Pelanggan merupakan orang yang melakukan pembelian produk atau jasa yang Anda jual dan seharusnya makin berjalannya waktu, pelanggan Anda semakin meningkat. Namun realitanya tidak semua pelanggan mau membalas chat, sehingga closing sulit untuk dijalankan. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan CS yang aktif dengan bantuan platform loops.
Ketahui Cara Melakukan Chatting dengan Pelanggan
1. Gunakan Bahasa yang Sopan
Untuk Anda yang pesannya tidak kunjung dibalas oleh pelanggan, jangan berkecil hati, Anda bisa mengakali hal tersebut dengan melakukan pengiriman pesan ulang setelah beberapa lama. Namun ingat untuk tetap menggunakan bahasa yang sopan dan santun, agar toko onlineAnda mendapatkan imej yang baik di mata mereka.
Selain bahasa yang sopan, sebaiknya gunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan singkat sehingga pelanggan bisa mengetahui maksud Anda dengan tepat. Anda juga bisa melampirkan landing page, sehingga mereka lebih mudah menemukan produk yang mereka inginkan.
2. Perhatikan Tanda Baca
Tanda baca merupakan bagian yang penting dalam melakukan chatting dengan pelanggan, sebab tanda baca yang salah bisa menyebabkan kalimat memiliki makna yang berbeda. Untuk meminimalisir adanya kesalahan tanda baca, Anda bisa membaca ulang pesan yang hendak dikirimkan atau menggunakan aplikasi penata kata.
Tanda baca yang baik juga tidak boleh menggunakan emoticon yang berlebihan, karena hal tersebut akan mengurangi imej professional yang hendak dibangun oleh umkmAnda. Hindari kesalahpahaman yang akan terjadi dengan menggunakan tanda baca yang membuat bahasa dan kalimat mudah dipahami oleh pelanggan.
3. Balas Chat Sesegera Mungkin
Jika pelanggan tidak membalas chat kembali, bisa saja karena tanggapan yang ingin mereka terima dari cs rotationtidak berjalan dengan cepat. Karena itu, sebagai langkah evaluasi Anda sebaiknya memperbaiki sistem CS yang ada sehingga mereka bisa memberikan respon yang cepat.
Platform yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut adalah loops, yang akan memberikan Anda fitur untuk mengelola tim cs yang dimiliki. Anda bisa dengan mudah mengatur pelanggan yang masuk, sehingga mereka bisa dengan mudah berhubungan dengan CS dalam jangka waktu yang cepat.
4. Berikan Penawaran yang Baik
Apabila pelanggan membutuhkan waktu yang lama untuk membalas chat, atau bahkan tidak membalas, coba tawarkan kembali produk yang Anda jual, kemudian berikan penawaran yang Anda miliki. Selain bisa meningkatkan awareness mereka, ia juga bisa meningkatkan traffictoko daring karena mereka mengakses kembali pesan dari toko daring Anda.
Ketika membalas pesan, ada baiknya membalas pesan yang berada di paling bawah untuk menghindari mereka menumpuk terlalu banyak. Pesan yang paling bawah merupakan pesan yang masuk lebih awal, sehingga sebaiknya mereka dibalas terlebih dahulu oleh customer serviceyang bertugas.
5. Abaikan Chat yang Hanya Main-Main
Jika membalas pesan namun menemukan chat yang main-main, abaikan saja hal tersebut dan alihkan untuk melakukan kontak dengan chat yang memang serius untuk melakukan pembelian. Ini juga menjadi langkah yang tepat sebagai tips untuk membuat CS bisa bekerja dengan lebih produktif untuk melakukan promosi produk jualan onlineAnda.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat pelanggan yang tidak membalas chat mereka kembali melakukan kontak pada Anda. Dengan bantuan platform loops, Anda bisa mengelola CS sehingga mereka bisa melakukan kontak dengan pelanggan lebih cepat, guna menghindari mereka offline setelah melakukan chatting pada toko online Anda.