Pentingnya menentukan Target Market

Pentingnya menentukan Target Market

loops.id
loops.id

Menjalankan bisnis bukalah sesuatu yang gampang. Agar bisnis dapat diterima pasar, kita harus cermat menentukan target yang ingin kita bidik. Ini merupakan langkah awal sebelum kita melalukan hal lainya. Lantas apa itu target market? Mari simak artikel berikut ini…

Pengertian Target Market

Target market yaitu kegiatan analisa mengelompokan masyarakat berdasakan target market. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita mengolah data lain yang sesuai dengan target.

Tujuan Menentukan Target Market

Kegiatan ini tentu ada tujuanya, menentukan target market menentukan keberhasilan bisnis kita kedepanya. Semua hasil yang didapat membantu kita mengarahkan produk ke kelompok masyarakat dengan promosi, harga, serta distribusi.

Selain itu, target market juga mempengaruhi kampanye perusahaan kita. Misalnya target anak muda, berarti menggunakan iklan yang sesuai dan dapat diterima oleh mereka. Semakin akurat analisa target market maka semakin besar usaha kamu untuk diterima masyarakat.

Tips Menentukan Target Market

Sebenarnya, target market merupakan hal yang teknis dan memerlukan proses yang panjang untuk menemukan target yang pas. Namun, di artikel kali ini mimin akan berbagi tips dasar dalam menentukan target market, mari simak artikel berikut ini…

Menentukan Demografi

Hal paling dasar dalam menentukan target market yaitu dari demografi. Melakukan segmentasi demografi dapat berdasarkan beberapa jenis, seperti

  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Pendapatan
  • Tingkat Pendidikan

Dari ini, anda bisa menentukan apakah produk anda bisa masuk kedalam pasar. Misalnya dari harga, kebutuhan atau sebagainya.

Hal lainya yang bisa anda tentukan yaitu dari pengelompokan wilayah, misalnya seperti :

  • Lingkungan
  • Kode Area / Kode POS
  • Kota
  • Provinsi
  • Hingga Negara

Hal ini karena setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika laris di wilayah A belum tentu akan laris di wilayah B. Anda harus melalukan penyesuaian.

Menentukan Segmen Psikologis

Selain dari demografi, anda harus menentukan segmentasi dari sisi psikologi. Dalam hal ini anda berkaitan dengan kelas ekonomi, kepribadian atau gaya hidup. Alanisa segem psikologi lebih sulit dari sekadar demografi, namun hal ini sangat penting dan lebih efektif.

Contoh pembagian Psikologis seperti

  • Kelas Bawah
  • Kelas Menengah Bawah
  • Kelas Menengah Atas
  • Kelas Atas
  • Pekerja profesional

Klasifikasi diatas termasuk menbedakan nilai, kepercayaan, minat dan sejenisnya. Ini akan mempegaruhi seseorang untuk membeli sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Misalnya kelas atas yang suka akan brand dan merek tersohor dan premium, kelas menengah yang suka akan kualitas dan kelas bawah yang suka akan harga murah.

Kesimpulan

Menentukan target market merupakan kegiatan yang penting bagi seorang perintis bisnis agar bisnisnya bisa sukses diterima oleh pasar. Jika anda melakukan kekeliruan dan mengabaikan hal ini, maka sangat besar kemungkinan bisnis anda akan cepat gulung tikar bahkan produk tidak laku sama sekali.

Leave a Reply