Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Sistem CRM dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran komunikasi seperti situs web, email, telepon, chat, maupun media sosial. Data tersebut kemudian tersimpan di database terpusat dan dapat diakses oleh banyak tim dalam suatu organisasi atau bisnis.
Umumnya CRM bertujuan untuk membuat layanan pelanggan meningkat dan mendorong pertumbuhan penjualan pada bisnis. Nantinya, sistem CRM akan mengumpulkan data-data pelanggan yang berasal dari berbagai alat komunikasi. Mulai dari telepon, chat, email, website, hingga media sosial lainnya.
Data pelanggan juga akan tersimpan dalam database pusat, sehingga memudahkan tim bisnis untuk mengaksesnya. Melalui adanya data integrasi pusat, administrasi CRM adalah solusi bisnis terbaik untuk mempercepat penjualan, memudahkan pemasaran, dan memberikan layanan paling solutif untuk pelanggan.Melalui sistem ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Hal tersebut karena adanya tujuan yang mendorongnya.
Berikut adalah beberapa tujuan customer relationship management yang perlu kamu para owner bisnis ketahui.
1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Memiliki informasi tentang pelanggan, membuatmu menjadi lebih memahami setiap individunya. Oleh sebab itu, pelanggan akan merasa puas dan loyalitas akhirnya tercipta. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Pada dasarnya, pelanggan yang merasa puas akan cenderung membeli lagi. Ketika melakukan pembelian secara berulang, hal tersebut menunjukkan pelanggan loyal terhadap produk milikmu. Sehingga keuntungan pun akan lebih besar.
2. Meningkatkan Penjualan
CRM memiliki komponen teknologi yang mumpuni, di mana CRM sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih untuk mendukung penjualan. Melalui fitur tersebut, kamu bisa melakukan kegiatan jual beli secara mudah.
3. Menjadi Pusat Basis Data
CRM adalah sistem yang akan menyediakan database pusat, di mana basis data tersebut akan berisi tentang semua informasi pelanggan. Sehingga, kamu bisa mengaksesnya secara lebih mudah. Tujuannya adalah untuk memudahkanmu melihat penjualan produk yang paling pelanggan minati dan sukai.
4. Penentu Keputusan
Biasanya, tugas CRM dapat berjalan sukses karena adanya dukungan laporan tentang analitik terkait. Misalnya seperti jumlah penjualan, kinerja karyawan, dan lain sebagainya. Laporan tersebut harus bisa diakses secara real-time dan harus akurat.
Melalui laporan tersebut, kamu bisa melakukan evaluasi strategi bisnis, apakah sudah efektif atau belum. Jika terjadi kendala pada laporan, kamu bisa melakukan pengubahan terhadap strategi yang diterapkan. Sehingga, kamu bisa terhindar dari kerugian skala besar maupun kecil.
5. Meminimalisir Biaya
Ketika menggunakan Customer Relationship Management, kamu bisa mengotomatiskan bisnis secara keseluruhan dengan mudah. Sehingga, bukan hanya meramping proses bisnis saja, kamu juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk bisnis.
Itualah 5 tujuan dari CRM. Dapat disimpulkan bahwa CRM adalah solusi terbaik untuk menjadikan bisnis sukses dengan pendapatan berlimpah. Agar CRM berhasil, tentu saja pelaku usaha harus bisa mengembangkannya dengan serius. apakah kamu berminat menerapkan CRM untuk bisnis kamu?