Cara Melakukan Broadcast Email yang Baik

Cara Melakukan Broadcast Email yang Baik

loops.id
loops.id

Dalam melakukan marketing via email, membuat broadcasting email adalah aktivitas penting yang sering dilakukan. Mengirim broadcast via email itu sangat gampang dan hanya perlu beberapa langkah saja. Meski begitu dampaknya terhadap bisnis sangat luar biasa sehingga setiap email marketer selalu memprimadonakan email broadcast. Bahkan sebuah broadcast email bisa menghasilkan penjualan mencapai ratusan juta dengan satu broadcast email saja.

Namun harap diingat bahwa keberhasilan sefenomenal itu tidak terjadi begitu saja, atau terjadi dalam waktu yang dingkat. Ada proses-proses yang sebelumnya telah mereka lalui yaitu melalui trial dan error yang telah mereka coba. Dengan percobaan berkali-kali akhirnya mereka bisa mendapatkan audiens yang sesuai ekpektasi mereka. Selain itu, email demi email yang dikirimkan pun semakin efektif lagi dan pas dengan  target market.

Tentu ada rahasianya sehingga seorang email broadcaster bisa membuat broadcast email berkualitas dan lebih tertarget lagi. Jika strategi ini bisa anda pahami anda akan lebih berpengalaman lagi dalam membuat broadcast email berkualitas. Dan rahasia itu akan saya bagi di sini, stay tune terus yah.

Pertama-tama anda harus memisahkan berbagai email sesuai segmennya. Dengan begitu anda bisa mengirim email yang semakin spesifi. Lebih efektif lagi ketika sebuah email broadcast dikirim akan mengena kepada target yang spesifik pula.

Sudah pasti anda tahu mengirim broadcast email kepada semua list email itu tidak efektif dengan alasan bahwa semua target yang dikirimi email itu tidak memberi respon semuanya. Yang dimaksudkan dengan respon di sini adalah sikap target yang membuka kemudian mengklik link di dalam email itu. Mungkin hanya mereka yang tertarik saja yang kemudian akan membuka dan mengklik link pada email yang anda kirim itu.

Untuk itu anda harus membuat segmentasi email dari mereka yang memberi respon dan mereka yang tidak merespon. Agar nantinya email broadcast yang dikirim bisa lebih tertarget dan makin spesifik.

Membuat Segmentasi Email Marketing

Contoh kasusnya anda mengirimkan broadcast email mengenai tools yang banyak digunakan oleh internet marketer. Sesuai tema ini mulailah membuat segmentasi dengan sejumlah kriteria tertentu. Misalnya saja mereka yang membuka email dari anda, mereka yang selanjutnya mengklik, dan mereka yang menggunakan email berbasis gmail.

Kemudian ketika membuat broadcast kedua, kirimkan email mengenai tools yang lebih spesifik, misalnya untuk meriset kata kunci. Di tahap ini segmentasi berkriteria juga bisa anda buat. Anda bisa menamakan tahap ini dengan segmentasi kedua.

Selanjutnya pada broadcast email ketiga, anda bisa mengirimkan informasi mengenai harga serta cara pembeliannya menurut segmen yang kedua tadi. Dengan cara ini broadcast email yang dibuat dan dikirim akan jadi lebih tertarget dan efektif.

Kriteria membuat segmentasi email broadcast ada 8 yaitu :

  • Open, kriteria yang diperuntukkan kepada mereka yang hanya membuka email anda
  • Not Open, kriteria yang diperuntukkan kepada mereka yang tidak membuka email anda
  • Click, Kriteria yang diperuntukkan terhadap mereka yang mengklik link di email anda
  • Not Click, adalah kriteria yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak mengklik link di email anda
  • Not In List, kriteria yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak terdapat pada list khusus
  • In Domain, kriteria yang diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan email berdomain yahoo.com, gmail.com, dll
  • Not In Domain, kriteria yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak menggunakan email dengan domain tertentu

Leave a Reply