5 Teknik Psikologi dalam Berjualan

5 Teknik Psikologi dalam Berjualan

loops.id
loops.id

Psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Di dunia marketing modern, psikologi dapat dimanfaatkan untuk keperluan marketing. Dengan mengetahui tips dan trik ilmu psikologi, maka anda berpeluang untuk mengubah orang menjadi minat dan membeli produk yang anda tawarkan.

Bagaimana Cara Mempengaruhi orang agar menjadi Pembeli?

Caranya cukup mudah, anda perlu sedikit memperdalam ilmu psikologi. Namun, apakah harus kuliah jurusan psikolog? tentu tidak. Kali ini admin akan memberikan trik psikologi tersebut secara gratis.

Dengan mempelajari materi ini, anda akan dapat menumbuhkan minat beli para calon pembeli. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini…

1. Trik Kontras

Pada dasarnya manusia akan tertarik pada sesuatu yang berbeda dan menonjol dari sesuatu di sekitarnya. Salah satunya melalui media visual. Trik ini biasanya banyak dilakukan oleh perusahaan ecommerce. Trik yang dilakukan yaitu menggunakan elemen visual yang kontras agar pengguna mau mengklik tawaran yang di tampilkan. Misalnya seperti Icon Flashsale yang mencolok, harga coret yang besar dan sebagainya.

Anda dapat menerapkan trik-trik seperti ini pada sesuatu yang ingin anda tonjolkan, misal diskon, produk unggulan dan sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menerapkan trik ini pada desain-desain banner iklan anda agar menarik orang untuk berhenti scroll sejenak dan mengklik iklan anda.

2. Social Proof

Teknik ini merupakan teknik dalam memanipulasi orang yang pada dasarnya memiliki mental pengikut. Contohnya seperti si Rishal yang membeli produk A karena temanya juga membeli produk tersebut. Contoh lainya yaitu Tini yang membeli sebuah kasur, dia memutuskan membelinya di toko A karena toko A memiliki rating paling tinggi dan paling laris, walau harganya lebih tinggi dari toko lain.

Nah disini anda dapat memanfaatkan hal-hal lainya seperti menambahkan badge Terpopuler, Terlaris, Termurah, Terdekat dan Hal paling Ter lainya.

3. Terbaru

Sejak dilahirkan, manusia memang memiliki sifat alami ingin sesuatu yang baru. Misalnya seorang anak kecil yang ingin membeli sepatu baru yang sedang trend di kalangan teman-temanya. Begipun ibu sosialita yang ingin membeli tas baru limited edition untuk di pamerkan ke temanya di acara arisan.

Nah, sifat inilah yang kita bisa manfaatkan. Kita dapat mempengaruhi calon pembeli kita dengan mengeluarkan produk menggunakan embel-embel terbaru, limited edition, dan sebagainya.

Cara ini terbukti efektif untuk mendongkrak branding dan penjualan. Buktinya cara ini masih dipakai oleh brand-brand ternama di seluruh dunia.

4. Kemudahan bagi simalas

Pernahkan anda merasa malas ketika membeli produk dengan varian yang sangat banyak? Anda bingung untuk membanding-bandingkan dan akhirnya tidak jadi membeli. Ya, maka dari itu anda dapat memanfaatkan sebuah kebiasaan ini.

Dalam menawarkan produk, usahakan anda selalu untuk menawarkan kemudahan. Misalnya seperti Kemudahan order, tombol yang tidak terlalu banyak, varian produk yang sedikit dan sebagainya.

Kebanyakan brand besar hanya merilis varian produk 2 atau 3 buah pada masing-masing seri. Itu bertujuan agar calon pembeli tidak bingung dan malas membandingkan. Jadi, mulai sekarang, utamakanlah prinsip Simplify the Choice.

5. Limited itu Menawan

Teknik ini sudah di singgung pada point ketiga. Nah disini akan kita bahas lebih lanjut. Karena manusia suka yang ekslusif dan terbatas, maka anda bisa menerapkan konsep ini pada produk anda. Biasanya, orang-orang rela membayar berapapun agar mereka mendapatkan barang limited yang mereka inginkan.

Selain konsep limited edition, ada juga konsep limited time offer. Yaitu Teknik menjual dengan memberikan batas waktu tertentu hingga akhirnya penjualan ditutup. Orang-orang pada dasarnya takut kehilangan sesuatu atau sebuah kesempatan.

Maka dari itu, anda bisa menerapkanya pada teknik penjualan anda. Misal “Order Sekarang, Dapatkan diskon 90%, hanya sampai jam 12 hari ini”.

Nah, itulah beberapa trik psikologi dasar untuk mendongkrak omzet dan penjualan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply