Emang Bisa Menghasilkan Uang Dari SAMPAH ? Cek Penjelasannya Disini

Emang Bisa Menghasilkan Uang Dari SAMPAH ? Cek Penjelasannya Disini

loops.id

Tingginya akumulasi sampah membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat, belum lagi bencana yang di timbulkan dari sampah tersebut. Dari sinilah, timbul pemikiran bagaimana cara menghasilkan uang dari sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Memang tidak ada yang dapat menyangka bahwa sampah dapat menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan. Tetapi tidak hanya menghasilkan keuntungan berupa materi, bisnis pengolahan sampah juga bermanfaat untuk pelestarian lingkungan.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan dari bisnis pengolahan sampah:

1. Banyaknya Permintaan Pasar

Karena produksi sampah di Indonesia diprediksi akan meningkat menjadi 67,1 juta ton (sangat banyak), maka pastinya jasa pengolahan sampah ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah, tetapi juga untuk memberikan lebih banyak lapangan kerja. Dari sinilah, pengolahan sampah dapat dioptimalkan menjadi peluang bisnis.

2. Pasarnya Sudah Ada

Target konsumen merupakan inti dari bisnis kamu . Jika bisnis telah memiliki target konsumen yang jelas, maka tentu saja bisnis tersebut akan mudah berkembang. Pengelola TPA (Tempat Pembuangan Akhir), pemerintah, aktivis lingkungan hingga petani atau peternak merupakan target pasar bisnis pengolahan sampah.

3. Modalnya Kecil

Modal yang kamu butuhkan untuk bisnis ini adalah sampah, alat-alat laboratorium yang dapat kamu dapatkan sebagai fasilitas kampus atau jurusan kamu . Jika kamu tidak mempunyai akses tersebut, kamu dapat membelinya dengan harga Rp30 juta dan kamu telah mendapatkan seluruh peralatan lengkap. Tentunya modal tersebut sangat kecil dibandingkan bisnis lainnya.

4. Jangka Waktu Balik Modal Sangat Cepat

Sistem bisnis pengolahan sampah mayoritas adalah sistem bisnis by order, yang artinya kamu hanya perlu melakukan produksi ketika ada permintaan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghabiskan uang untuk proses pemasaran atau stok barang yang mempunyai kemungkinan tidak laku.

5. Kontribusi Terhadap Lingkungan

Selain mendapatkan uang, kamu pun dapat memiliki kepuasan tersendiri karena berhasil melakukan kontribusi positif terhadap lingkungan tempat kamu tinggal. Tidak hanya dengan pemeliharaan lingkungan melalui sampah yang terurus, tetapi juga terhadap lingkungan dan penduduk sekitar karena kamu telah menciptakan lapangan kerja baru. 

Nah, setelah membaca artikel ini, sampah kamu mau dikemanakan? ^^

Leave a Reply