Tidak Fast Response Saat Berjualan? Jangan Heran Jika Pelanggan Banyak Yang Kabur

Tidak Fast Response Saat Berjualan? Jangan Heran Jika Pelanggan Banyak Yang Kabur

loops.id
loops.id

Fast respon adalah tentang suatu kegiatan menanggapi sesuatu dengan cepat. Dalam melayani pembeli, fast respon dalam membalas chat sangat diperlukan agar calon pembeli tidak kabur ke penjual lainnya yang lebih cepat tanggap.

Di saat pembeli bertanya tentang produk kepada penjual, artinya ketertarikan mereka terhadap produk tersebut sedang tinggi-tingginya. Kalau penjual tidak cepat menjawab, mereka akan cari penjual yang lebih cepat menjawab semua pertanyaannya.

Berikut dampak yang terjadi jika kamu tidak fast respon saat berjualan.

Calon Konsumen Akan Pergi

Coba bayangkan atau mungkin kamu pernah mengalaminya sendiri, saat kamu bertanya kepada penjual karena tertarik dengan suatu produk, tapi pertanyaanmu dibalas dalam waktu yang lama atau bahkan tidak kunjung dibalas. Tentu kamu akan merasa diabaikan bukan?

Calon konsumen yang merasakan hal tersebut biasanya akan memilih untuk mencari produk yang serupa dari toko lain. Dengan memberikan slow respon chat artinya calon konsumen jadi merasa tidak dihargai oleh kamu si penjual. Agar tidak kehilangan konsumen, balaslah pesan dari mereka dengan segera. Atau jika memang ada antrian di chat pastikan kamu sudah mengatur pesan otomatis yang menginformasikan akan membalas chat yang masuk sesegera mungkin sesuai antrian chat.

Penurunan Jumlah Chat

Tidak Fast respon itu artinya kamu menghilangkan kesempatan mendapatkan banyak closing an  bagi bisnismu sendiri. Kalau kamu tidak memberikan respon dengan cepat, konsumen biasanya cenderung jadi mengurungkan niat untuk membeli produkmu, karena mereka tidak mendapatkan kejelasan atas pertanyaan mereka.

Cobalah untuk selalu merespon dengan cepat, dengan begitu proses pesanan yang masuk pun akan jadi banyak. Jika pesanan membludak tidak ada salahnya untuk menambah cs ya kan?

Sulit Untuk Memiliki Pelanggan Tetap

Calon konsumen akan jadi pelanggan tetap yang setia kalau komunikasi dengan penjualnya bagus. Jika sampai kamu slow respon dalam membalas chat artinya tentu akan memberikan hasil yang berbeda. Yang ada mereka malah jadi ragu untuk membeli produk kamu untuk pertama kalinya, apalagi untuk seterusnya.

Mendapatkan pembeli baru itu mudah. Tapi menjadikan pembeli menjadi pelanggan itu yang sulit. Jadi pastikan kamu setidaknya fast respon agar banyak pelanggan yang membeli produk kamu.

Kehilangan Reputasi Toko

Konsumen yang puas terhadap pelayanan sebuah toko pasti akan memberikan ulasan atau penilaian. Sebaliknya, kalau mereka tidak merasa dilayani dengan baik, maka penilaian yang diberikan pun akan buruk.

Salah satu faktor bagusnya sebuah brand / toko adalah dilihat dari responnya. Karena itu, berikanlah respon chat yang cepat. Dengan begitu konsumen akan merasa puas dengan pelayananmu, dan bahkan ada kemungkinan mereka akan merekomendasikan produk dan toko online atau offline kamu ke orang lain. Dengan begitu, reputasi tokomu pun akan naik dan calon konsumen baru juga berdatangan.

Fast respon dalam pelayanan akan memberikan dampak yang siknifikan terhadapat bisnis kamu, berikut ada beberapa dampak positif yang akan dirasakan jika pelayanan kamu cepat.

1. Pelanggan Jadi Makin Percaya

Dengan Fast respon tersebut maka akan meyakinkan konsumen bahwa toko mu bukan abal-abal. Tanggapan sigap ini juga menunjukkan seberapa niat kamu dalam berjualan online. Saat kamu sudah membangun rasa percaya pelanggan pada bisnis mu, maka mereka tidak akan ragu melakukan pembelian. 

2. Pelanggan Merasa di Hargai

Dengan Fast respon maka konsumen akan merasa dihargai. Banyak juga konsumen memutuskan untuk membeli karena mendapatkan pelayanan yang cepat dan ramah dari penjual. 

3. Meningkatkan Value Bisnis

Saat bisnismu sudah punya nilai lebih di mata pelanggan, maka rating toko akan semakin meningkat. Rating ini jadi tolok ukur penting. Jika rating tokomu mencapai bintang empat atau bahkan lima, maka pelanggan berpikir bahwa tokomu sudah tepercaya dan kredibel. Pasalnya, pelanggan akan mempertimbangkan untuk membeli di toko yang sudah mendapat rating tinggi dibanding yang rendah.

4. Sarana Promosi

Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan toko akan memberikan review baik pada tokomu. Review dari mereka bisa kamu pakai lagi untuk mempromosikan bisnis. Tidak menutup kemungkinan pula jika pelanggan yang puas dengan pelayanan tokomu akan merekomendasikan lagi ke teman maupun keluarganya. Respons yang baik bisa jadi alat jualan kamu untuk mempromosikan bisnis di kemudian hari.

5. Meningkatkan Penjualan 

Kalau pelanggan puas dengan pelayanan tokomu, maka ia akan kembali lagi untuk pembelian berikutnya. Hal tersebut berlaku pula untuk calon pelanggan yang baru pertama kali akan membeli produk di tokomu. Saat calon pelanggan dilayani dengan baik, maka mereka akan lebih yakin untuk melakukan pembelian. Fast respon adalah kunci untuk menghasilkan penjualan.

Nah, ternyata pengaruhnya sangat besar kak? Setelah membaca artikel ini pastikan kamu atau CS kamu bisa melayani calon pembeli dengan cepat ya. Jika kamu mempunyai banyak cs dan kesulitan untuk membagikan lead yang masuk maka coba gunakan fitur wa rotator dari loops.id dengan slogannya Bagi Lead Otomatis Ke Semua CS Dengan 1 Link. Kontak ADMIN LOOPS.ID SEKARANG.

.

Leave a Reply