Berprofesi sebagai marketer berkaitan erat dengan bisnis online. Para marketer bertugas dalam memasarkan produk dari produsen dengan bekerja dari balik layar. Mereka berkontribusi penuh dalam pemasaran produk tersebut sehingga dikenal oleh masyarakat luas. Dengan bantuan loops, mereka mempromosikan produk melalui sebuah website. Marketer wajib tahu jenis link yang ada pada website.
Inilah Jenis-Jenis Link pada Website
Bisnis jualan online yang telah sukses pasti mempunyai beberapa pegawai yang memegang posisi sebagai marketer. Peran marketer merupakan ujung tombak kesuksesan sebuah bisnis karena mereka lah yang menjadi sosok di balik layar yang berhasil menarik hati para customers. Bahkan winning campaign melalui website yang mereka buat menjadi kepuasan tersendiri dan menambah semangat.
a. Internal Link
Dalam menjalankan suatu bisnis umkm yang dipasarkan melalui website, salah satu jenis link ini merupakan sebuah link yang bermanfaat sebagai navigasi ketika para customers mencari suatu produk yang dicarinya dalam website. Para customers menjelajah website yang dibuat sendiri oleh owner dan jenis link ini berfungsi sebagai search engine website tersebut.
Peran website menjadi toko online yang memudahkan para customers ketika mencari produk yang mereka inginkan dengan jenis link ini. Ketika mengetik suatu produk, maka customers akan diarahkan ke halaman produk tersebut. Dari situ customers akan mengetahui informasi seputar produk seperti nama, harga, ukuran, dan bahannya sehingga tinggal check out saja.
b. Backlink
Jenis link ini mempengaruhi traffic penjualan produk pada website karena diletakkan sebagai sisipan di dalam halaman website lainnya. Biasanya jenis link ini merupakan cara promosi yang digunakan oleh owner bisnis supaya bisnisnya dikenal oleh banyak orang. Cara membuat backlink yakni awal mulanya owner membuat sebuah tulisan pada halaman website lain.
Kemudian, owner mengambil sebuah kata kunci yang disisipkan pada link website toko online milik owner. Dengan begitu maka terbentuklah backlink untuk website tersebut. Menariknya, semakin banyak jumlah backlink yang didapatkan maka semakin tinggi popularitas website bisnis di mata search engine.
c. External Link
Pekerjaan sebagai marketer cukup sulit karena mereka harus paham perbedaan jenis link satu dengan lainnya pada website. Oleh karena itu, owner bisnis benar-benar harus merekrut marketer yang handal di bidangnya dan mengelola tim tersebut dengan baik supaya penjualan semakin meningkat dan pastinya dibantu dengan loops.
Jenis link external link ini berbanding terbalik dengan internal link karena link yang disisipkan mengarah ke halaman website yang lain. Dampak buruknya yakni apabila website lain yang disisipi external link rusak, maka akan membuat website terkena broken link. Maka, penggunaan tag rel=”nofollow” sangat berguna dalam pemanfaatan external link ini.
d. Outbond Link
Jenis link yang terakhir ini fungsinya sama dengan backlink yang mana link tersebut diberikan kepada website lainnya namun sumber utamanya berasal dari website Anda. Istilah backlink pada outbond link lebih dikenal oleh web master maupun blogger daripada backlink itu sendiri. Perbedaan antara backlink dan outbond link yakni dari pengaruh link dari kualitas SEO nya.
Beberapa jenis link di atas harus dipahami oleh marketer sehingga profesi mereka tidak jarang mendapatkan apresiasi karena telah membuat sebuah website bisnis menjadi banyak dikenal orang. Berkat bantuan loops juga, owner bisnis mampu meningkatkan kinerja customer service dalam handle orderan dari para customers.