7 Langkah dalam Melakukan Scale Up Bisnis

7 Langkah dalam Melakukan Scale Up Bisnis

 

Ketika bisnis anda sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan ekspansi atau scale up. Dalam melakukan scale up juga diperlukan kesiapan dan keteraturan pada bisnis anda, sebab kalau tidak scale up yang dilakukan akan gagal dan dapat menyeret perusahaan kepada kebangkrutan.

Berikut kami bocorkan 7 Langkah dalam Melakukan Scale Up Bisnis!

  1. Mengotomatiskan Segalanya

Jika Anda menghabiskan waktu lama “menyiapkan” bisnis Anda, maka itu baik untuk Anda.

Menyiapkan penyimpanan cloud/drive dan organisasi …

Menyiapkan proses pelatihan untuk karyawan baru …

Menyiapkan otomatisasi pemasaran …

Menyiapkan daftar gaji untuk pemrosesan cepat …

Menyiapkan pembayaran tagihan untuk penarikan otomatis …

Meskipun membutuhkan waktu lama di ujung depan, kegiatan ini akan terbayar untuk dirinya dalam jangka panjang. Anda akan dapat mengakses data lebih cepat, mempekerjakan lebih cepat, memasarkan lebih baik, membayar lebih mudah, dan merampingkan operasi untuk model yang benar-benar dapat diskalakan.

  1. Prioritaskan pengalaman pelanggan (buyer experience)

Sederhananya, tidak ada jumlah iklan berbayar yang akan cukup berharga seperti rekomendasi dari pelanggan yang puas. Faktanya, 92% konsumen di seluruh dunia menyatakan bahwa mereka mempercayai rekomendasi dari mulut ke mulut di atas semua jenis iklan lainnya.

Itu sebabnya, jika Anda memutuskan untuk scale up, Anda harus berinvestasi dalam mengembangkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan . Ini termasuk berinvestasi dalam memperluas tren pembayaran Anda .

  1. Analisis dasar-dasarnya.

Bahkan sebelum Anda khawatir tentang meningkatkan skala bisnis Anda, pastikan fundamental bisnis Anda kuat. Menurut survei StartupGenom tentang 3200+ bisnis, 74% kegagalan dapat dijelaskan dengan penskalaan prematur . Jadi, pastikan Anda dilindungi untuk hal-hal berikut:

    • Pastikan lini produk inti Anda mencapai “pas pasar”. Anda dapat melakukan peningkatan bertahap melalui iterasi produk berdasarkan umpan balik dan data pengguna.
    • Cari tahu pengguna inti terbesar Anda.
    • Cari tahu saluran pemasaran dengan ROI terbesar dan potensi penskalaan dengan menguji dengan anggaran lebih kecil terlebih dahulu.
    • Pastikan Anda memiliki sumber daya untuk diukur. Cari putaran pendanaan tambahan jika perlu. Anda tidak dapat khawatir tentang keuntungan saat melakukan penskalaan, dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah kehabisan uang.
  1. Pekerjakan orang yang tepat

Sebuah bisnis dapat diukur, hanya ketika memiliki orang yang tepat. Namun, pertama-tama, Anda harus merekrut hanya orang-orang yang diperlukan untuk operasi.

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari anggota tim yang akan membantu Anda mengukur:

    • Mereka dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh suatu program. Jika Anda memiliki staff yang melakukan sesuatu yang dapat dilakukan mesin, maka Anda menyia-nyiakan potensinya. Bisnis perlu mengotomatiskan semua yang ia bisa untuk memaksimalkan hasil anggota tim manusia.
    • Mereka penuh dengan ide-ide bagus. Anda tidak dapat menempatkan harga dolar pada nilai ide yang bagus. Satu momen bola lampu pada bagian dari satu staff dapat lebih dari membayar untuk staff
    • Mereka memiliki lebih dari satu keterampilan. Di lingkungan bisnis, satu orang mungkin harus melakukan tiga pekerjaan. Pekerjakan orang dengan keahlian beragam, atau keterampilan yang dapat ditransfer dari satu tugas ke tugas lainnya.
  1. Mengawasi media sosial.

Setiap startup baru ada di mata publik. Apa pun yang terjadi di media sosial akan diperiksa oleh dunia.

Sangat penting di hari-hari startup Anda untuk mengawasi media sosial Anda dengan cermat. Startup yang baru lahir tidak sanggup menerima PR besar-besaran dengan flap media sosial. Perusahaan besar mungkin dapat mengatasi badai, tetapi startup Anda belum siap untuk itu.

Skalabilitas adalah tentang bertahan hidup, sama halnya dengan pertumbuhan. Jika Anda mengalami kegagalan dalam membangun relasi publik (PR), Anda membatasi peluang Anda untuk bertahan hidup dan skalabilitas.

  1. Mempertajam praktik SEO

Orang-orang mempercayai hasil pencarian organik, dan di situlah meningkatkan praktik SEO Anda (optimasi mesin pencari). Membayar iklan akan menempatkan Anda di peringkat teratas pencarian, tetapi kebanyakan dari kita tidak percaya pada beberapa hasil pertama di Google karena kita tahu mereka membeli posisi mereka. Studi menunjukkan bahwa iklan Google menerima kurang dari 15% dari semua lalu lintas yang berasal dari pencarian online.

Cara dalam mengasah praktik SEO ialah:

    • Optimalkan gambar situs web Anda
    • Pelajari cara menggunakan kata kunci dengan bijak
    • Jadikan situs web Anda mobile-friendly

Agar supaya:

    • Menumbuhkan visibilitas bisnis Anda, terekspos lebih lama
    • Secara alami meningkatkan prospek yang masuk dan pada akhirnya meningkatkan penjualan
    • Tingkatkan peringkat pencarian Anda; lebih dari 70% pencarian di Google menghasilkan klik organik satu halaman
  1. Yang paling penting: BERPIKIR BESAR

Tip paling penting untuk meningkatkan skala bisnis adalah BERPIKIR BESAR. Rute tercepat menuju kesuksesan adalah gagal dengan cepat dan sering gagal. Setiap kegagalan adalah kesempatan belajar; jika Anda membatasi diri untuk beroperasi dalam ruang yang aman, Anda akan terhindar dari jatuh tetapi Anda juga akan mencegah diri Anda mencapai potensi penuh Anda.

Cara dalam mengasah berpikir besar:

    • Ambil risiko, coba sudut baru
    • Tetap waspada terhadap peristiwa terkini di industri Anda
    • Lacak dan ukur pertumbuhan Anda
    • Pastikan Anda memiliki tujuan akhir untuk bisnis yang selalu Anda tuju

Agar supaya:

    • Mengetahui tujuan Anda sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda bergerak ke arah yang ‘benar’
    • Menemukan apa yang cocok untuk pesaing (dan apa yang tidak), dan tetap terdepan dalam kurva pembelajaran
    • Analisis dan nilai kemajuan Anda sendiri sehingga Anda tahu di mana dan kapan harus melakukan perubahan pada strategi bisnis Anda

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis anda dalam scale up ialah Loops.id. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke Customer Service (CS) anda.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada anda:

    1. Sistem rotasi kepada CS anda. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
    2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi anda tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, anda dapat melihat melalui aplikasi.
    3. Satu link untuk semua CS. Anda hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS anda, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
    4. Multi channel. Loops.id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
    5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply