Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Winning Campaign

Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Winning Campaign

loops.id
loops.id

Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Winning Campaign

  • Bagaimana Jika Kita Membiarkan Iklan FB Ads Berjalan dengan Settingan yang Sama Terus Menerus?

Pernah dengar istilah “set & forget” ads?

Terasa belum tapi sepertinya kamu pernah melakukan set & forget (pasang ads lalu lupakan) betul?

Mungkin sebagian dari kita sangat umum pernah melakukan seperti hal ini. Namun apakah hal ini baik?

Kenyataannya tidak semanis itu. Beberapa jenis campaign memang bisa dibuat set & forget, tapi 90% iklan Facebook di luar sana, NGGAK. Itulah kenapa saya bukan tipikan orang yang “Big Fan Of Winning Campaign Mindset,”

melainkan “Winning System.” Kalau kamu merasa mencari winning campaign itu sulit, maka ketika sudah dapat, akan “dieman-eman”, disayang-sayang, dalam artian takut mengubah ini dan itu. Bener apa bener?

Akhirnya pada saat terjadi “hari yang dijanjikan” oleh Facebook, kita kaget dan bingung harus ngapain? “ada yang pernah gini?”

Ya bener sih SET AND FORGET.. AND DIE.

Salah satu diantara bagian dari winning system adalah sistem pengambilan keputusan KAPAN iklan kita harus diperbaiki dan diganti.

Kalau Anda bisa membaca metrics, lalu taat dengan metrics yang sudah Anda sendiri buat, maka itulah hakimnya. Lakukan refreshment. Apa yang harus di refresh?

  • Targeting
  • Image/video
  • Ads copy
  • Bahkan mungkin.. Angle
  • Atau mungkin… Advertisernya

Lho kok kayaknya, semuanya mas?

Ya memang hampir semuanya. Itulah kenapa jangan baper-baper amat dengan winning campaign.

Pertanyaan kedua dibawah ini sering muncul bagi pengguna set and forget and die.

· Kenapa iklan Facebook tiba-tiba anjlok (biayanya mahal & sedikit ATC)?

Setiap hari iklan kita dinilai oleh facebook. Mereka menggunakan 1-day conversion window untuk melakukan penilaian. Ingat ya, “1 Hari”. Bukan “28 Hari” atau lebih.

 

Artinya, ada kemungkinan iklan kita bisa busuk keesokan hari secara tiba-tiba. Kalau besok ada gelombang iklan yang sama di niche kita, atau ada big brands lagi buang uang, ya wassalam tutup sudah hayat-mu. Mungkin tergusur. Mirip dengan SEO yang pagenya berubah di baris bawah bahkan page rendah. Traffic Kamu bisa hilang dalam hitungan hari kalau secara fundamental kurang kuat.

Iklan yang sudah terlalu lama, akan mengalami saturasi. Yang melihat itu-itu saja. Berputar di orang yang sama. Tidak akan diperbesar lagi oleh facebook karena facebook secara prinsip tidak akan menyebarkan iklan yang “buruk”. Kira-kira begini lingkaran setan-nya.

Dengan lingkaran setan seperti ini, kita harus sering-sering putar otak, berani ambil resiko kapan harus memperbaiki ads copy, kapan harus mengganti video -imagenya, angel, kapan memperbaharui customer audience nya. Yakinlah setiap ads itu bisa MATI. Selayaknya kita sebagai makhluk hidup pun juga akan MATI

Begitu iklan Kamu hancur berkeping-keping, coba ingat pesan ini. “Lebih Baik Mencoba Lalu Gagal atau Bahkan Bisa Berhasil, daripada Tidak Pernah Berbuat Apa-Apa Namun Selalu Merasa Benar”

 

· Bagaimana agar Kita Selalu Menemukan Winning Campaign?

“Ingat winning campaign itu diciptakan dengan by design system – bisa jadi hari ini iklan kita menemukan winning campaign nya namun 5 hari kemudian konversi penjualan menjadi turun dan tidak sesuai data ATC”. Maka kamu perlu lagi

Pahami Jenis Iklan Apa yang mau Kamu Target

Sumber Foto Scaleup.club

Sebagai ilustrasi, coba bayangkan kamu seorang penjual tahu bulat keliling dengan suara speaker yang cukup viral. Ketika orang penasaran dengan suara ramai dari mobil kamu. Maka saat itulah iklan kamu berhasil menciptakan kerumunan, rasa penasaran dan ketertarikan orang dan langsung membeli.

Sama halnya pada FB ads kami ilustrasikan dengan gambar tujuan kampanye

Bahasa mudahnya jenis tujuan iklan dibagi menjadi tiga; yaitu yang berada paling kiri (Kesadaran) merupakan market cold (dingin) belum pernah atau jarang melakukan interaksi atau bahkan kunjungan di website melalui klik tombol.

Tujuan iklan yang berada ditengah-tengah (pertimbangan) merupakan market yang sudah warm (hangat) tentu meraka orang-orang yang sudah sangat sering melakukan like, share ads (merekomendasikan kepada temannya tentang ads kita), atau bahkan memang orang-orang yang sedang ingin mencari tahu lebih lanjut tentang usaha kita. Karena itu mereka rela memberikan data diri mereka dengan mengisi formulir (leads ads)

Tujuan iklan yang berada dipaling kanan (Konversi) merupakan market yang sudah hot (panas) artinya memang mereka sedang membutuhkan atau mencari produk yang sedang kita jual.

Catatan Perlu dicoba untuk menemukan winning campaign cobalah menjalankan iklan interaksi atau lalulintas kunjungan untuk mendapatkan interaksi share, comment dan like dari calon konsumen. Lalu audience tersebut dishare ulang dengan iklan konversi ataupun dengan mempersempit jaungkauan dengan LLA (look like Audience). Pengujian split test juga perlu agar kamu benar-benar mengetahui kalau konsumen kamu adalah orang-orang yang masih perlu di awareness kan dengan produk-mu, atau sudah paham dengan produk kamu atau bahkan memang produk-mu sudah dikenal dan mudah untuk melakukan konversi,

Selamat Mencoba, Salam Manfaat

 

Leave a Reply