Membahas seputar materi dasar mengenai Facebook Pixel. Di kesempatan ini bersama-sama kita mengulas bahasan soal standard events dan custom Conversion events pada facebook pixel. Pertama-tama dan wajib untuk diketahui oleh kita semua adalah bahwa facebook pixel tracking bisa dipakai untuk mengkoleksi data di dua jenis events berbeda yaitu beberapa standard events (jumlahnya ada Sembilan) yang oleh Facebook sebelumnya telah ditetapkan. Atau anda sendiri yang telah menyiapkan sebuah konvensi khusus.
Lantas apa sih yang disebut dengan event facebook events ? Jadi begini, yang dimaksud dengan event itu merujuk kepada aktivitas pengunjung di situs-situs anda, lebih ke tindakan-tindakannya.
Standard Events
Standar Events di facebook pixel yang jumlahnya ada Sembilan yang bisa dicopy kemudian dipaste mengunakan facebook standard events terdiri dari :
- View Content : Ini berarti di halaman situs anda telah mendarat seseorang
- Add to Cart : Di situs anda, sebuah pencarian sedang dilakukan oleh seseorang memakai fungsi pencarian
- Add to Wishlist : Di Situs anda, sebuah produk ditambahkan oleh seseorang
- Initiate Checkout : Di situs anda, terjadi sebuah pembelian ditandai dengan proses checkout yang dilakukan oleh seseorang
- Make Purchase : Di situs anda, sebuah pembelian sedang diselesaikan oleh seseorang
- Lead : Di situs anda, seseorang mengidentifikasikan diri sebagai Lead, atau mendaftar untuk trial
- Complete Registration : Di situs anda, sebuah formulir pendaftaran sedang dilengkapi oleh seseorang, semisal untuk berlangganan sebuah produk
Custom Conversion
Untuk mengganti standard events, fitur custom conversion events bisa anda gunakan, atau jika anda ingin mengkoleksi lebih banyak informasi ketimbang informasi yang sebelumnya telah ada di Facebook pixel standard events.
Dalam hal ini kata kunci url, aturan url menurut url khusus digunakan dalam Custom conversions. Daripada itu melalui mekanisme ini anda bisa merekam informasi (tampilan) barang per kategori khusus di situs jual beli anda, memakai Facebook pixel tracking. Dan tak melulu menggunakan view content dari standard event untuk melakukan pelacakan seluruh konten.
Sebagai contoh untuk melakukan pemisahan dari kategori “Pemilik Anjing” (dog’s owners) dari pemilik-pemilik kucing (cat’s owners) yang didasarkan pada penawaran dari sebuah bagian di situs web anda yang merujuk pada penawaran hewan peliharaan yang dilihat oleh mereka.
Sebelumnya anda harus berupaya membuat facebook paham soal detail conversion event yang sedang dilacak oleh anda sebelum bisa memakai facebook pixel custom conversions. Pertama-tama untuk melakukan hal ini, anda terlebih dulu masuk ke Manage Ads Facebook kemudian menuju ke Custom Conversions lalu mengklik Create Custom Conversion dan tentukan event dari custom conversions anda menggunakan sebuah aturan url.
Melalui penamahan sebuah rincian ke standard event memakai tambahan sejumlah kode yang dinamakan parameter, anda bisa membuat sebuah facebook pixel custom events. Melalui parameter-parameter ini, sebuah standard events pun bisa disesuaikan oleh anda dengan mendasarkannya pada :
- Conversion events yang memiliki nilai itu ada berapa jumlahnya
- ID Produk, kategori, dan nama-nama produk
- Keranjang belanja dengan item-item yang ditambahkan oleh seseorang ke situ
- Spesifikasi dari tali pencarian atau string
- Pendaftaran dan statusnya
Sekian artikel mengenai facebook ivent, semoga bermanfaat!