5 Tips Agar Sukses Beriklan di Facebook Ads!

5 Tips Agar Sukses Beriklan di Facebook Ads!

loops.id
loops.id

Ketika kamu mulai beriklan di facebook, maka iklan kamu akan disebarkan oleh facebook ke user facebook tertentu sesuai perintah kamu. Tetapi hal yang perlu kamu ketahui adalah bukan cuma kamu satu-satunya yang beriklan di facebook. Ada ratusan ribu bahkan jutaan orang lainya yang beriklan di facebook, sehingga iklan kamu akan bertarung dengan iklan mereka yang mempunyai target market yang sama seperti kamu.

Nah tentu saja agar bisa memenangkan pertarungan tersebut, kamu harus tahu 5 hal penting sebelum beriklan di facebook agar iklan kamu lebih unggul dari yang lain. Sebab tanpa mengetahui kelima hal ini, kamu hanya akan membuang-buang uang saja.

Simak kelima tips berikut!

  1. Pahami karakter target audience kamu

Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.

Demography: usia, jenis kelamin

Geography: lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)

Timing: hari dan jam berapa iklan kamu aktif

Behaviour: pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb

Connection: membidik teman – temannya dari fans kamu / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Kamu mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Kamu sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Kamu targetkan.

Apa yang dimaksud dengan karakter target audience Kamu?

Saya langsung berikan contoh ya agar lebih jelas,

Misalkan: saya ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop saya ada di Jakarta dan Bandung.

Berdasarkan bisnis saya diatas, maka saya dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:

Usia: 25 – 35 thn

Gender: laki – laki

Lokasi: Jakarta dan Bandung

Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring

Connection: teman – teman nya dari Fans Page Kamu

Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja

Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

  1. Tentukan tujuan beriklan di facebook

Mau di giring ke web kah ? Mau di suruh hubungi Whatsapp ? Atau mau diarahkan ke FB Messenger ? Kamu harus pastikan ini, sehingga bisa menentukan jenis campaign yang tepat.

Dengan mengetahui tujuan beriklan di Facebook juga akan memudahkan Kamu dalam membaca data di dashboard Ads manager. Kamu jadi lebih paham metriks – metriks apa saja yang harus diperhatikan, terkait dengan goal iklan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  1. Membuat posting yang mengajak berinteraksi

Apabila Kamu menekankan ini pada calon audiens, maka besar kemungkinan Kamu untuk meningkatkan pasar yang dimiliki.

Mungkin orang yang menjadi target audiens Kamu tidak berminat dengan produk atau jasa Kamu, tapi ia bisa menjadi perpanjangan tangan Kamu untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Selalu tekankan “likes, comments, dan share” dalam setiap post Kamu.

  1. Membuat iklan yang menarik untuk target audience

Memahami format iklan yang Kamu buat amatlah penting. Seperti yang Kamu ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:

  • Teks
  • Gambar

Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Kamu tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Kamu.

Bayangkan kalau Kamu beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Kamu tidak dpat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Kamu akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.

Oleh karena itu bila Kamu mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Kamu akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Kamu bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Kamu bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik

Salah satu tool yang dapat Kamu gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.canva.com. Silahkan kamu registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready.

  1. Tentukan parameter split test

Split test adalah uji coba iklan ketika kamu baru memulai untuk mengetahui jenis iklan apa dan target audience yang mana yang cocok untuk bisnis kamu. Kalau Kamu sudah yakin & pede dengan riset audience nya, kamu tidak perlu split test. Tapi saya sarankan tetap lakukan split test, untuk mengetahui komposisi iklan yang terbaik.

Mengapa? Sebab belum tentu iklan yang kita buat akan langsung berhasil. Kemungkinan langsung berhasil itu sangat kecil, hanya 0.001% saja! Jadi lakukanlah split agar kamu menemukan iklan terbaik untuk bisnis kamu.

Apa saja yang perlu di tes ? Di bagian Adset bisa tes berdasarkan usia, jenis kelamin, kota tempat tinggal, atau pengelompokkan interest tertentu. Split test adalah langkah tepat menemukan hasil yang terbaik.

Namun, agar iklan facebook kamu berjalan lancar, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana alur masuk pembeli (funneling) kepada CS kamu. Sebab hal ini selain dapat membantu kamu memantau performa setiap CS, kamu juga mudah mengetahui mana yang perlu diperbaiki apabila terdapat masalah.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu bisnis kamu agar mudah melihat performa CS, kamu dapat memakai Loops.id. Selain mudah, kamu juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS kamu.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada kamu:

  1. Sistem rotasi kepada CS kamu. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi kamu tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, kamu dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Kamu hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS kamu, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply