Mengenal Sosial Media Spesialis, Profesi Yang Paling Diminati Di Tahun 2023

Mengenal Sosial Media Spesialis, Profesi Yang Paling Diminati Di Tahun 2023

loops.id
loops.id

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Social Media Specialist. Profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Hal ini karena perkembangan social media yang begitu pesat. Dampak yang dirasakan tidak hanya untuk aktivitas keseharian saja, tetapi juga untuk aktivitas bisnis.

Di tahun 2023 ini karena aktifitas yang dilakukan secara digital semakin banyak, maka mau tidak mau sebuah bisnis harus memiliki setidaknya satu dari sekian banyaknya platform social media. Untuk benar-benar bisa memaksimalkan platform tersebut, tentu tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Ada keahlian khusus yang dibutuhkan dan hanya bisa dikerjakan oleh seorang Social Media Specialist.

Apa sih sebenarnya Social Media Specialist? Apa fungsinya dan apa saja skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Social Media Specialist? Temukan jawabannya pada artikel ini.

Pengertian Sosial Media Spesialis

Social Media Specialist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat,memposting dan mengelola konten di seluruh sosial media perusahaan. Tujuannya untuk membangun brand awareness, meningkatkan foloower/audiens, dan secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan barang/jasa.

Tugas Social Media Specialist

Berikut beberapa job desk seorang sosial media spesialis :

  • Mengembangkan konten media sosial perusahaan yang sesuai dengan brand identity perusahaan
  • Membuat kalender editorial yang berisi rencana konten dan mengkoordinasikannya kepada desainer dan copywriter
  • Berkolaborasi dengan departemen lain seperti sales dan marketing untuk membuat kampanye pemasaran di sosial media
  • Harus selalu up-to-date dengan tren, teknologi, dan info terkini
  • Mengembangkan dan mengoptimasi sosial media atau halaman perusahaan di setiap platform untuk meningkatkan visibilitas perusahaan
  • Menganalisa data sosial media dan mempersiapkan laporan perkembangan sosial media suatu perusahaan
  • Memberi saran untuk strategi pemasaran sosial media
  • Memberikan arahan dan petunjuk kepada tim desain untuk pembuatan konten yang sudah direncanakan
  • Mencari dan memberi rekomendasi untuk KOL/Influencer yang cocok dengan brand perusahaan
  • Bertanggung jawab untuk komunitas akun sosial media dan berkomunikasi dengan followers di media sosial
  • Melakukan riset mendalam terhadap tren, kompetitor, konten, dan lain sebagainya
  • Mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi media sosial
  • Merencanakan, membuat, mempublikasikan, hingga membagikan konten terbaru setiap harinya untuk membangun hubungan dengan customer, meningkatkan brand awareness, bahkan hingga mendatangkan conversion
  • Berkolaborasi dengan berbagai tim, seperti sales, marketing, dan creative design untuk membuat dan mengembangkan kampanye media sosial
  • Melakukan analisa dan evaluasi terhadap campaign yang telah dilakukan untuk perbaikan konten selanjutnya

Kontribusi Sosial Media Spesialis Terhadapat perusahaan

Keberadaan sorang social media specialist dalam perusahaan adalah sangat penting, berikut beberapa manfaat adanya seorang atau beberapa orang yang ahli dalam sosial media :

1. Memahami Profil Audiens dengan Baik
Kehadiran social media specialist bagi bisnis atau perusahaan dapat membantu kinerja di bidang promosi menjadi lebih baik. kamu dapat mengetahui siapa saja orang yang tertarik dengan produk maupun layanan bisnis kamu secara lebih mudah, karena social media specialist yang melakukan pengumpulan data. 

Biasanya, data-data yang dikumpulkan terdiri atas berbagai macam informasi, seperti gender atau jenis kelamin, jenis pekerjaan, usia, hobi, sampai dengan domisili. Data pribadi yang tercantum di akun media sosial audiens ini, kemudian dijadikan sebagai database perusahaan. 

Dengan melakukan data analisis terkait demografi audiens, kamu bisa mengatur strategi digital marketing terhadap audiens secara lebih tepat sasaran. Database yang sudah dikumpulkan juga dikelompokkan dalam kategori tertentu untuk lebih memudahkan saat retargeting dan remarketing di kemudian hari.

2. Memiliki Kalender Postingan Konten Yang Terjadwa Rapi

Dengan hadirnya seorang social media specialist, akun media sosial perusahaan dapat dikelola lebih aktif dan dengan konten yang interaktif serta unik. Tujuannya, agar konten-konten di media sosial bisa menarik perhatian lebih banyak audiens. Social media specialist bertanggung jawab penuh terhadap konsep konten yang ingin ditampilkan, termasuk jadwal posting konten. 

3. Branding Lebih Maksimal
Dengan memiliki social media specialist ,konsep branding akan lebih profesional sesuai kondisi audiens yang ada. Mereka harus melakukan survei khalayak terlebih dahulu untuk mengetahui konten dan produk apa yang diminati pelanggan. Jika menyelenggarakan program promosi pun perlu disesuaikan dengan tren terkini. 

Inilah kenapa individu / tim yang berada dalam posisi ini sebaiknya memiliki pengalaman yang cukup, sehingga kinerja mereka dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang diharapkan dan kamu tidak perlu khawatir mereka tidak bekerja secara maksimal.

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk lebih memaksimalkan branding, bekerja sama saja dengan best digital marketing agency Indonesia. Mereka memiliki tim digital marketing strategist berpengalaman, termasuk di dalamnya ada tim social media specialist

Pengalaman dalam mengelola banyak brand membuat mereka lebih memahami strategi digital marketing yang bisa diterapkan dan cocok bagi brand kamu. Berkonsultasi, berdiskusi, bahkan berkolaborasi dengan tim digital agency bisa membantu kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas, campaign seperti apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan brand awareness.

4. Membantu Meningkatkan kerja Customer Support
Dalam kaitannya dengan operasional perusahaan, kehadiran customer support sangat penting. Customer support dapat menjadi jembatan antara perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan dalam menjalin komunikasi. 

Nah, kehadiran social media specialist di sini dapat membantu meningkatkan customer support bagi perusahaan. Social media specialist akan menjawab memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Tentu saja tidak secara langsung, melainkan memberikan data yang akurat dan detail kepada tim customer support sehingga bisa bisa mengambil tindakan lebih lanjut.

5. Menjadikan Kontrol Media Sosial Lebih Baik

Karena sudah menjadi tugas dari social media specialist untuk memberikan informasi, pemahaman, dan melayani pelanggan atau calon pelanggan di media sosial, maka reputasi brand kamu akan lebih terkontrol. Dengan kata lain, social media specialist menjadi bagian dalam melakukan kontrol terhadap komentar atau feedback audiens yang masuk ke akun media sosial perusahaan.

6. Lebih Hemat Waktu
Jika social media specialist mendapatkan briefing dengan benar dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya, kamu akan lebih hemat waktu dan tidak perlu kehilangan banyak  tenaga untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan promosi bisnis di media sosial. Tenaga dan pikiran kamu dapat difokuskan untuk melakukan hal lain, seperti pengembangan produk, atau invasi bisnis yang lebih besar lagi.

Itulah pembahasan singkat tentang sosial media spesialis yang WAJIB kamu ketahui. Untuk perkembangan suatu bisnis, apalagi bisnis di era digital, kehadiran social media specialist sangat penting dan tak boleh diremehkan. Jadi kamu berminat ingin menjadi social media specialist ?

Leave a Reply