Dahsyatnya Facebook Ads untuk Bisnis Kamu!

Dahsyatnya Facebook Ads untuk Bisnis Kamu!

Di era digital sekarang ini, beriklan sudah tidak perlu merogoh kocek dalam agar produk kamu bisa dikenal masyarakat luas. Hanya dengan ratusan ribu saja sudah bisa beriklan dengan jangkauan yang sama luasnya (bahkan lebih) dengan iklan di billboard atau koran.

Terdapat dua platform ternama yang menyediakan jasa iklan online di dunia, yakni google ads dan facebook ads. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, tetapi yang akan saya bahas disini ialah keunggulan dari facebook ads saja.

Apa saja keunggulan beriklan di facebook ads? Simak penjelasan berikut.

  1. Facebook sebagai sosmed user terbanyak

Meskipun sekarang sudah ada banyak sekali jenis media sosial seperti Instagram, Twitter, Path, Askfm, dll tapi Facebook masih menjadi yang nomor satu. Survey membuktikan kalau Facebook mempunyai pengguna terbanyak dan sampai sekarang masih eksis.

Begitu pula di Indonesia yang rata-rata penduduknya sudah melek internet dan punya akun Facebook. Secara otomatis jaringan media sosial yang satu ini sangat luas dan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itulah mengapa promosi pakai Facebook Ads sangat menguntungkan.

  1. Iklan tepat sesuai target market

Facebook dulu beda dengan yang sekarang, karena sudah dilengkapi banyak fitur canggih. Kalian tidak hanya membuat berita lalu mempostingnya begitu saja ke semua pengguna. Akan tetapi bisa menentukan siapa saja yang bakal menerima iklan tersebut, misalnya khusus para cewek atau cowok, ibu rumah tangga, karyawan kantoran, orang penting, dan lainnya. Dengan begitu kalian bisa tepat sasaran dalam membidik target calon konsumen sesuai dengan produk yang dijual.

  1. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat slogan, logo, merek hingga warna identitas bisnis Kamu. Jika Kamu mempromosikan bisnis menggunakan facebook ads, kemungkinan bisnis Kamu untuk dikenal oleh customer lebih tinggi karena jumlah pengguna facebook yang sangat banyak. Dengan begitu, branding produk atau jasa Kamu akan semakin meningkat.

  1. Jangkauan audiens yang luas

Traffic cellular saat ini menjadi sangat penting karena penggunaan smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang, bahkan saat ini kita sedang dalam tahap berpindah ke 5G. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka, lihat saja orang-orang di sekitarmu.

Kehadiran Facebook Ads ini pada akhirnya juga memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan akses ke audience selulermu sehingga pesan iklan yang kamu pasang pasti sampai di layar ponsel mereka.

Bicara soal Facebook, pengguna aktif per bulannya kini sudah mencapai lebih dari 2,41 miliar per 30 Juni 2019. Jadi, Facebook Ads sepertinya menjadi salah satu media pemasaran produk yang layak kamu coba.

  1. Biaya iklan yang murah

Jika dihitung-hitung, Facebook Ads dengan jangkauan promo lokal dan internasional membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan biaya untuk promo offline. Misalnya saja seperti brosur, pamflet, iklan koran, spanduk dan lain sebagainya. Belum lagi tenaga dan waktu yang harus Kamu sediakan untuk menyebarkan media promo offline seperti brosur dan pamflet.

Facebook Ads menawarkan biaya iklan mulai dari $0.5 hingga $1 atau setara dengan Rp. 7.000,- hingga Rp. 14.000,-. Kamu bisa menentukan sendiri waktu dimulainya penayangan iklan dan waktu berakhirnya. Pembayaran Facebook Ads kini juga semakin mudah dengan pilihan pembayaran transfer antar bank.

  1. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga meningkat terus. Mengapa? Karena Facebook meningkatkan tools periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat.

Saat ini, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan audiens yang ingin kamu jangkau. Selain itu, audiens juga memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelangganmu.

  1. Format iklan yang sangat lengkap

Salah satu kelebihan Facebook Ads, adalah menyediakan format iklan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan promo masa kini. Kamu tak hanya bisa membuat promo yang terdiri dari teks saja, tetapi juga bisa memasukkan unsur gambar dan video.

Format iklan video saat ini memang menjadi pilihan favorit dan mampu menarik perhatian calon-calon konsumen Kamu.

Selain format iklan teks, foto dan video,Facebook Ads juga menawarkan format carousel ads, slideshow ads, messenger ads, lead ads dan collection ads yang powerful dan kekinian untuk menjaring konsumen-konsumen potensial.

Namun, agar iklan facebook kamu berjalan lancar, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana alur masuk pembeli (funneling) kepada CS kamu. Sebab hal ini selain dapat membantu kamu memantau performa setiap CS, kamu juga mudah mengetahui mana yang perlu diperbaiki apabila terdapat masalah.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis kamu agar mudah melihat performa CS, kamu dapat memakai Loops.id. Selain mudah, kamu juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS kamu.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada kamu:

  1. Sistem rotasi kepada CS kamu. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi kamu tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, kamu dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Kamu hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS kamu, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *