Bisnis dari skala kecil hingga besar pasti membutuhkan customer atau pelanggan. Tanpa mereka, bisnis tidak akan berjalan lancar. Selain menjual produk dan menyediakan jasa, ada satu aspek lagi yang penting yaitu meningkatkan loyalitas pelanggan. Untuk menjaga agar mereka tetap loyal, bisni memiliki tim customer service. Platform Loops akan membantu agar setiap cs menerima traffic yang sama. Tujuannya adalah pelanggan memperoleh layanan efektif dari tim tanpa adanya delay atau gangguan. Berikut ini beberapa cara jitu agar pelanggan tetap loyal.
Lebih Lanjut Tentang Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
1. Impresi pertama
Saat pertama melakukan jualan online, impresi pertama sangat penting. Tujuannya adalah menarik para potential buyer dan customer. Setelah itu, bisnis berusaha mengubah ketertarikan mereka menjadi transaksi. Semakin menarik suatu produk maka peluang pelanggan membelinya juga besar.
2. Customer service
Selanjutnya, cara agar pelanggan loyal adalah customer service. Sejak era bisnis modern, inilah senjata ampuh untuk memastikan mereka datang lagi membeli produk atau memakai jasa. Disisi lain, cs yang baik merupakan cerminan dari bagaimana perusahaan dan bisnis memberikan layanan kepada customer.
Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, prosedur kelola cs harus efektif. Setiap cs mengerti tugas dan tanggung jawab serta menerima beban kerja yang seimbang. Tidak ada lagi cs yang terlalu sibuk karena menerima lebih banyak customer. Untuk mencegah hal tersebut, bisnis membutuhkan Loops
3. Diskon dan potongan harga
Bisnis online merupakan pasar bebas dengan banyak kompetitor. Banyak pelanggan yang bersifat rasional yaitu membandingkan harga. Agar mereka membeli kembali, berikan diskon atau potongan harga untuk pembelian produk kedua dan selanjutnya. Cara promosi memakai iklan yang relatif masif.
4. Bonus pembelian
Bonus pembelian juga sering dipakai agar pelanggan tetap loyal. Mereka tertarik membeli sesuatu dan apa yang mereka terima lebih dari harga yang dibayar. Misalnya, toko fashion menambahkan aksesoris untuk pembelian pakaian tertentu.
5. Inovasi produk dan jasa
Inovasi merupakan kunci untuk bertahan di bisnis online dan digital. Para pemilik toko online sering membuat produk baru dengan fitur dan kapabilitas lebih baik. Tentu saja, inovasi yang dimaksud sesuai dengan kapasitas dan kemampuan. Jika produk atau jass baru tidak mungkin tersedia, pilihannya adalah memperbaiki sistem dan layanan. Perubahan yang efisien justru menjaga customer untuk selalu datang kembali.
6. Kartu anggota
Kartu anggota juga dapat dipakai sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Contohnya adalah bisnis berbasis retail dan minimarket. Tim marketing membuat program seperti bonus yang hanya berlaku bagi member. Bagi yang tertarik, para customer segera mendaftar dan memiliki kartu.
Beberapa waktu selanjutnya, promo kembali tersedia dan hanya untuk member. Mereka telah terdaftar dan segera tertarik mengikuti promo tersebut. Dengan cara seperti ini, pelanggan terikat sebagai member dan bersedia membeli di tempat yang sama.
Strategi ini tidak hanya untuk bisnis besar. Para umkm dapat melakukannya. Skalanya mungkin masih kecil tetapi berpotensi mengalami peningkatan. Dengan kartu tersebut, bisnis mengerti apa yang dibutuhkan lalu menggunakannya sebagai data saat membuat inovasi produk.
7. Hadiah dan reward
Selain kartu member, hadiah dan reward juga dapat diberikan. Misalnya, pemilik kartu melakukan belanja rutin lalu menerima poin. Jika sudah mencapai batas tertentu, mereka menukarnya dengan hadiah. Ini adalah cara klasik yang masih efektif di era digital.
Pelanggan yang loyal merupakan aset berharga. Dari penjelasan diatas, beberapa cara tersedia untuk meningkatkan loyalitas. Satu hal yang tidak boleh lupa adalah divisi yang berhubungan langsung dengan mereka yaitu customer service. Agar pengelolaannya lebih optimal dan efisien, bisnis perlu platform seperti Loops yang mampu memberikan hasil terbaik.