Ketika berjualan online, pasti seorang owner akan sangat bahagia jika banyak customers yang membeli produknya. Namun, perjalanan mengelola bisnis online tidaklah semulus yang dibayangkan. Ada kalanya mengalami pasang surut pembeli karena tidak hanya 1-2 pembeli yang hanya PHP saja. Dalam mengelola bisnis, dibutuhkan loops untuk memantau kinerja cs dalam menghadapi pembeli PHP.
Bagaimana Trik Jitu Mengatasi Pembeli PHP lewat Chat?
Salah satu tantangan tersendiri untuk seorang owner bisnis umkm adalah mengatasi pembeli yang hanya memberi harapan palsu atau PHP. Pembeli PHP biasanya akan bertanya secara detail mengenai suatu produk namun ketika sudah dijelaskan panjang lebar, pembeli tersebut menghilang tanpa kabar dan kepastian mengenai jadi atau tidaknya membeli produk yang ditanyakan tersebut.
Tantangan seperti ini benar-benar membuat seorang owner bisnis memutar otak bagaimana caranya mengatasi pembeli PHP walaupun hanya lewat chat saja. Owner bisnis harus hire beberapa customer service yang tahan banting dan tidak mudah baper. Owner juga memberikan beberapa trik jitu untuk para cs dalam mengatasi pembeli dengan beragam karakter termasuk karakter PHP sebagai berikut :
1. Menyapa pembeli dengan ramah
Pembeli yang mampir ke toko online Anda, kemungkinan tertarik dengan produk yang Anda jual. Terkadang banyak pembeli yang hanya sekedar memasukkan produk ke keranjang belanja namun belum melakukan pembayaran. Bisa jadi pembeli tersebut lupa membayar atau memang tidak jadi membeli produk tersebut.
Cara jitu mengatasi pembeli yang belum melakukan pembayaran seperti ini supaya penjual tidak merasa digantung atau di-PHP adalah dengan memberikan sapaan melalui chat seperti mengingatkan bahwa produk yang dibeli harus segera dibayar sebelum batas waktu yang ditentukan supaya produk yang dipesan bisa dikirim hari ini juga.
2. Memberikan sedikit ‘ancaman’
‘Ancaman’ dalam teknik jualan online bukanlah ancaman yang menakutkan, teknik ini hanya bertujuan supaya Anda mendapatkan closing agar mendapatkan traffic penjualan yang meningkat. Ancaman yang dimaksud adalah memberitahu bahwa stok produk yang ada di dalam keranjang belanja calon pembeli sudah menipis dan butuh waktu lama untuk restock.
Dengan ‘ancaman’ seperti itu, maka calon pembeli akan memberikan kepastian apakah jadi membeli produk tersebut atau tidak. Teknik seperti ini bisa menggunakan bantuan loops supaya kinerja para cs bisa dipantau dengan adanya cs rotator. Anda harus mengajarkan kepada para cs untuk memakai bahasa yang sopan saat melakukan teknik ‘ancaman’ ini.
3. Membagikan beberapa tips dan informasi
Jangan berkecil hati jika belum winning campaign, mungkin tidak sekarang melainkan suatu saat nanti. Teknik satu ini bisa digunakan untuk kembali menarik para calon pembeli supaya mereka tetap ingat brand produk Anda. Caranya yakni tim cs membagikan beberapa tips serta informasi yang berkaitan dengan produk brand yang sempat dilirik oleh mereka melalui chat.
Beberapa tips dan informasi tersebut dibuat seperti iklan yang mengandung bahasa terselubung supaya calon pembeli kembali menaruh minat pada produk brand tersebut. Namun pastikan bahasa yang digunakan bukan bahasa yang memaksa, namun dikemas dengan bahasa yang memuat tips serta informasi yang berkaitan dengan produk brand Anda.
Meskipun mengatasi pembeli PHP termasuk hal yang meresahkan, namun cobalah trik jitu di atas hanya lewat chat supaya mendapatkan closing yang sesuai dengan ekspektasi. Gunakan juga loops untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis online supaya tidak kewalahan saat kebanjiran pembeli.