Cara Sederhana Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Cara Sederhana Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Dalam bisnis umkm, karyawan merupakan aset mereka. Loyalitas karyawan menjadi suatu hal yang penting supaya bisnis mengalami kemajuan yang signifikan. Namun terkadang, kerapkali karyawan mengajukan resign dengan alasan tertentu dan otomatis pemilik bisnis harus segera mencari penggantinya. Dengan memiliki beberapa tim CS, Loops berguna untuk membantu mengelolanya.

Beberapa Cara Sederhana Untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan

Terkadang mencari karyawan baru untuk menggantikan karyawan yang resign tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Padahal, bisnis online harus tetap berjalan jika ingin terus mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. Jika bisnis sudah banyak dikenal masyarakat, karyawan yang resign menjadi sebuah beban tersendiri bagi pemilik bisnis sehingga harus segera mencari penggantinya.

Mencarikan pengganti karyawan yang mengajukan resign membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Harus melalui beberapa tahapan dalam perekrutannya agar mendapatkan pengganti karyawan yang berkualitas dan menguasai jobdesknya. Oleh karena itu, supaya mencegah karyawan mudah mengajukan resign, terapkan beberapa cara sederhana berikut untuk meningkatkan loyalitas mereka :

1. Memberikan bonus pada karyawan

Meskipun sederhana, namun bonus mampu membuat karyawan bahagia. Jika Anda berhasil mengelola tim dengan baik, maka karyawan Anda akan bisa mengikuti budaya bisnis yang dijalankan. Bonus tersebut dapat meningkatkan loyalitas sehingga mereka merasakan sebuah reward atas hasil jerih payah mereka dengan turut memajukan bisnis Anda.

Bonus bisa berupa profit-sharing bonus (bonus pembagian keuntungan), year-end bonus (bonus akhir tahun), atau performance bonus (bonus kinerja). Dengan bantuan tim customer service dan bagian tim lain yang solid, maka bisnis akan semakin maju dan lebih dikenal masyarakat luas. Bonus adalah hak lain yang didapatkan di luar hak utama para karyawan.

2. Tidak terlambat memberikan hak karyawan

Apabila Anda berani membangun bisnis jualan online, maka Anda juga harus berani menanggung hak para karyawan yang Anda rekrut. Jangan sampai memerah tenaga, pikiran, dan waktu mereka namun Anda tidak menyeimbangkan hak-hak yang harus mereka dapatkan. Karena konsekuensi terbesarnya adalah karyawan banyak yang resign dan bisnis meredup.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Loops untuk mengontrol kinerja para CS. Selain itu, berikanlah hak-hak para karyawan seperti gaji, fasilitas, THR, tunjangan, dan lain-lain secara professional supaya mereka betah bekerja untuk bisnis Anda dan loyalitas otomatis sudah terjamin. Dengan begitu, maka mereka akan terus berkontribusi dalam kemajuan bisnis Anda.

3. Memberikan penilaian kinerja secara efektif

Penilaian kinerja yang dilakukan secara efektif harus diterapkan supaya loyalitas karyawan dapat ditingkatkan. Penilaian kerja yang efektif merupakan penilaian yang objektif dan fair. Penilaian objektif adalah penilaian yang didasarkan pada pencapaian kinerja, bukan didasarkan dari rasa suka atau tidak suka yang akan membuat traffic penjualan meningkat.

Kemudian untuk penilaian fair adalah penilaian yang didasarkan pada standar yang sudah disepakati. Rasa bahagia para karyawan akan menyelimuti apabila kinerja mereka saat bekerja dinilai secara efektif. Mereka yang telah ikut berkontribusi dalam membuat toko online Anda dikenal masyarakat luas, sangat puas dengan penghargaan Anda terhadap jerih payahnya.

Dengan menerapkan beberapa cara sederhana di atas, loyalitas para karyawan akan meningkat sehingga dapat meminimalisir karyawan yang mengajukan resign. Anda bisa kelola cs dengan menggunakan http://loops.id/ supaya antara satu CS dengan CS lainnya semuanya kebagian pekerjaan dan tidak ada yang hanya duduk diam karena tidak mendapatkan konsumen untuk dilayani.

Leave a Reply