Bekerja menjadi seorang customer service bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan tersebut membutuhkan beberapa skill khusus yang mampu membuat pelanggan tertarik dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan oleh seorang cs. Kinerja cs dapat dipantau dengan menggunakan loops karena biasanya antara satu cs dengan cs lainnya mempunyai kemampuan berbeda-beda dalam bekerja.
Lalu Bagaimana Kiat Meningkatkan Skill Customer Service?
Bekerja sebagai cs dalam sebuah bisnis online membutuhkan kemahiran dalam melakukan closing dengan para pelanggan. Kesuksesan seorang cs dapat dinilai dari bagaimana cs tersebut mampu membuat pelanggan tertarik dan akhirnya membeli produk dari bisnis tersebut.
1. Menguasai informasi produk secara detail
Salah satu hal penting yang harus dipahami oleh seorang cs adalah penguasaan informasi produk secara detail. Cs harus benar-benar menguasai semua hal yang berkaitan dengan produk-produk yang dijual di dalam toko online. Dengan begitu maka customer service dapat menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait informasi produk dengan cepat dan tanggap.
Pastikan juga menjawab dengan jujur mengenai setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Sehingga ketika pelanggan tertarik membeli suatu produk dan produk tersebut sudah diterimanya sesuai dengan penjelasan cs, pelanggan akan merasa puas dengan kinerja cs yang telah membantunya dalam menjawab setiap pertanyaannya dengan jujur.
2. Memperkuat skill dasar CS
Apabila ingin meningkatkan skill CS yang Anda miliki, maka langkah utama yakni memperkuat skill dasarnya terlebih dahulu. Skill dasar CS antara lain komunikatif dan responsif serta kesabaran dan perhatian. Anda sebagai owner bisnis harus mampu mengelola tim CS dengan selalu memberikan arahan yang baik kepada mereka.
Mengelola suatu bisnis umkm hingga mencapai kesuksesan dibutuhkan tim CS yang kuat dan tahan banting. Loops akan membantu memantau kinerja para tim CS supaya mereka bekerja dengan adil satu sama lain. Tim CS ibarat ujung tombak dalam kesuksesan sebuah bisnis karena laku atau tidaknya sebuah produk tergantung dari bagaimana mereka bekerja.
3. Mampu berinteraksi terhadap customer dengan baik
Interaksi seorang CS terhadap customer bukan hanya sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh customer saja, namun owner bisnis juga dapat meminta tim CS untuk mengumpulkan berbagai feedback dari customer yang berkaitan dengan pelayanan, produk, brand, hingga bonusnya.
Hal tersebut akan bisa menjadi indikator apakah selama ini kinerja tim CS sudah sesuai dengan harapan atau belum. Karena dalam berjualan online memang dibutuhkan interaksi terhadap customer. Kiat ini juga bisa menjadikan traffic penjualan semakin meningkat apabila banyak feedback positif.
4. Mampu mengendalikan emosi
Kualitas seorang CS dapat dilihat dari bagaimana caranya menghadapi komplain dari pelanggan. Ada berbagai macam karakter pelanggan ketika menyampaikan komplain. Sebagai seorang CS yang berkualitas baik, komplain pelanggan akan dihadapinya dengan kepala dingin sehingga tidak ikut terpancing emosi.
Winning campaign memang membuat semangat tim CS, namun apabila produk yang diterima pelanggan tidak sesuai deskripsi atau ada defect, maka pelanggan akan komplain dan meminta pertanggung jawaban dari tim CS. Oleh sebab itu, kemampuan mengendalikan emosi harus dimiliki oleh tim CS agar skill mereka semakin meningkat.
Kesuksesan dalam bekerja menjadi seorang CS tergantung dari diri mereka sendiri. Kiat-kiat dalam meningkatkan skill CS di atas bisa dipraktekkan oleh tim CS sehingga kinerja mereka dapat semakin bagus. Loops juga berperan penting dalam kinerja mereka sebagai CS.