10 Teknik Ampuh Meraih Closing

 

Perlu anda tahu, walaupun barang bagus dan murah, jika hati konsumen tidak sreg dan cocok dengan kita maka mereka enggan untuk membeli. Nah, maka dari itu, mencuri hati calon konsumen merupakan hal yang wajib dilakukan agar mereka mau membeli barang yang kita tawarkan. Namun, hal ini tentu ada teknik dan caranya.

    1. Memberikan saran atas kebingungan mereka

Saat konsumen mulai bingung terhadap apa yang harus dilakukan saat memilih produk, anda harus mampu membantu mereka dengan memberikan saran sesuai dengan karakter dan kebutuhan mereka. Dengan begitu pembeli akan merasa cocok dengan produk yang akan mereka beli sehingga tidak sungkan untuk melakukan transaksi.

    1. Mau bekerja sama

Seperti yang telah di singgung di kalimat pembuka, kebanyakan orang cenderung tidak membeli jika hati mereka tidak klop dengan anda sekalipun barangnya menarik. Jadi jika mereka ingin menanyakan saran atau meminta bantuan, sebaiknya anda sigap dan fast response terhadap kemauan mereka. Dengan keramahan, maka konsumen akan merasa senang berbelanja terhadap kita.

    1. Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal yang penting dalam berjualan. Jika anda saja tidak percaya diri dan tidak menguasai barang yang anda jual, bagaimana konsumen bisa yakin?

Konsumen tidak akan membeli jika anda terlihat tidak meyakinkan. Anda harus mampu menularkan kepercayaan terhadap calon konsumen.

    1. Selalu memiliki Solusi

Jika kita terjun ke dunia bisnis, pasti ada kompetitor. Begitupun ketika berjualan, kita harus memberikan solusi terbaik untuk konsumen agar bisa mengalahkan kompetitor kita. Solusi kita harus lebih baik dari mereka sehingga kita dapat memenangkan persaingan dalam menawarkan produk.

    1. Jelaskan Sistem Transaksi

Dalam berjualan khususnya berjualan online, proses cara pembelian produk merupakan hal yang wajib diberitahukan kepada calon pembeli. Anda harus mampu menjelaskan cara pembelian dan pembayaran sesederhana dan se simple mungkin. Jika konsumen tidak mengetahui cara pemesanan, bagaimana mereka mau membeli?

    1. Menjadi Pendengar yang Baik

Mendengarkan konsumen merupakan salah satu poin penting dalam sosial media marketing. Kita harus mendengarkan kemauan mereka dan memberikan solusi dari sudut pandang konsumen. Kita juga harus sabar dan jangan menjadi egois karena seperti pepatah, pembeli adalah raja.

    1. Peka terhadap kebutuhan pembeli

Sebagai penjual, kita harus pandai mencocokan kebutuhan konsumen dengan barang yang kita miliki. Dengan begitu, konsumen akan yakin ketika mau melakukan pemesanan barang. Jika kita tidak peka terhadap kebutuhan mereka, bagaimana konsumen mau membeli? Sedangkan konsumen menginginkan barang yang menjadi solusi masalah mereka. Konsumen tidak akan membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

    1. PDKT (Pendekatan)

Pendekatan tidak hanya bertatap muka, dengan adanya teknologi kita bisa menciptakan kedekatan dengan konsumen hanya dengan lewat chat. Membangun kedekatan merupakan hal penting dalam menjual barang. Jadi sebisa mungkin buat konsumen yang bertanya-tanya merasa dekat dengan kita. Caranya bisa dengan memanggil nama mereka, memberikan diskon spesial, mendengarkan curhatan mereka dan sebagainya.

    1. Beri tahu potensi kerusakan barang / produk

Jika anda menjual produk yang memiliki potensi kerusakan tinggi, sebaiknya anda memberi tahu masalah yang mungkin akan muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Selain itu anda bisa memberi tahu bagaimana cara perawatanya agar terhindar dari kerusakan.

    1. Beri Konsumen Kebebasan

Jika anda berani bersaing, anda harus bisa membuktikan produk anda lebih baik atau lebih murah dari produk kompetitor. Untuk membuktikanya anda bisa memberi kebebasan kepada mereka untuk mengeceknya di tempat lain. Jika mereka percaya, mereka akan kembali lagi kepada kita dan akhirnya membeli. Jangan pernah paksa konsumen karena otak manusia membenci paksaan.

Setelah anda membaca artikel ini sampai bawah, jangan lupa dipraktekan poin-poin pentingnya. Lalu ingat, berikanlah edukasi tambahan kepada Customer Service (CS) anda agar calon buyer bisa dikonversi menjadi konsumen/buyer.

Untuk itu terdapat aplikasi yang bisa membantu bisnis anda dalam memperlancar closing dengan sistem CS rotator ialah Loops.id. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS anda.

Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada anda:

  1. Sistem rotasi kepada CS anda. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
  2. Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi anda tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, anda dapat melihat melalui aplikasi.
  3. Satu link untuk semua CS. Anda hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS anda, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
  4. Multi channel. Loops.id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
  5. Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.

Bagaimana? Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *