Internet Marketing : Perbedaan Teknik Gratis dan Berbayar

Internet Marketing : Perbedaan Teknik Gratis dan Berbayar

loops.id

Masih seorang pemula dan berencana untuk memperlebar jangkauan bisnis adalah ide yang masuk akal. Menjangkau pasar yang lebih luas harus menggunakan alat yang lebih signifikan yaitu dengan beriklan. Sebagai internet marketer pemula anda akan saya ajak untuk lebih jauh memahami perbedaan antara beriklan dengan teknik gratis maupun berbayar. Yang penting teknik promosinya dilakukan dengan benar. Karenanya mari kita simak perbedaannya.

Teknik Gratis, Kelebihan dan Kekurangannya

Siapapun pasti senang dengan ide gratisan untuk membuat promosi bisnis. Teknik promosi gratis memang mudah dan pasti murah. Dalam hal ini anda bisa beriklan gratis di beberapa platform media sosial seperti whatsapp, instagram, dan facebook. Dikatakan gratis karena yang harus dilakukan sangat mudah dengan membuat konten iklan gaya anda sendiri. Caranyapun organic sekali. Setelah iklan selesai didesain, anda tinggal menguploadnya di story whatsapp atau di beranda facebook, sama sekali tanpa membayar biaya iklan. Ini sangat menguntungkan karena anda tak perlu mengeluarkan biaya iklan yang banyak. Biaya yang diperlukan hanya untuk kuota data, atau membayar desainer konten iklan.

Jika materi iklan dibuat oleh anda sendiri maka biaya yang dikeluarkan adalah sebesar 0 rupiah. Satu hal lainnya yang tentu spesial adalah sumber traffic bisa dibuat sendiri. Kendati traffic nya masih terbatas seperti follower akun, nomor kontak di hp, atau teman-teman anda sendiri. Daripada itu, konten iklan yang dibuat bisa disesuaikan dengan audiens. Seiring perjalanan waktu, anda akan mempunyai target market sendiri. Ini bisa dimaksimalkan dengan sama sekali tanpa harus keluar biaya untuk beriklan. Nah inilah kelebihan teknik beriklan gratis.

Teknik Berbayar, kelebihan dan Kekurangannya

Binis semakin banyak pesaing, kompetisi semakin ekstrim. Untuk mengatasi ketatnya persaingan, anda bisa memilih teknik berbayar. Untuk berpromosi dengan teknik berbayar, anda bisa menggunakan fasilitas beriklan di banyak media internet seperti facebook ads atau goodle ads. Sebagaimana anda tahu teknik berbayar juga dominannya dilakukan di media sosial. Facebook dan instagram adalah dua media sosial yang kini menerapkan iklan berbayar. Di sini anda bisa mengatur sendiri target market anda, mengatur banyaknya jangkauan yang diinginkan, beserta spesifikasi lainnya yang ingin disasar. Setelah beberapa kali beriklan dengan teknik berbayar ini, anda tahu betul bahwa beriklan dengan teknik berbayar juga sangat menguntungkan.

Satu hal yang merupakan kekurangan dari teknik berbayar adalah anda harus membayar biaya untuk beriklan. Jumlah yang harus dibayar tentu bervariasi karena disesuaikan dengan jenis medsos, berikut kriteria lainnya yang anda pilih saat beriklan. Jika produk yang anda pasarkan target marketnya tinggi, sudah pasti biaya iklan nya pun tidak sedikit. Jika anda sudah terhitung ahli dalam beriklan di facebook atau instagram, anda bisa punya cara sendiri untuk meminimalisir biaya iklan tetapi dengan jangkauan tinggi.

Beberapa Pertimbangan Ketika Berpromosi Bisnis dengan Iklan Berbayar

Ketika melakukan promosi bisnis menggunakan jenis iklan berbayar, banyak sekali yang harus diperhatikan, dan anda harus berhati-hati menggunakannya. Sebaiknya ketika pertama beriklan budget iklan anda tidak harus terlalu besar. Karena anda masih dalam tahap belajar sehingga harus melakukan sejumlah penyesuaian. Semoga promosi bisnis anda berjalan lancar dan mendapat profit yang besar. Yang pasti anda harus konsisten, sabar, hingga lambat laun bisa merasakan sendiri berbagai manfaatnya.

Leave a Reply