Pentingnya SOP Pelayanan Cepat Tanggap untuk Customer Service

Pentingnya SOP Pelayanan Cepat Tanggap untuk Customer Service

Tim customer service seolah menjadi ujung tombak kesuksesan sebuah bisnis umkm. Mereka memiliki peranan penting dalam menghandle segala keluh kesah, masukan, hingga kritik yang diberikan oleh konsumen. Selain itu, mereka juga menghandle pemesanan yang dilakukan oleh konsumen sampai mencapai winning campaign dan deal untuk membeli. Kinerja CS dapat dikelola menggunakan Loops.

Inilah Pentingnya SOP Pelayanan Cepat Tanggap untuk Customer Service

Jobdesk tim CS yang harus bersinggungan dengan konsumen secara langsung membutuhkan mental yang kuat sehingga pemilik bisnis harus mengelola tim dengan selalu mendorong semangat mereka agar tidak mudah stres. Tim CS pun harus pintar menarik perhatian calon konsumen dengan bahasa yang persuasif supaya produk banyak terjual dan CS mampu memenuhi target harian penjualan.

Untuk membangun tim CS yang solid, dibutuhkan SOP Pelayanan Cepat Tanggap supaya bisnis yang dijalankan mampu bertahan lama. Tanpa adanya SOP tersebut, bisnis dapat mengalami kemunduran dan menyebabkan traffic penjualan semakin turun hingga bisnis bangkrut. Oleh karena itu, ulasan berikut memperlihatkan bahwa SOP tersebut sangat penting untuk tim CS.

1. Untuk mendukung pelayanan

Adanya SOP Pelayanan Cepat Tanggap dapat mendukung pelayanan tim CS terhadap konsumen sesuai ketentuan dan peraturan sebuah bisnis. Setiap bisnis memiliki SOP yang berbeda-beda. SOP tersebut harus ditaati oleh semua karyawan maupun pemilik bisnis. Dalam hal ini, SOP berfungsi sebagai pedoman dan acuan dalam pekerjaan.

Tim CS bertugas melayani konsumen yang melakukan pemesanan di toko online pada bisnis yang Anda rintis. Mereka akan melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP yang berlaku. Semua pedoman, acuan, prosedur, serta instruksi kerja semuanya ada di dalam SOP sehingga sebelum seorang karyawan mulai bekerja harus membaca dan memahami dengan benar.

2. Untuk meningkatkan penjualan

Setiap CS diberikan target penjualan di setiap minggu atau bulan, tergantung dengan kebijakan perusahaan. Tidak bisa dipungkiri bahwa skill utama yang harus dimiliki seorang CS adalah ‘kemampuan komunikasi yang bagus’. Mereka harus bekerja dalam melayani konsumen dari bisnis jualan online yang dimiliki oleh pemilik bisnis.

Jika mereka bekerja melebihi target penjualan, maka pemilik bisnis biasanya akan memberikan reward berupa bonus kinerja. Loops berperan penting dalam mengelola kinerja para CS sehingga setiap CS mendapatkan pekerjaan yang sama rata dan seimbang, tidak ada yang terlalu banyak mendapatkan job maupun terlalu sedikit mendapatkan job.

3. Untuk meningkatkan kualitas kinerja CS

Pelayanan yang cepat dan tanggap adalah goal dari jobdesk CS. Di dalam SOP pasti disebutkan bahwa seorang CS yang berkualitas pasti akan memiliki skill mumpuni dalam melayani konsumen dengan ceoat dan tanggap. Hal ini didasarkan pada bagaimana strategi yang diterapkan oleh seorang pemilik bisnis dalam mengelola tim bisnisnya.

Apabila seorang CS mampu memahami isi SOP dengan benar, maka kinerjanya akan sesuai dengan prosedur dan instruksi yang telah ditulis di dalamnya. Dengan kualitas kinerja CS yang berkualitas, maka traffic penjualan akan semakin meningkat dan bonusnya adalah brand bisnis Anda akan semakin dikenal masyarakat luas.

Hal-hal di atas memperlihatkan pentingnya SOP Pelayanan Cepat Tanggap yang harus dipahami oleh customer service supaya bisnis online dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala. Dalam mengelola CS, Anda bisa menggunakan https://loops.id/ supaya kinerja CS dapat selalu dipantau dan terlihat CS mana yang bekerja paling giat.

Leave a Reply