6 Panduan Closing untuk CS

6 Panduan Closing untuk CS

Bagi anda yang sudah berpengalaman dalam berbisnis, closing bukanlah suatu hal yang sulit karena anda sudah tahu tekniknya. Namun apabila anda memberikan tugas tersebut kepada customer service (CS) anda, maka belum tentu mereka bisa mendapatkan closing. Sebab sebagian dari mereka mungkin masih belum berpengalaman, sehingga anda harus memandu mereka  agar paham teknik-teknik agar bisa closing.

Hal tersebut sangatlah penting mengingat bahwa tidak ada closing, maka tidak ada penjualan. Tidak ada penjualan, maka tidak ada pendapatan. Tidak ada pendapatan, maka anda harus berhutang agar bisnis tetap berjalan atau tutup. Tapi tenang saja, kali ini saya akan bagikan “6 Panduan Closing untuk CS” yang bisa langsung dipraktekan oleh customer service anda (CS) anda disertai bukti-bukti praktek yang telah saya lakukan.

6 Tips Mempercepat Closing

Silahkan simak sampai akhir ya..

  1. Bersikap Ramah

Coba bayangkan diri anda sebagai calon konsumen yang akan membeli produk anda. Apakah anda memilih untuk membeli barang tersebut ketika pelayanan yang diberikan CS tidak baik?

Pasti banyak yang menjawab tidak.

Sudah menjadi keharusan bagi seorang penjual dan CS untuk bersikap ramah terhadap pembeli. Karena 75% pembeli lebih memilih toko yang memiliki pelayanan baik walaupun kualitas produk biasa, daripada toko yang memiliki kualitas baik tapi pelayanannya buruk.

Karena pelayanan toko yang ramah, biasanya akan lebih memenangkan dan menarik hati calon pembeli.

Oke, langsung saya kasih contoh dalam bentuk chat WA ya..

Dan juga jangan lupa untuk memberikan emoticon ramah disetiap balasan chat anda.

  1. Sertakan Manfaat Tambahan

Tips selanjutnya, adalah jangan lupa sertakan manfaat lain dalam setiap percakapan dengan calon pembeli. Karena tanpa adanya manfaat tambahan, produk yang dijual memungkinkan calon pembeli akan memikirkan secara matang untuk membeli produk anda. Kalaupun tidak closing hari itu juga, manfaat tambahan tersebut membuat calon konsumen untuk mengingatnya sehingga akan melakukan pembelian di hari berikutnya.

Contoh-contoh manfaat tambahan;

  • Garansi 100% uang kembali
  • Gratis Ongkir
  • Limited Edition (terbatas)
  • Beli 2 gratis 1
  • Bisa Costum sesuai pesanan
  • Banyak Manfaat, dan telah terbukti dalam bentuk testimoni

Stop scroll dulu sampai disini, dan coba tuliskan sebanyak-banyaknya keunggulan produk anda.

Karena itu akan berguna untuk ditonjolkan saat anda membuat iklan atau konten promosi media sosial.

Satu hal yang perlu diingat, pastikan manfaat tersebut relevan dengan produk yang anda jual dan menyentuh emosional calon konsumen.

  1. Jawab Pernyataan dengan Pertanyaan

Terdapat berbagai perilaku dari pembeli sehingga anda juga harus memiliki berbagai cara dalam menghadapi hal tersebut. Dari semua perilaku pembeli, banyak CS yang mati langkah dalam menghadapi pembeli yang cuek.

Disinilah pentingnya, seorang CS untuk menjawab setiap pernyataan pembeli dengan pertanyaan.

Agar anda paham, langsung saja saya contohkan..

Tapi jangan sampai CS anda terlalu banyak bertanya kepada calon pembeli. Karena mereka akan merasa terganggu dengan banyaknya pertanyaan yang kita ajukan. Jadi, sewajarnya saja ya.

  1. Sertakan Testimoni

Kepercayaan dari pembeli merupakan sesuatu yang sulit diperoleh. Terkadang meskipun penjualan kita sudah beribu-ribu jumlahnya, masih ada calon pembeli yang kurang percaya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh satu atau dua hal pada cara kita berkomunikasi dengan mereka.

Lalu bagaimana solusinya?

Salah satu yang CS anda bisa lakukan ialah dengan memberikan mereka testimoni. Bisa dalam bentuk foto, Video, ataupun screen shoot chat anda dengan pembeli.

Berikut Beberapa contoh testimoni

Bila anda belum punya testimoni, mintalah testimoni kepada setiap pelanggan yang pernah order produk anda. Karena testimoni adalah unsur penting dalam berjualan.

  1. Harga Naik

Tips selanjutnya adalah menaikkan harga bila transfer besok. Dengan kata lain, kita memaksa pembeli untuk transfer hari ini tetapi dengan cara yang halus. Karena biasanya pembeli akan lebih cepat transfer ketika harga hari ini lebih murah dibandingkan dengan harga besok hari..

Contohnya seperti ini,

Saya sudah membuktikan cara ini, dan sangat ampuh untuk mendapatkan 200 penjualan dalam waktu singkat. Sekarang giliran anda yang membuktikanya!

  1. Tanyakan Kepastian

Kepastian itu juga diperlukan dalam teknik berjualan. Pengalaman saya pribadi sebagai costumer services di awal bisnis sendiri banyak pembeli tanya-tanya dan janji akan transfer tetapi hanya berujung janji kosong. Hal tersebut disebabkan karena penjual tidak meminta KEPASTIAN.

Saya contohkan caranya dalam bentuk chat lagi

Nah setelah meminta kepastian seperti tadi, jangan lupa untuk mem Follow Up disaat sang pembeli janji akan melakukan transfer.

Namun, agar penjualan bisnis anda berjalan lancar, anda juga perlu memperhatikan bagaimana alur masuk pembeli (funneling) kepada CS anda. Sebab hal ini selain dapat membantu anda memantau performa setiap CS, anda juga mudah mengetahui mana yang perlu diperbaiki apabila terdapat masalah.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis anda agar mudah melihat performa CS, anda dapat memakai Loops.id. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS anda.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada anda:

  1. Sistem rotasi kepada CS anda. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi anda tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, anda dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Anda hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS anda, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Dapatkan diskon 30% dengan kode kupon ILOOPSYOU 

Daftar DISINI >>> Loops.id

Leave a Reply