar terhindar dari kekecewaan ini.
4. Perubahan Trend Jual Beli
Alasan berikutnya adalah karena terjadinya perubahan tren dan lingkungan. Tidak dapat dipungkiri, keduanya berkesinambungan antar satu sama lain. Beberapa bidang usaha dipengaruhi oleh tren di sekitarnya. Terkadang, adanya tren baru membuat yang kebiasaan lama ditinggalkan.
Di sisi lain, lingkungan juga menjadi faktor penyebab dagangan sepi. Dalam konteks ini, lingkungan bisa mencakup hal yang luas, mulai dari lingkungan alam hingga sosial. Hal ini berpengaruh kepada bidang usaha tertentu, seperti contohnya bidang usaha makanan.
5. Lokasi Tidak Strategis
Bagi pelaku usaha yang memiliki toko offline, lokasi juga menjadi penentu ramai atau sepinya dagangan. Hal ini karena lokasi menjadi salah satu poin yang menjadi keputusan pelanggan untuk pergi ke toko tersebut atau tidak.
Jika, toko terletak di lokasi strategis, pelanggan akan menyambangi tempat tersebut dengan mudah. Namun, jika toko tersebut terletak di lokasi yang sulit dikunjungi, pelanggan akan merasa malas untuk mengunjunginya, kecuali toko tersebut berada di dekat daerah tempat tinggalnya dan sudah hafal dengan lokasi tersebut.
Nah, itu tadi beberapa kemungkinan penyebab dagangan kamu menjadi sepi pembeli. Jadi, bagi kamu para pelaku usaha harus gerak cepat untuk melakukan usaha dan melakukan inovasi yang kreatif.
Baca Juga :
Tanah Abang Sepi, Apa Penyebabnya?
Ancaman Projek “S” TIKTOK Bagi UMKM Lokal. Pebisnis Harus Baca Ini!