KPI atau key performance indicator merupakan rangkaian indikator yang merupakan kunci dalam sebuah kinerja bisnis online yang memiliki sifat terukur. KPI merupakan indikator dalam kesuksesan sebuah bisnis dengan melakukan pemantauan di setiap minggu atau setiap bulan secara konsisten. Loops berperan juga dalam menjalankan sebuah bisnis secara online.
Apa Saja KPI yang Paling Fundamental yang Wajib Diterapkan dalam Bisnis?
Membangun sebuah bisnis secara online tidak hanya sekedar upload atau posting produk dan menerima penghasilan saja, namun juga harus menerapkan beberapa KPI berikut sehingga Anda mengetahui seperti apa progress kinerja dalam bisnis yang Anda bangun.
1. NPS atau Net Promoter Score
KPI NPS adalah indikator yang dinilai paling krusial dalam masa depan sebuah bisnis umkm. Angka NPS mengacu pada tingginya keinginan customer ketika memberikan rekomendasi suatu produk kepada para kerabat atau teman-temannya. Rentang angka NPS 1-10 dapat memperlihatkan loyalitas dan kepuasan customers.
Semakin tinggi angka NPS, maka semakin tinggi pula kepuasan customers terhadap produk bisnis tersebut. Customers akan ikut mempromosikan produk dari toko online yang direkomendasikannya kepada para kerabat atau teman-temannya. Bisnis online yang memiliki angka NPS tinggi, maka traffic penjualannya akan terus meningkat.
2. Sales Revenue
Kesuksesan sebuah bisnis bisa diukur melalui KPI sales revenue karena ukuran KPI ini dinilai sebagai ukuran yang paling fundamental. Standar acuan atau benchmark dari sebuah angka pertumbuhan revenue di dalam beranekaragam bisnis di tanah air yakni sekitar 10%. Kesuksesan tersebut juga terbantu dengan adanya loops.
Bisnis jualan online yang dianggap sehat adalah apabila pertumbuhan sales revenue mencapai lebih dari 10%. Kinerja dalam sebuah bisnis dinilai telah mencapai kesuksesan jika sales revenue mengalami peningkatan di atas 20% per tahunnya, bahkan lebih. Bisnis yang berada pada fase high growth biasanya akan mengalaminya.
3. Quality Product Score
KPI ini masuk dalam tipe KPI leading indicator yang mana perannya adalah mencapai KPI NPS dan sales revenue. KPI Quality Product Score dapat diterjemahkan sebagai product reject rate atau product defect rate. Semakin rendah angka KPI ini maka malah semakin bagus bisnisnya.
Rentang angka KPI quality product score adalah dari 1-100%. Jangan terkecoh dengan angka defect 1% karena justru angka tersebut terbilang buruk. Hal ini dapat dipengaruhi dari bagaimana owner bisnis mengelola tim quality control sehingga layak atau tidaknya produk ada di tangan mereka.
4. Profit Margin
KPI ini merupakan pelengkap dari KPI sales revenue karena keduanya saling berkaitan satu sama lain. Profit margin adalah besaran persentase pendapatan laba yang didapatkan setelah pemotongan berbagai biaya. Standar acuan setiap bisnis berbeda-beda tergantung dari produk apa yang dijualnya.
Sebagai contoh, ketika sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang produk digital dan bisnis berjualan aplikasi winning campaign, maka profit margin yang didapat cukup besar yakni sekitar 60-70%. Dalam hal ini, sales revenue yang tinggi tidak akan berarti apa-apa jika profit marginnya nol bahkan jika mencapai minus.
Oleh karena itu, beberapa KPI di atas wajib Anda terapkan di dalam menjalankan sebuah bisnis secara online. KPI berperan penting dalam bisnis karena progress kinerja dalam bisnis beserta langkah improvement apa yang tepat Anda ambil sebagai prioritas kerja dapat Anda ketahui. Jangan lupa juga untuk menggunakan loops dalam menjalankan suatu bisnis.