Menjalankan toko online tentu tidak bisa dilakukan dengan setengah hati. Meskipun jenis bisnis ini sedang menjadi trend, namun persaingan pun juga menjadi semakin ketat. Kalau Anda tidak bisa memanage dengan baik, bukan tidak mungkin jika bisnis berbasis online yang Anda jalankan bisa kalah saing dengan bisnis berbasis online lainnya. Untuk mengatasinya, Loops bisa menjadi solusi pengembangan bisnis terbaik.
Apa Saja Peran Penting Manajemen Iklan yang Baik?
Salah satu metode yang bisa Anda untuk mengembangkan bisnis online adalah dengan menerapkan manajemen iklan dengan baik. Artinya, Anda memanfaatkan berbagai media yang ada, termasuk media sosial, untuk memperkenalkan produk Anda ke masyarakat. Tanpa manajemen iklan yang baik, keseluruhan proses pemasaran pun akan ikut terganggu. Jika dilihat dari fungsinya, ada banyak peran penting dari manajemen iklan ini.
1. Membidik Target Market yang Tepat
Apapun bisnis yang dijalankan, Anda harus tahu target pasar untuk siapa produk Anda tersebut dibuat. Disinilah pentingnya manajemen iklan yang baik dalam bisnis berbasis online yang Anda jalankan adalah bisa membantu Anda dalam membidik market yang tepat, tidak hanya sekedar jualan online saja.
Dengan melakukan riset tentang apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar, lalu bagaimana competitor Anda bekerja, maka Anda jadi punya target tujuan yang lebih jelas. Dari sinilah nantinya Anda menentukan bagaimana membuat iklan dan media apa yang paling tepat digunakan untuk mengenalkan produk tersebut.
2. Membangun Brand Awareness
Sebuah bisnis, tidak peduli apakah itu masih berskala UMKM atau sudah berskala besar, ketika brand awareness sudah terbangun dengan baik, maka orang atau kelompok yang menjadi target pasar Anda akan mudah mengenali brand tersebut. Saat target pasar sudah mengenal produk Anda, maka secara tidak langsung mereka ini adalah konsumen yang akan membeli produk Anda.
Brand awareness ini tidak akan terbentuk dan terbangun dengan baik tanpa adanya manajemen iklan yang baik. Dari riset yang dilakukan, hasilnya Anda bisa menentukan jenis atau tipe iklan seperti apa yang bisa diterapkan, kemudian di media apa iklan tersebut dimaksimalkan. Dari sinilah kemudian brand awareness tersebut terbentuk.
3. Membangun Reputasi yang Baik
Meskipun terdengar sepele namun ini salah satu dari pentingnya manajemen iklan. Membangun reputasi perusahaan ini bisa dilakukan melalui iklan atau bisa juga dengan cara lain seperti meningkatkan layanan customer service, misalnya dengan memanfaatkan Loops.
Mulai dari hal kecil seperti kepuasan konsumen dalam mendapatkan layanan berupa cs ini akan membuat konsumen memberikan penilaian baik pada bisnis yang Anda kembangkan. Dengan begitu otomatis reputasi perusahaan juga naik.
4. Meningkatkan Skala Bisnis
Satu lagi peran penting dari manajemen iklan yang baik ini tentu saja untuk mengembangkan skala bisnis yang Anda jalankan. Nah, ketika sudah berkembang ini, Anda pun harus mulai memikirkan untuk meningkatkan dan memaksimalkan sumber daya yang ada, seperti misalnya customer service.
Scale up layanan pelanggan ini akan membantu bagian layanan pelanggan untuk melakukan follow up setiap leads yang masuk seiring dengan traffic bisnis online yang Anda jalankan juga semakin tumbuh. Maka agar leads yang datang bisa dikelola menjadi sales, CS Anda pun harus dibekali dengan sumber daya yang tepat.
Fungsi tersebut sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah jika Anda menggunakan CS rotator seperti Loops. Rotator ini akan sangat membantu untuk meningkatkan sumber daya customer service yang Anda miliki. Maka dari itu, coba kenali lebih lanjut rotator ini dengan mengakses di loops sekarang juga.