Ciri dan Kriteria Produk yang Bagus untuk Dijual Online

Ciri dan Kriteria Produk yang Bagus untuk Dijual Online

loops.id
loops.id

Menjalankan sebuah bisnis online merupakan suatu hal yang bermanfaat dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan, kegiatan ini bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Berjualan produk secara online dianggap sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Dalam menjalankannya, Anda bisa menggunakan bantuan loops dalam mengelola beberapa karyawan cs yang bekerja untuk bisnis Anda.

Bagaimana Ciri dan Kriteria Produk yang yang Bagus untuk Dijual Online?

Ketika akan memulai bisnis jualan online, Anda pasti bimbang mengenai produk apa yang akan dijual. Pertanyaan dalam hati seperti apakah produk tersebut selalu dibutuhkan di pasaran, bisa bertahan dalam jangka waktu lama atau tidak, dapat bersaing dengan toko online lainnya atau tidak, dan sebagainya.

Tak jarang karena merasa bimbang, Anda menjadi maju mundur untuk memulai sebuah bisnis online. Padahal perasaan tersebut hanya akan menghambat kesuksesan Anda dalam hal berbisnis. Untuk menjawab segala kebimbangan, simaklah ciri dan kriteria suatu produk berikut.

1. Bukan merupakan barang musiman

Agar produk yang Anda jual tetap laku di pasaran setiap waktu, pastikan bahwa barang yang dijual bukanlah barang musiman. Customer akan mengenali produk Anda melalui iklan yang Anda bagikan di sosial media. Biasanya, barang yang bersifat musiman akan lebih banyak terjual di musim tertentu saja.

Misalnya saja, di musim natal Anda menjual pernak-pernik natal seperti hiasan pohon natal, lonceng, lampu berwarna-warni, topi natal, hiasan boneka natal, dan lain sebagainya. Pada saat itu Anda berhasil mendapatkan winning campaign atas pernak-pernik yang Anda jual.  Namun belum tentu setelah natal selesai, pernak-pernik natal yang Anda jual laku di pasaran.

2. Sifat barang tahan lama

Di jaman sekarang banyak sekali owner bisnis yang menggunakan loops dalam menjalankan bisnisnya. Barang yang dijual biasanya barang-barang yang bersifat tahan lama seperti aksesoris, baju, jaket, buku dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut tidak mengenal kadaluarsa sehingga tidak mengurangi nilainya. Hal ini juga dapat mengurangi resiko berbisnis.

Toko online yang sudah sukses biasanya akan mempunyai tim cs dengan jumlah beberapa orang yang bertugas menghandle orderan para customer. Bisnis yang menjual produk-produk bersifat tahan lama bisa dijual kembali di bulan-bulan berikutnya apabila dalam bulan ini tidak laku. Sehingga berbisnis umkm juga perlu dipikir mendalam produk apa yang akan dijual.

3. Barang yang awet dan tidak mudah pecah

Menjual produk yang terbuat dari bahan atau material yang mudah pecah seperti kaca tentu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Meskipun dibungkus dengan bubble wrap, namun barang juga dapat beresiko rusak selama proses pengiriman. Apabila customer komplain, maka tim customer service yang akan kewalahan menjawab berbagai pertanyaan dari customer.

Memang besar resikonya jika produk yang dijual merupakan barang yang mudah pecah. Oleh karena itu, Anda harus ekstra dalam mengelola tim cs supaya mereka tidak mudah terbawa perasaan ketika mendapatkan beragam komplain dari customer. Pastikan para cs yang Anda rekrut dapat menghandle komplain customer dengan baik dan sopan. Ciri dan kriteria produk di atas biasanya bisa berumur panjang apabila Anda bisa mengelola traffic penjualan produk dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan bantuan loops dalam hal mengelola tim cs supaya kinerja mereka bisa Anda pantau dengan mudah. Pastikan juga Anda menjual barang yang memang bermanfaat sehingga banyak dibutuhkan oleh customer setiap waktu.

Leave a Reply