Bingung Mau Bisnis Apa? Pantau 4 Niche Ini Kalau Mau Cuan Banyak Saat Ramadhan!

Bingung Mau Bisnis Apa? Pantau 4 Niche Ini Kalau Mau Cuan Banyak Saat Ramadhan!

loops.id
loops.id

Kamu lagi cari ide bisnis untuk ramadhan ini? Saat bulan Ramadhan, terutama dua minggu menjelang lebaran, akan ada target market tertentu yang jumlahnya meroket. Pada artikel ini Loops akan kasih tahu kamu empat niche yang bisa kamu jadikan target untuk bisnis! Karena peminatnya banyak, cuannya juga sangat mungkin untuk berlimpah loh!

Sebelum menyelam lebih dalam, kamu perlu tahu pengertian dari niche itu sendiri, fungsi, serta dampaknya ya! 

Apa itu niche?

Niche adalah kategori tertentu/segmentasi pasar yang spesifik di market yang lebih luas. Dengan fokus pada niche, maka kamu akan lebih mudah menentukan targetmu. Niche membantu tujuan bisnis kamu menjadi lebih terarah dan efisien karena sudah menjurus ke arah yang spesifik.

Niche memiliki target market dengan karakteristik atau kebutuhan yang sama. Karena itu, kamu bisa meminimalisir persaingan dan meningkatkan efektivitas campaign yang kamu miliki.

Kenapa niche penting?
Karena, niche membantu kamu untuk mendalami kebutuhan pasar, sehingga kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pasar dengan bisnismu. Dengan memiliki niche, maka kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau calon customer yang tepat.

Selain itu, kamu bisa fokus pada satu target marketing yang spesifik sehingga pekerjaanmu menjadi lebih efisien, dibandingkan dengan fokus pada target market yang luas dengan karakteristik yang beragam.

Berikut ini adalah lima niche yang bisa menjadi peluang berbisnis yang menguntungkan bagimu!

1. Hampers Lebaran

Hampers adalah paket hadiah yang disusun secara estetik dan berasal dari berbagai macam barang. Saat menjelang lebaran, biasanya banyak masyarakat yang mengirim hampers sebagai tanda semarak hari lebaran.

Biasanya pegawai kantoran yang memiliki rekan kerja akan saling mengirimkan hampers seperti ini. Atau anggota keluarga yang berada di daerah yang berbeda dan tidak bisa bertemu secara langsung juga biasanya akan mengirimkan hampers.

Hampers memiliki banyak kategori. Untuk spesifik bulan Ramadhan, contoh hampers yang banyak dicari adalah hampers perlengkapan ibadah, kue kering dan kue basah, atau karangan bunga cantik. Kamu bisa menentukan dengan spesifik niche yang akan kamu tuju dengan berbagai target market dan kategori pada hampers ini.

2. Skincare dan Make Up

Tak bisa dipungkiri, bahwa para wanita ingin tampil dengan versi terbaik mereka. Karena itu, biasanya para wanita akan mencari berbagai produk perawatan tubuh dan wajah. Target market ini adalah umum para wanita dewasa yang ingin tampil dengan wajah mulus dan glowing!

Lalu, pada hari lebaran, maka make up adalah produk yang tak bisa dilewatkan juga bagi para wanita. Mempercantik diri dengan produk rias dengan berbagai warna dan tema akan menjadi rencana wanita pada hari lebaran nanti.

3. Pakaian Lebaran

Kategori ini adalah kategori paling populer setiap tahunnya, dibuktikan dengan lirik lagu, “Baju baru, Alhamdulillah. Dipakai di hari raya.”

Ibarat kata, pakaian baru menjadi tagline dari hari lebaran. Setiap tahunnya para Ibu rumah tangga akan berburu pakaian untuk anggota keluarganya. Karena itu, tingkat permintaan terhadap baju lebaran akan melonjak, terutama di satu minggu terakhir bulan Ramadhan.

Kamu bisa memutuskan niche yang lebih spesifik lagi, misalnya fokus pada hijab atau baju lebaran anak perempuan di umur tertentu. Kamu juga bisa menargetkan wanita muda yang menginginkan gamis dengan model kekinian sebagai contoh lainnya.

4. Makanan dan Minuman

Pada bulan Ramadhan, pastinya banyak masyarakat yang berburu takjil atau makanan lainnya saat menjelang buka puasa (iftar). Peluang pada kategori ini selalu terbuka setiap harinya. Karena, ada banyak makanan khas yang cocok sekali menjadi menu berbuka puasa.

Kamu bisa fokus pada makanan yang identik ada pada bulan Ramadhan. Misalnya, kurma, sirup, kue kering, kue basah, atau bahkan minuman kemasan yang biasa ada di ruang tamu saat hari raya.

Nah, gimana? Kamu sudah siap berburu cuan? Setiap periode waktu memiliki peluang yang berbeda-beda, karena itu kita perlu memanfaatkan peluang yang tercipta dengan maksimal. Yang paling penting adalah pantang menyerah dan tak ragu ambil risiko, sehingga bisnis kamu bisa berkembang dengan maksimal!

Sumber :
What is a Business Niche? Why Do You Need It And How to Find It? – Canadian Institute of International Business (ciib.org)

Leave a Reply