Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merekrut Customer Service Baru

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merekrut Customer Service Baru

loops.id
loops.id

Customer service merupakan tombak ujung layanan suatu bisnis dengan konsumen, jadi Anda tidak boleh memilih mereka secara sembarangan. Tanggung jawab yang dimiliki CS cukup besar, karena itu persiapkan kriteria khusus untuk mereka. Anda juga bisa menggunakan platform loopsuntuk memudahkan pengelolaan dan pembagian tugas antar CS.

Ketahui Berbagai Aspek dalam Perekrutan Customer Service

1. Siapkan Rencana Rekruitmen

Sebaiknya lakukan rekruitmen segera setelah Anda mengetahui bahwa CS yang Anda miliki memang sedang kurang. Rencanakan berbagai hal dengan baik, misalnya dengan menentukan kriteria yang diinginkan untuk CS baru Anda.

Selain memilih kriteria, Anda juga harus memperhatikan berapa jumlah CS yang diperlukan. Sehingga kelola csbisa dilakukan dengan lebih mudah, tanpa perlu pengaturan yang rumit dan membutuhkan rencana yang panjang.

2. Pertimbangkan yang Sudah Berpengalaman

Ketika memilih CS, Anda bisa menggunakan kriteria fresh graduate, namun akan lebih baik jika mereka memiliki pengalaman organisasi atau latar belakang yang mumpuni. Ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola timCS yang dimiliki.

Lulusan baru yang sudah memiliki pengalaman sebagai CS, atau setidaknya cara berkomunikasi dengan baik bisa Anda prioritaskan ketika proses rekruitmen. Memilih yang berpengalaman bukan tanpa alasan, hal tersebut dimaksudkan agar mereka tidak kaget ketika berhadapan dengan pelanggan atau SDM lain.

3. Terbuka dan Memiliki Aura Positif

Pilihlah karyawan baru yang memiliki aura positif dan terlihat terbuka, ini akan membuat konsumen dan pelanggan merasa nyaman untuk menyampaikan pendapatnya. Apalagi jika Anda ingin menggunakan rotator cs, dimana pelanggan akan menemui CS yang berbeda, maka kriteria tersebut merupakan kriteria yang cukup penting.

Terkait dengan pengelolaan CS, Anda bisa menggunakan platform loops. Dengan memanfaatkan platform tersebut, Anda bisa mengelola CS dengan lebih teratur, yakni mengarahkan konsumen ke masing-masing pelanggan sesuai dengan urutan yang ada. Bahkan ia bisa membantu Anda untuk melakukan winning campaignyang bermanfaat untuk bisnis.

4. Lihat Caranya Menyelesaikan Masalah

Seperti yang diketahui, CS merupakan orang yang akan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan, atau setidaknya mengarahkan mereka untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Ini merupakan aspek yang penting jika bisnis yang Anda geluti merupakan bisnis online dan membutuhkan penghubung yang tepat.

Melihat  cara CS menyelesaikan masalah merupakan hal yang penting, sebab ia menjadi salah satu ciri performa yang baik dalam bekerja. Jika ia bisa menyelesaikan masalah dengan baik, tentu ia akan membuat umkmatau bisnis Anda mendapatkan kesan yang bagus di mata pelanggan.

5. Rajin dan Disiplin

Semua karyawan harusnya memiliki sifat rajin dan juga disiplin, karena ini akan membantu bisnis Anda berkembang. Karyawan atau CS yang memiliki sifat ini akan terlihat dengan datangnya mereka ke tempat rekruitmen sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Setelah diterima bekerja pun, ia akan bekerja dengan rajin dan sesuai dengan SOP yang telah disepakati.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan CS baru yang profesional untuk bisnis. Anda bisa memanfaatkan platform loops karena ia akan membantu Anda mengelola CS, melakukan scale up CS, bahkan membantu Anda meningkatkan arus lalu lintas pengunjung di toko yang Anda kelola. Dengan begitu, pengaturan SDM dan karyawan bisa dilakukan dengan cara yang modern dan efisien.

Leave a Reply