Lagi Musim Durian Nih ! Cek Disini Manfaat Memakan Si Raja  Buah Ini Buat Kesehatanmu

Lagi Musim Durian Nih ! Cek Disini Manfaat Memakan Si Raja  Buah Ini Buat Kesehatanmu

loops.id

Durian memiliki rasa yang nikmat dan mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral. Durian menjadi salah satu buah yang unik yang di dalamnya juga terkandung serat, vitamin C, kalori, protein, thiamin, dan mangan.

Berikut Beberapa manfaat durian.

Mencegah penuaan dini

Khasiat ini terjadi berkat kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Cara kerjanya dengan menghalau paparan radikal bebas, termasuk pada kulit. 

 Menjaga kesehatan tulang

Kegunaan ini berasal dari magnesium dan potasium yang bekerja dengan menjaga kepadatan tulang. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari osteoporosis di masa depan.

Mencegah penyakit jantung

kandungan potassium di dalam durian bekerja dengan menurunkan lemak tidak sehat dan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, nutrisi tersebut juga menurunkan risiko penyakit hati yang disebabkan oleh penumpukan lemak di dalamnya. 

Selain itu, kandungan serat di dalam buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Mencegah diabetes

Penelitian dengan judul “Exotic fruits as therapeutic complements for diabetes, obesity and metabolic syndrome”,  yang dipublikasikan oleh Food Research International menyebutkan, mangan dalam durian dapat membantu menjaga kadar gula darah. 

Menurut studi di atas, durian mampu memperbaiki kurva respons insulin pada 10 pengidap diabetes. Selain itu, antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat memperburuk gejala diabetes.

Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat durian selanjutnya meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya yang bekerja sebagai antioksidan. Asupan itu membantu memerangi paparan radikal bebas dari polusi dan debu yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah depresi

Kandungan asam amino esensial triptofan di dalam durian bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Manfaatnya tak hanya meningkatkan kualitas tidur saja, tapi juga sebagai penstabil suasana hati. Hal ini berdampak pada penurunan kadar depresi dan kecemasan dalam tubuh.

Mengatasi disfungsi seksual

Manfaat durian yang terakhir adalah mengatasi disfungsi seksual. Khasiat ini terjadi karena adanya zat afrodisiak dalam buah yang berkerja dengan meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita.

Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Meski memiliki banyak kegunaan, sebaiknya jangan mengonsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol. Sebab, kandungan senyawa pada durian dapat mencegah enzim tertentu untuk memecah alkohol. Hal ini berdampak pada peningkatan kadar alkohol dalam darah. Dampaknya, mual, muntah, hingga jantung berdebar.

Jadi sudah makan durian hari ini?

Leave a Reply