Cara Membuat Landingpage Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Cara Membuat Landingpage Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

loops.id

Landing page adalah sebuah halaman website yang digunakan untuk tujuan tertentu ditandai dengan satu atau dua tombol Call-to-action (CTA). Berbeda dengan homepage yang merupakan halaman perkenalan terhadap brand, memberitahu apa saja yang ditawarkan oleh website tersebut, dan tentunya memiliki banyak CTA. Landing page hanya menawarkan sebuah campaign baik itu berupa promo produk, product launching, dan lain sebagainya.

Landing page ditargetkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic. Cara ini bisa menggunakan beberapa strategi seperti memaksimalkan penggunaan SEO off-page maupun on-page agar landing page bisa muncul lebih baik di SERP atau istilahnya mendatangkan organic traffic. Bisa juga meningkatkan traffic dengan pemanfaatan ads supaya website bisa tampil di pencarian paling atas mesin pencari.

Tipe-Tipe Landing Page

Sebelum masuk ke cara membuatnya mari kita lihat tipe-tipenya terlebih dahulu. Berdasarkan fungsinya landing page dapat dibagi sebagai berikut,

  1. Lead Generating Landing Pages
    Lead generating landing pages adalah landing page yang ditujukan untuk mendatangkan lead, lead disini maksudnya adalah data pengunjung website. Nantinya data tersebut dapat digunakan untuk strategi marketing lanjutan. Data ini biasanya minimal berisi nama dan alamat email pengunjung. Lebih lanjutnya bisa berisi nomor telepon hingga nama akun sosial media.
  2. Click-Through Landing Pages
    Click-through landing pages adalah tipe landing page yang berisi promosi atau potongan harga terhadap sebuah produk atau layanan. Landing page ini bertujuan untuk mempersuasi pengunjung website untuk segera membeli produk yang ditawarkan.
  3. Explainer Landing Pages
    Explainer landing pages memiliki fungsi yang lebih terstruktur dibanding dua tipe diatas. Tipe ini biasanya lebih panjang dan mengandung banyak informasi. Explainer landing pages menampilkan manfaat dan fitur dari produk atau layanan yang berguna untuk mengedukasi pengunjung sekaligus mengikat pengunjung terhadap brand tersebut.
  4. Product Detail Landing Pages
    Product detail landing pages adalah landing page yang berisi informasi mendetail terhadap sebuah produk atau layanan. Biasanya product detail landing pages bermaksud untuk membuat pengunjung segera membeli sebuah produk secara langsung di laman tersebut.

Penggunaan Landing Page

  1. Menggunakan Media Sosial
    Pemanfaatan media sosial untuk mendatangkan organic traffic ke landing page dapat dilakukan dengan campaign promo di media sosial yang nantinya akan mengarahkan pengguna sosial media ke landing page tersebut. Strategi marketing menggunakan media sosial kemudian menautkan postingan tersebut ke landing page adalah salah satu strateginya.
  2. Menggunakan Iklan
    Cara kedua adalah cara yang bisa cukup instan karena menggunakan iklan berbayar. Istilah penggunaan iklan ini disebut pay-per-click advertisement (PPC). Pada iklan PPC pengiklan akan membayar setiap iklan mereka diklik. PPC banyak digunakan pada mesin pencari seperti Google atau Bing. Kamu tentu pernah melihat tulisan “iklan” pada pencarian teratas Google. Selain itu kamu bisa juga menggunakan iklan pada sosial media seperti Facebook atau Twitter.

Tips Membuat Landing Page

  • Gunakan Headline Yang Menarik
    Headline adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung karena itu berikan headline yang menarik, padat, dan jelas serta memberikan gambaran keseluruhan landing page.
  • Tuliskan Fitur dan Keunggulan Produk Atau Layanan yang Ditawarkan
    Jelaskan secara rinci apa produk yang kamu tawarkan beserta kelebihannya. Menuliskan hal ini akan membuat pengunjung lebih paham mengenai apa yang kamu tawarkan dan akan meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produkmu.
  • Masukkan Gambar atau Video
    Gambar atau Video secara tidak langsung akan menambah conversion rate, karena kebanyakan pengunjung akan melihat sesuatu yang menarik indra penglihatan terlebih dahulu sebelum membaca detail produk secara rinci.
  • Tuliskan Juga Testimoni Pelanggan
    Testimoni pelanggan ini berfungsi untuk meyakinkan pengunjung untuk membeli sebuah produk melalui pendapat orang-orang yang sebelumnya pernah membeli produk yang sedang ditawarkan.
  • Tambahkan Timestamp
    Timestamp disini maksudnya berikan jangka waktu berakhirnya promo yang kamu tawarkan pada landing page. Timestamp ini bisa berupa tanggal atau hitungan mundur. Ini berguna untuk meningkatkan awareness pengunjung jika ini adalah promo berbatas waktu.
  • Tombol CTA
    Terakhir, tambahkan tombol CTA yang mengarah langsung ke laman order produk sehingga pengunjung yang tertarik bisa langsung diarahkan untuk membeli produk tersebut.

Leave a Reply