Pengusaha UMKM saat ini diharapkan dapat menjadi pendongkrak kesejahteraan yang tetap bisa mandiri dan terus menghasilkan pendapatan sendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang pebisnis UMKM pemula untuk meraih profit di dalam usahanya, salah satu caranya adalah dengan mengetahui potensi diri dan mengembangkannya guna meningkatkan kompetensi di dalam pengelolaan bisnis, sehingga dapat menumbuhkan omzet dan ujungnya adalah mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan operasional usaha, perluasan usaha di masa mendatang, dan tentunya untuk meraih tujuan finansial pribadi/keluarga.
Untuk itu diperlukan Strategi yang tepat dalam mengelola dan menjalankan usahanya. Berikut di antaranya.
Skema Bisnis Yang Tersistem
Sistem adalah sekumpulan prosedur dan perangkat yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan sistem itu diharapkan dapat menjamin suatu proses bisnis berjalan seperti yang di harapkan, terlepas dari siapapun yang menjalankannya. Jadi tidak tergantung pada satu dua orang didalam bisnis.
Sstem penjualan yang baik akan memberikan jaminan kualitas layanan terhadap pelanggan. Oleh Karena itu pastikan bisnis yang mau dibangun tersistem dengan baik.
Bersikap Ramah Kepada Pelanggan
Banyak dari bisnis kehilangan pelanggan hanya karena mereka tidak mengutamakan dan menghadirkan pelayanan yang ramah untuk pelanggan mereka. Padahal, bersikap ramah dapat memberikan dampak yang besar untuk pelanggan.
Menyapa pelanggan dengan nama mereka dan tersenyum dapat memberikan kenyamanan lebih untuk pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan yang datang tidak hanya sekedar mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan saja, mereka juga mencari tempat yang dapat mengerti akan berempati dengan keadaan pelanggan.
Fast Respon
Pelanggan sangat suka jika diperlakukan dengan ramah dan juga cepat. Cepat dalam melayani dan cepat dalam menanggapi ketika ada yang komplain. Jangan sampai saat kamu sebagai penjual bereaksi cepat saat ada terjadi transaksi saja, tapi ketika ada yang komplain kita malah mengabaikannya. Hal ini sangat berpengaruh, baik dibisnis online ataupun offline. Kesetiaan pelanggan juga bisa dibangun dengan cara memberikan pelayanan yang serba cepat ini.
Saat kamu tidak dapat melayani pelangganmu dengan fast respon mereka cenderung akan memilih ‘lapak’ lain yang bisa melayani mereka dengan lebih cepat. Jadi berusahalah semaksimal mungkin untuk fast response.
Ulasan Pelanggan
Meski manajemen dan karyawan kamu telah melakukan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan, terkadang ada saja masalah yang muncul karena pelanggan merasa tidak senang dengan apa yang telah diberikan.
Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kamu perlu mencari tahu lebih dalam lagi mengapa mereka tidak puas akan pelayanan kamu dan di sinilah peran ulasan sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis.
Jangan Lupa Berbagi
Tujuan orang-orang berbisnis sejatinya adalah untuk mencapai kekayaan harta yang melimpah. Karena dengan harta yang melimpah diharapkan hidup ini akan menjadi lebih teratur. Intinya, keberadaan uang yang berlimpah diharapkan akan dapat menyederhanakan suatu masalah.
Merujuk pada suatu penelitian, sembilan dari sepuluh orang Amerika setuju bahwa tidak ada yang membuat mereka lebih bahagia daripada merasa keuangan mereka teratur.
Namun, jika mengacu pada pepatah yang mengatakan, “Saat Anda punya makanan yang cukup untuk diri dan keluarga Anda, tempat yang aman untuk ditinggali, serta memiliki hubungan pertemanan yang baik dan tubuh yang sehat wal afiat, sebenarnya Anda ini dapat dianggap telah memiliki dunia beserta isinya”.
Oleh karena itu, bisnis bisa bertumbuh menjadi besar sesungguhnya karena pengusaha sebagai pengelola bisnis telah terbiasa untuk tidak mengabaikan kebiasaan yang dianggap recehan sekalipun.
Itu tadi beberapa tips agar bisnis UMKM mu bisa berkembang dan bertahan dengan baik. Sudah mulai berbisnis? Jika belum, mumpung masih dalam suasana bulan puasa,kamu bisa simak beberapa ide bisnis online dan ide bisnis offline yang mungkin bisa kamu coba jalankan di bulan ini.