Online shopping menjadi sebuah fenomena, sehingga tak ketinggalan banyak penjual offline mulai beralih ke dunia online shopping. Salah satu marketplace online yang terkemuka di Indonesia ialah tokopedia. Berdasarkan pengalaman dan juga sharing dari kawan-kawan yang omzetnya mencapai puluhan juta dalam sebulan, berikut saya bagikan 10 trik simpel melakukan optimasi olshop di tokopedia.
- PERJELAS IDENTITAS SEBAGAI SELLER
Jika Anda ingin membangun toko yang berkualitas dan dipercaya oleh konsumen, jangan menggunakan identitas orang lain atau toko lain. Gunakanlah identitas asli toko Anda dengan memasang jargon dan logo jelas. Dengan identitas yang jelas, Anda bisa mendapatkan pelanggan yang setia dengan toko Anda.
- BUAT DESKRIPSI TOKO YANG JELAS
Misalnya saja, Anda menjual produk makanan, maka Anda bisa membuat logo yang berhubungan dengan makanan, kemudian melengkapinya dengan latar belakang mengapa Anda menjual makanan tersebut dan apa keistimewaan makanan tersebut dibandingkan produk makanan yang lain.
- SUSUN ETALASE TOKO DENGAN BAIK
Ketika Anda ingin mendapatkan pelanggan dan menjadi salah satu merchant yang dipercaya di Tokopedia, pastikan Anda menyusun katalog dan fitur etalase toko dengan baik. Pastikan fitur yang Anda miliki memudahkan konsumen untuk mengetahui deskripsi dan keistimewaan barang yang diinginkannya.
- GUNAKAN JASA PENGIRIMAN LEBIH DARI SATU
Jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan, tidak ada salahnya menggunakan jasa pengiriman lebih dari satu. Jasa pengiriman dengan kredibilitas yang baik juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada diri Anda. Namun demikian, agar Anda tidak rugi di kemudian hari, perhatikan terlebih dahulu track record penyedia jasa pengiriman yang ingin Anda ajak kerjasama.
- BERIKAN DESKRIPSI PRODUK SEJELAS MUNGKIN
Saat Anda bergabung kedalam Tokopedia dan menjadi salah satu seller, pastikan Anda membuat deskripsi yang jelas tentang produk. Anda bisa membuat deskripsi ukuran, varian rasa, komposisi makanan, atau detail lainnya. Makin detail dan jelas deskripsi yang diberikan, makin banyak konsumen yang mau mencoba produk dan berlangganan di toko Anda.
- UPDATE INFORMASI MENGENAI PRODUK
Ketika Anda memiliki produk lebih dari satu yang dijual melalui Tokopedia, jangan lupa untuk mengupdatenya secara berkala. Update ini bisa berkaitan dengan jumlah stok dan kualitas barang. Update yang dilakukan secara berkala bisa membantu pelanggan yang senang membeli produk di tempat Anda untuk mengetahui informasi terbaru dan melihat varian terbaru produk yang tersedia.
- BERIKAN DISKON
Jangan selalu memperhatikan untung rugi saat menjual barang. Sesekali Anda bisa memanjakan konsumen dengan memberikan diskon. Hal ini bisa dilakukan setelah Anda melakukan survey tentang harga produk serupa di pasaran. Dengan mengetahui teknik tentang penerapan sistem diskon, barang yang dijual bisa laku lebih cepat.
- FAST RESPONSE
Konsumen pasti akan lebih memilih toko yang fast response daripada slow response. Hal inilah yang harus Anda pahami sebagai pemilik merchant dan usahakan Anda memiliki team customer service yang bisa melayani permintaan ataupun komplain pelanggan secara cepat.
- JUAL PRODUK YANG SEDANG BOOMING
Jika Anda ingin mendapatkan konsumen, tidak ada salahnya untuk menjual produk yang sedang booming. Seperti pernah dulu sedang trending mainan anak yang dikenal dengan nama “spinner” nah bila ada produk trend an booming terbaru lagi, anda bisa coba menjualnya. Terlebih jika harga produk yang anda jual ternyata lebih murah dari toko lain dan kualitasnya lebih baik, secara tidak langsung konsumen akan lebih memilih toko Anda.
- BERGABUNG MENJADI GOLD MERCHANT
Di Tokopedia, salah satu tips berjualan di Tokopedia yang bisa dicoba adalah bergabung menjadi Gold Merchant. Sebagai tenant yang masuk dalam kategori Gold Merchant ini banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.
Itulah 10 tips jualan di Tokopedia yang bisa anda praktekkan sekarang juga.
SELAMAT MENCOBA!