Ketika mengelola suatu bisnis atau perusahaan, memiliki pekerja yang loyal merupakan suatu hal yang harus diusahakan. Dengan pekerja yang loyal, Anda bisa meningkatkan kualitas layanan maupun produk yang dimiliki. Customer service merupakan ujung tombak terdepan dalam suatu perusahaan, sehingga penting untuk menjaganya tetap loyal. Anda bisa menggunakan platform loopsuntuk memudahkan pekerjaan mereka.
Cara Agar Customer Service Loyal dan Betah di Tempat Kerja
1. Penuhi Hak Karyawan
Untuk menjaga loyalitas pekerja, tentunya Anda harus memenuhi hak mereka, khususnya mengenai gaji, hari libur, hingga detail pekerjaan yang jelas. Jangan sampai Anda meremehkan hak tersebut, dan membuat mereka tidak nyaman selama bekerja di bisnis onlineAnda.
Ketika Anda sebagai pengelola tidak bisa mengelola timdan memenuhi hak mereka dengan baik, biasanya para pekerja ini tidak ingin bekerja dalam jangka waktu yang panjang di perusahaan ini. Ini tentunya akan membuat Anda melakukan rekruitmen ulang dan mengatur semuanya dari awal kembali.
2. Berikan Suasana Kerja yang Nyaman
Jika melakukan pekerjaan di kantor, Anda bisa memberikan ruang kerja yang nyaman untuk mereka. Tempat yang nyaman tidak harus mewah, melainkan bersih, rapi, dan tidak berdesakan antara satu dengan yang lain. Anda juga bisa mengatur cs rotatorsehingga tiap CS bisa beristirahat sejenak ketika bekerja.
Selain fasilitas tersebut, Anda juga bisa membuat budaya dan kultur yang membangun selama bekerja. Terutama dengan menghormati hobi atau pendapat pribadi yang dimiliki oleh pekerja tersebut. Selama pekerja ini tidak membuat jualan onlineAnda rugi atau mengganggu teman yang lain, sebaiknya izinkan mereka untuk menekuni hobi atau aktivitas lainnya.
3. Bebaskan Karyawan untuk Berkreasi
Jangan perlakukan karyawan seperti robot, karena hal tersebut akan menurunkan performa yang mereka miliki. Jika ingin mengatur pekerjaan CS menjadi lebih nyaman, Anda bisa menggunakan platform loops, yang merupakan platform pengatur kerja CS yang efisien.
Dengan menggunakan platform tersebut, Anda bisa mengelola pekerjaan customer servicedengan lebih mudah. Mereka bisa melayani pelanggan secara bergantian tanpa menumpuk di satu CS selama mereka bertugas.
Membebaskan karyawan untuk berkreasi juga bisa membuat pekerjaan mereka lebih baik. Dengan mengizinkan mereka melakukan hobi, kreativitas, ataupun minat yang dimiliki, tentunya pekerjaan mereka bisa seimbang karena tidak burnout selama bekerja. Ini merupakan hal yang penting agar scale up cstetap berjalan baik.
4. Kejelasan Jenjang Karir
Selanjutnya ialah memberikan kejelasan jenjang karir, sehingga mereka semakin loyal untuk bekerja di perusahaan dan toko onlineAnda. Menjelaskan jenjang karir secara rinci juga akan membuat mereka bekerja dengan giat untuk memenuhi target agar bisa naik ke posisi tertentu.
Tentu Anda tidak ingin bekerja selamanya hanya untuk menempati satu posisi tertentu tanpa adanya kejelasan untuk naik jenjang karir atau tidak. Jika Anda tidak memberikan respon yang positif, bisa jadi customer serviceAnda memilih untuk bekerja di tempat lain.
Jangan lupa, ketika para CS telah menyelesaikan targetnya dengan baik, ada baiknya mereka juga mendapatkan apresiasi atas kerja keras yang sudah mereka lakukan. Dengan begitu, mereka semakin nyaman bekerja karena merasa dihargai selama bekerja menjadi CS.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat pekerja, khususnya bagian CS bisa nyaman dan betah bekerja. Penggunaan platform loops untuk membuat pekerjaan lebih mudah dapat menjadi pilihan untuk mempertahankan loyalitas CS.