2023 Sudah Mau Berakhir. Ikuti 5 Cara Evaluasi DIri Ini Agar Tahu Pencapaian Kamu

2023 Sudah Mau Berakhir. Ikuti 5 Cara Evaluasi DIri Ini Agar Tahu Pencapaian Kamu

loops.id

Tidak terasa 2023 sudah sampai di ujungnya. Jika kita melihat ke belakang, rasanya banyak hal yang sudah dilakukan. Baik buruknya, berhasil gagalnya semua sudah berhasil kita lakukan. Meski masih saja ada rasa penyesalan dan mengeluh saat apa yang kita inginkan tidak tercapai, tapi menatap tahun 2024 yang sudah ada di depan mata sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Bukan terus menerus mengingat untuk membangkitkan luka, tapi melakukan evaluasi untuk membantu kita bangkit dan bersiap menyusun mimpi baru di masa depan. Lalu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengevaluasi diri agar tak banyak mengeluh di akhir tahun ini?

1. Cari Tahu Keberhasilan dan Kegagalan Yang Kamu Alami

Sebelum tahun berganti, ada baiknya kamu ingat kembali keberhasilan dan kegagalan apa saja yang kamu sudah pernah capai. Tak harus yang dirayakan sampai menghasilkan uang. Tak perlu juga yang sampai membuatmu bersedih hingga menyalahkan diri sendiri.

Berhasil atau gagalnya kamu, semua adalah pelajaran yang bisa menjadi modalmu di masa depan. Kamu akan belajar cara saat kamu berhasil dan belajar sikap saat kamu gagal. Jika salah bisa segera kamu perbaiki, jika benar bisa terus kamu kembangkan.

2. Cari Tahu Siapa Saja Yang Membuatmu Tersenyum hingga marah

Dalam keberhasilan dan kegagalan yang pernah kamu alami, tentu ada orang yang turut berpengaruh dalam setiap perjalananmu. Bukan bermaksud menyalahkan mereka saat kamu gagal, tapi di sini kamu harus bisa memiliki hati yang lapang untuk memaafkan semuanya, termasuk dirimu sendiri.

Ingatlah siapa saja mereka yang sudah membantumu. Sedikit atau banyak peran mereka, kamu tetap harus berterima kasih karena sudah dibantu menyelesaikan apa yang harus kamu selesaikan. Makhluk sosial kamu tentu membutuhkan orang lain untuk membantumu.

Di tahun depan, berjanjilah pada dirimu sendiri untuk lebih sering berterima kasih kepada diri sendiri maupun orang lain yang sudah membantumu. Jangan malu untuk meminta maaf saat kamu salah. Tahun depan berjanjilah untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

3. Tidak Menggapai Mimpi Bukan Berarti Kamu Gagal

Di tahun ini tentu ada banyak mimpi yang kamu tuliskan dan kamu ingat sepanjang tahun. Saking semangatnya kamu mungkin lupa untuk menuliskan kemungkinan apakah mimpi itu realistis atau benar-benar hanya mimpi bagimu.

Jika tak berhasil menggapainya, jangan menyerah. Kamu hanya perlu melihat apa yang membuatmu tak berhasil menggapai mimpimu itu. Dan sudah pasti ada banyak mimpi bahkan yang tidak sempat kamu tuliskan yang sudah berhasil kamu capai.

Mimpi bukan hanya tentang ingin ini dan itu, tapi menjadi ini dan itu. Bertahan sampai hari ini adalah mimpi yang luar biasa yang sudah berhasil kamu gapai. Beri apresiasi terbaik untuk dirimu yang sudah bertahan dan berjuang sampai hari ini.

4. Buat Resolusi Untuk Tahun Depan

Jika sudah kamu ingat dan perbaiki semua di masa lalu, kini saatnya kamu ingat betapa indahnya masa kini dan bersiap untuk masa depan. Jangan takut menyusun kembali mimpi baru dan menuliskan kembali mimpi lama yang mungkin belum tuntas kamu capai. Mimpi tidak berhenti hanya saat kamu sudah mencapainya. Kamu harus terus berkembang hingga kamu punya mimpi yang lebih besar lagi.

Tuliskan apa keinginan dan goalsmu di tahun depan. Untuk dirimu sendiri, keluarga, sekolah, karir, hingga mimpi untuk urusan asmaramu. Selagi kamu hidup kamu tetap punya banyak kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik.

Menuliskan mimpi membuatmu semakin bersemangat dalam menggapainya. Tanpa kamu sadari, kamu seolah mendapatkan energi yang luar biasa untuk terus berjuang menggapainya. Gagal? Coba lagi!

5. Jangan Lupa Bersyukur

Mengeluh kadang menjadi sebuah kebutuhan agar kamu bisa sedikit lebih lega karena kegagalan yang kamu alami. Tapi saat kamu mengeluh coba ingatlah bagian dari keberhasilan yang pernah kamu alami. Kamu akan lebih banyak bersyukur darinya.

Mengeluh boleh saja tapi jangan menyerah apalagi saat kamu belum mencoba untuk kedua kalinya. Bersyukurlah karena kamu sempat gagal dan belajar darinya. Jika kamu langsung berhasil, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi sombong dan lupa caranya bersyukur.

Tahun baru, semangat baru! Evaluasi dirimu dengan cara di atas untuk kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply