Kunci Sukses Membuat Pelayanan Yang Fast Respon dan Membuat Banyak Closingan Dalam Bisnis

Kunci Sukses Membuat Pelayanan Yang Fast Respon dan Membuat Banyak Closingan Dalam Bisnis

loops.id
loops.id

Setelah sebelumnya sudah di bahas tentang pentingnya fast respon dalam pelayanan kepada costumer.  Maka kali ini pembahasannya adalah tentang  bagaimana cara sebuah bisnis bisa menerapkan teori fast respon tersebut.

Di latar belakangi oleh banyaknya keluhan bisnis owner atau admin/CS yang sulit sekali untuk fast respon saat melayani costumer karena banyaknya chat ataupun tugas ganda yang di lakoni nya. Simak beberapa cara berikut yang bisa kamu terapkan agar tetap selalu bisa fast respon dalam pelayanan.

1. Persiapkan Customer Support

kamu perlu menyiapkan sumber daya yang tepat dan tools yang efektif agar dapat merespon pelanggan dengan jauh lebih mudah dan cepat.

Kamu bisa menyediakan customer support lebih dari satu. Tergantung pada saluran penjualan yang digunakan. Dengan menyediakan berbagai customer support, kamu pun bisa menanggapi dan melayani pelanggan jauh lebih cepat agar semua pelanggan dapat ditanggapi secara efisien.

2. Persiapkan Fitur Live Chat

Dengan mengaktifkan fitur live chat, kamu bisa merespon pelanggan secara lebih mudah dan cepat. Kamu pun dapat menanggapi pelanggan selama 24 jam meski sedang tidak ada di tempat.

Live chat memberikan layanan dukungan pelanggan secara real-time. Jadi, pertanyaan atau pun kendala yang dihadapi oleh pelanggan bisa segera teratasi.

3. Persiapkan dan latih Karyawan untuk Cepat dan Tanggap

Dalam hal ini, kamu perlu melatih para karyawan sehingga bisa memberikan layanan secara fast respon. Pastikan kamu memberikan mereka pengetahuan yang cukup untuk menanggapi segala masalah pelanggan.

Berikan juga keterampilan dalam berkomunikasi yang baik dan ramah dengan para pelanggan.

4. Gunakan Chatbot untuk Meningkatkan Respon

Selain live chat, kamu juga bisa coba menggunakan fitur chatbot untuk meningkatkan respon kepada pelanggan yang menghubungi.

Chatbot akan bekerja otomatis dengan cara mengirimkan pesan template yang telah kamu atur sebelumnya. Jadi, pesan pelanggan bisa tetap ditanggapi dengan baik meskipun kamu atau karyawan tidak dapat membalasnya secara langsung.

Meskipun tanggapan otomatis yang dikirim oleh fitur chatbot tidak termasuk dalam tanggapan pertama dari brand, tetapi pelanggan akan merasa yakin bahwa masalahnya dapat diatasi.

Mereka pun tidak akan merasa gelisah untuk menunggu jawaban atau tanggapan dari chat yang dikirimkan. Sebab, chatbot sudah memberikan tanggapan secara otomatis kepada pelanggan.

5. Persiapkan Halaman FAQ

Tips selanjutnya untuk meningkatkan layanan pelanggan yang bisa kamu terapkan ialah dengan membuat halaman FAQ (frequently asked questions).

Biasanya, ada banyak pertanyaan umum yang ditanyakan oleh pelanggan. Nah untuk memberikan tanggapan cepat, kamu bisa menyusun pertanyaan dan jawaban tersebut dalam satu halaman FAQ.

Dengan begitu, pelanggan bisa menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Tanpa perlu repot memberikan pertanyaan langsung kepada kamu dan menunggu tanggapan.

Pelanggan akan menemukan jawaban yang efisien dan cepat untuk masalah mereka melalui halaman FAQ.

6. Gunakan Tools untuk Tingkatkan Layanan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan fast respon dalam melayani pelanggan ialah dengan menggunakan tools khusus.

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan ialah Loops.id. Di loops.id terdapat fitur wa rotator yang bisa membantu membagikan lead yang masuk secara mudah ke semua cs kamu. Jadi dengan adanya fitur ini kamu tidak perlu pusing lagi dengan chat yang menumpuk. Kmu bisa menambah cs kemudian loops.id akan membagikan trafik secara merata ke semua cs. menarik bukan ?

Itulah 6 tips yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu. Diharapkan dengan melakukan pelayanan yang serba cepat kepada pelanggan maka penjualan akan meningkat dan otomatis omset akan naik.

Leave a Reply