Dari tahun ke tahun, persaingan yang terjadi di antara para pelaku bisnis semakin ketat, terutama pada bisnis online. Hal ini tentu sudah tidak mengherankan lagi, sebab kini memang sudah banyak produk baik berupa barang dan jasa yang ditawarkan secara online. Loops akan membantu para pebisnis supaya bisa bersaing dengan berbagai pengusaha yang ada.
Inilah Tips Agar Customer Service Lebih Produktif
1. Menggunakan Cara Berkomunikasi yang Baik
Jika Anda bertugas untuk melayani pelanggan, maka Anda diwajibkan untuk dapat berkomunikasi dengan cara yang baik dan tidak menjatuhkan pelanggan. Karena jika demikian, hanya akan menyebabkan pelanggan-pelanggan tersebut lari dan beralih ke perusahaan yang lain. Jika demikian juga akan menimbulkan kerugian pada toko online dari perusahaan Anda.
Salah satu cara berkomunikasi yang baik yaitu dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, sopan, dan ramah. Dengan demikian, informasi dapat tersampaikan dengan baik dan dipahami dengan mudah oleh customer. Itulah mengapa sangat penting untuk mempelajari bagaimana memberikan pelayanan yang prima agar mencapai scale up cs.
2. Menguasai Produk yang Ditawarkan
Sebagai seseorang yang menjadi jalan penghubung antara sebuah perusahaan dengan konsumen, maka Anda harus benar-benar menguasai produk yang ditawarkan kepada para pelanggan. Sebab pihak konsumen pasti ingin mendapatkan penjelasan terkait dengan produk yang ingin mereka beli.
Dengan demikian diperlukan adanya kelola cs dengan baik. Hal bertujuan supaya CS dapat belajar hingga benar-benar menguasai seluk beluk dari produk yang dijual. Apabila seorang CS tidak paham akan produk yang dijual, maka ia akan kesulitan untuk memberikan penjelasan kepada para pelanggan, atau bahkan bisa membuat pelanggan lebih bingung.
3. Memberikan Respon dengan Cepat
Setiap pelanggan pasti ingin dilayani dengan baik, salah satunya dengan mendapat tanggapan tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama. Apapun kepentingan pelanggan, baik itu merupakan komplain ataupun menanyakan hal tertentu harus dilayani dengan baik oleh pihak customer service. Loops dapat membantu meningkatkan kualitas dari pelayanan seorang CS.
Ketika tanggapan tak juga diberikan oleh pihak perusahaan tertentu, maka dapat menurunkan nilai perusahaan di mata para pelanggan. Dengan demikian, ketika memang Anda belum bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan ataupun memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh pelanggan, maka Anda dapat menanggapi dengan memintanya menunggu dahulu.
4. Jangan Memberikan Janji yang Tidak Bisa Anda Tepati
Sebagai seorang CS, pasti Anda juga akan memberikan beberapa janji untuk membuat pelanggan Anda merasa tenang. Namun demikian, Anda harus benar-benar memastikan bahwa janji yang Anda buat tersebut memang dapat Anda penuhi di kemudian hari. Sebab, pemenuhan janji ini juga memiliki hubungan dengan reputasi dari perusahaan yang melakukan jualan online.
Dengan demikian, jangan sampai Anda memberikan informasi yang tidak benar kepada para konsumen. Anda juga harus memperhatikan dengan baik bagaimana traffic dari informasi yang diberikan oleh pihak perusahaan, dengan demikian Anda selalu update dengan berbagai informasi baru yang sangat berguna untuk melayani para pelanggan.
Itulah beberapa tips yang bisa diikuti ketika Anda berperan sebagai CS sebuah perusahaan. Salah satu peran CS yakni memberikan tanggapan kepada konsumen yang menanyakan kebenaran maupun kejelasan dari iklan yang tersebar. Bersama Loops, Anda dapat terbantu untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dengan demikian kinerja Anda juga bisa menjadi produktif.